Apa Saja Trik Tersembunyi yang Sangat Bermanfaat di Whatsapp? Berikut tutorial lengkapnya!

Trik tersembunyi ini tidak hanya keren tapi biasanya sangat dibutuhkan oleh beberapa orang. Whatsapp adalah salah satu media chating terbaru yang banyak digunakan oleh orang jaman sekarang. Bahkan beberapa orang menjadikan layanan pesan ini sebagai komunikasi resmi mereka. Namun ada beberapa fitur yang membuat kita risih, seperti laporan bahwa pesan sudah dibaca, status online dll. Pada artikel ini saya akan membagikan tutorial lengkap tentang bagaimana mengatasi semua masalah tersebut dengan melakukan beberapa trik di whatsapp.

trik keren whatasapp yang sangat bermanfaat
Trik keren yang bisa dilakukan di whatsapp

Dalam artikel ini point penting yang akan saya bahas adalah terkait cara mengatasi privasi tersebut dan beberapa pengaturan lainnya. Cara ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang pengguna whatsapp tapi hanya menggunakannya secara biasa atau risih dengan beberapa pengaturannya. Silahkan simak beberapa trik yang sangat bermanfaat di whatsapp berikut ini.

1. Cara membaca pesan di whatsapp tanpa diketahui si pengirim

Pernah chattingan dengan seseorang tapi ketika dia membalas pesan tidak ada laporan bahwa pesan kamu telah dibaca (centang biru) di whatsapp? Bagi yang belum tahu pasti heran ketika menemukan hal semacam ini. Bagaimana caranya orang tersebut bisa membaca pesan kita tanpa muncul centang biru.

Saya juga pertama heran ketika mendapatkan hal ini. Namun setelah saya telusuri ternyata caranya sangat mudah. Bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau juga tanpa aplikasi tambahan. Caranya yaitu:
  • Aktifkan mode pesawat sebelum membuka whatsapp
  • Setelah mode pesawat aktif, buka whatsapp dan baca pesan tersebut.
  • Setelah selesai membaca tutup aplikasi whatsapp, dan aktifkan kembali data seluler kamu.

Dengan cara di atas maka laporan centang biru tidak akan muncul di whatsapp si pengirim pesan. Terkadang bagi sebagian orang tanda centang biru ini terlalu "memaksa" kita untuk membalas pesan tersebut. Oleh karena itu kebanyakan tidak mengaktifkan laporan centang biru ini.


2. Cara agar saat menggunakan whatsapp tidak kelihatan status sedang online

Masih terkait dengan permasalahan privasi yang ada di whatsapp. Permasalahan kedua yaitu bagaimana cara setting whatsapp agar tidak terlihat online. Mungkin bagi sebagian orang yang tidak ingin diketahui aktif di whatsapp butuh sekali cara ini. Entah mungkin dikarenakan lagi sibuk atau memang ada orang yang dihindari sehingga ingin supaya status ini tidak aktif.

Jika kamu ingin laporan status online ini tidak aktif, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka aplikasi whatsapp, kemudian klik titik tiga yang berada di sudut kanan dekat pencarian dan pilih setelan.
  2. Masuk ke Akun > Privasi > Terakhir dilihat
  3. Pada dialog terakhir dilihat ada tiga opsi yaitu apakah ingin menampilkan untuk semua orang, kontak saya atau tidak ada. Silahkan pilih tidak ada.

Jika waktu terakhir dilihat tidak diaktifkan, maka kamu juga tidak akan dapat melihat tampilan waktu terakhir dilihat orang lain.

3. Cara menghilangkan status sedang mengetik di whatsapp

Sebenarnya fitur ini tidak mengganggu sama sekali, justru sangat bermanfaat. Kenapa saya katakan bermanfaat? Karena dengan adanya fitur ini memberitahukan kepada si pengirim pesan bahwa pesannya akan segera dibalas.

Namun bagi sebagian orang karena alasan tertentu ingin mematikan status sedang mengetik di whatsapp ini. Jika kamu memang ingin status mengetik menjadi tidak terlihat silahkan ikuti cara mudahnya berikut:
  1. Pada dasarnya status mengetik ini hanya akan aktif ketika kamu mengaktifkan sambungan internet.
  2. Jadi sebagai solusinya jika ingin status mengetiknya tidak kelihatan, matikan sambungan internet terlebih dahulu.
  3. Buka whatsapp, dan ketik pesan kamu kemudian kirim.
  4. Setelah itu aktifkan sambungan internet kembali.

Jika tida ingin menggunakan cara di atas, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama GBWhatsapp. Aplikasi ini akan menyediakan pengaturan tambahan berupa menu untuk menonaktifkan status mengetik ini melalui setelan > priivacy.


4. Melihat story whatsapp orang lain tanpa diketahui


Di whatsapp selain sebagai tempat untuk chating, juga dilengkapi dengan fitur status, seperti halnya layanan sosial media facebook dan instagram. Namun terkadang ada juga orang dengan alasan tertentu tidak ingin diketahui oleh si pembuat status, bahwa dia telah mengintip statusnya. Mungkin saja mereka malu karena ketahuan lagi stalking si mantan. haha

Jika ingin stalking mantan di whatsapp tanpa diketahui bahwa kamu telah melihat statusnya sangat mudah. Caranya yaitu dengan menonaktifkan laporan dibaca.
  1. Masuk ke aplikasi whatsapp
  2. Silahkan klik titik tiga yang berada di sudut kanan, dan pilih setelan.
  3. Pilih Akun > Privasi > kemudian hilangkan ceklist pada laporan dibaca.


5. Cara agar last seen di whatsapp tidak berubah

Jika kamu ingin waktu ‘last seen’ tetap sama maka caranya adalah dengan mematikan layanan internet sebelum membalas pesan. Lalu setelah pesan diketik dan dikirim, tutup aplikasi whatsapp kamu. Kemudian aktifkan kembali layanan internet. Jadi dengan begitu waktu last seen akan tetap sama.

6. Membuat shorchut percakapan pribadi

Malas membuka whatsapp dan mencari chat orang penting yang ingin kamu balas. Kamu bisa membuat shorcut untuk ini. Sehingga tanpa scroll di whatsapp, shorcut ini akan langsung menghubungkan kamu ke orang tersebut.

Caranya sangat mudah yaitu:
  1. Silahkan buka chat orang yang ingin kamu buat pintasan.
  2. Klik titik tiga di sudut kanan > pilih lainnya
  3. Kemudian pilih tambah pintasan
  4. Silahkan cek di home screen. Tombol pintasan tersebut akan muncul disana dan atur posisinya sesuai yang kamu inginkan.

7. Membuat pesan broadcast privat

Seperti halnya fitur yang ada dibbm, whatsapp juga mengahdirkan fitur broadcast atau pesan siaran. hal ini sangat bermanfaat ketika kita ingin membuat pengumuman pada orang tertentu saja. Untuk membuat pesan siaran ini silahkan klik titik tiga disudut kanan dan pilih siaran baru. Akan muncul daftar kontak, silahkan pilih minimal dua orang dan maksimal 256 orang. Jika sudah klik menu create di sudut atas.

Selanjutnya panel chat broadcast akan muncul, dan ketikkan pesan kamu dipanel tersebut. Maka semua kontak yang kamu tambahkan tadi akan menerima pesan yang sama.

8. Membuat backup percakapan di whatsapp

Ini adalah hal yang sangat penting jika sewaktu-waktu smartphone kamu bermasalah, jangan lupa untuk membuat cadangan riwayat chat kamu di google drive. Hal ini sama pentingnya dengan mencadangkan kontak hp di akun gmail. Dengan begitu ketika kamu menginstall ulang aplikasi whatsapp semua percakapan penting akan dapat kamu buka kembali.

Caranya juga mudah silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Klik titik tiga di sudut kanan aplikasi whatsapp
  2. Masuk ke setelan > chatting > cadangan chat
  3. Silahkan scrool ke bagian bawah pada setelan google drive, klik menu cadangkan ke google drive dan silahkan pilih opsi mana yang menurut kamu cocok antara cadangkan harian, mingguan, bulanan, ketika saya mengetuk cadangkan. Lebih baik cadangkan mingguan saja untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.
  4. Kemudian akan tampil pilihan akun yang ingin kamu gunakan untuk mencadangkan, pilih akun gmail yang kamu gunakan di smartphone.
  5. Setelah itu pada menu cadangkan melalui, silahkan pilih apakah ingin mencadangkan melalui wifi saja atau wifi dan jaringan seluler.
  6. Jika ingin menyertakan video jangan lupa untuk mencentang pilihan tersebut.


9. Memata-matai whatsapp teman atau pasangan kamu

Ingin mengetahui apa saja chat yang dilakukan pasangan atau teman kamu di whatsapp? Caranya sangat mudah. Namun terlebih dahulu kamu harus mendapatkan akses ke hp orang tersebut. Jika sudah mendapatkan akses ke smartphone si doi silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut:
  1. Silahkan download whatsweb di google playstore.
  2. Kemudian instal di hp yang digunakan untuk menyadap, setelah itu buka aplikasinya akan muncul barcode.
  3. Silahkan buka hp doi, klik titik tiga yang ada di sudut kanan dan pilih whatsapp web.
  4. Silahkan scan barcode tadi dengan hp doi.
  5. Setelah berhasil maka semua chat yang masuk di hp doi akan masuk juga di hp kamu.

10. Pulihkan pesan yang telah terhapus di whatsapp

Kamu dapat membaca kembali pesan yang tidak sengaja terhapus. Asalkan pesan tersebut tidak lebih dari tujuh hari dengan menggunakan cara berikut:
  1. Sambungkan ponsel Anda ke PC Anda melalui kabel USB.
  2. Kunjungi folder bernama WhatsApp / Database
  3. Dua file ada bernama msgstore-yyyy..dd..db.crypt dan msgstore.db.crypt
  4. msg store-yay..dd..db.crypt file berisi semua pesan yang dikirim atau diterima dalam tujuh hari terakhir.
  5. Silahkan buka melalui notepad atau wordpad.


11. Ingin mengirim file gambar namun tidak ingin dikompres oleh whatsapp?

Biasanya ketika kita mengirim file photo maupun gambar, whatsapp akan otomatis mengkompres gambar tersebut. Jika kamu ingin agar gambar maupun photo tersebut seperti kualitas aslinya silahkan ganti nama photo tersebut.

Contoh jika kamu ingin mengirim gambar ayam. Maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah ekstensi gambar tersebut. Misalnya nama file gambarnya adalah ayam.jpg maka sebelum kamu kirim ubah namanya menjadi ayam.jpg.apk

Jangan lupa untuk meminta orang yang kamu kirim gambar tersebut menghapus tulisan .apk. Sehingga dengan begitu ukuran photo akan sesuai dengan aslinya.


Referensi artikel: https://www.quora. com/ What-are-some-cool-WhatsApp-tricks

Itulah beberapa trik yang sangat bermanfaat dalam menggunakan aplikasi whatsapp. Silahkan gunakan secara bijak.

Advertisement