Cara Mengatasi Privacy Error "Your Connection is not Private" [FIX]

Error your connection is not private biasanya terjadi jika kita online menggunakan jaringan wifi umum seperti wifi kantor. Tentu error koneksi not private ini sangat menjengkelkan sekali. Saya pernah mengalami masalah ini ketika ingin mencari tutorial penting di youtube. Setelah buka youtube malah puncul pesan "your connection not private" dan tidak bisa mengakses youtube. Jika kamu juga mengalami masalah tersebut, silahkan simak pada artikel ini bagaimana cara mudah mengatasi error koneksi not private pada google chrome, uc browser, opera maupun mozilla firefoxe yang mudah.

cara mengatasi privacy error "your connection is not private"
Contoh Error "Yor Connection not Private"

Error dengan pesan "Koneksi Anda Tidak Bersifat Pribadi" ini disebabkan karena kita menggunakan jaringan wifi umum seperti yang saya utarakan di atas. Pada dasarnya penyebab privacy error ini karena kesalahan SSL. SSL (Secure Sockets layer) adalah sistem enkripsi website yang digunakan untuk menyimpan semua informasi yang kamu masukkan di halaman website tersebut dengan aman. Biasanya ketika kita mengakses sebuah website muncul tulisan secure dengan tanda gembok warna hijau. Contohnya coba perhatikan url halaman blog ini, tulisan secure dengan tanda gembok itulah SSL.

Bagaimana Bisa SSL menyebabkan error pada jaringan publik?


Saya juga kurang paham mekanisme bagaimana, yang jelas menurut informasi yang saya baca hal ini bermasalah di sertifikat SSLnya. Mungkin saja karena koneksi jaringan yang mencegah halaman untuk dimuat melalui https makanya terjadi seperti ini. Atau bisa saja server yang kita gunakan tidak menggunakan sertifikat dari organisasi terpercaya. Karena dihalaman bantuannya, google menjelaskan bahwa google chrome mengharuskan situs web menggunakan sertifikat ssl dari organisasi terpercaya. Jika tidak, maka akan terjadi privacy error.


Bagaimana cara mengatasi masalah Privacy Error "Your Connection is not Private" ? 


Cara mengatasinya cukup mudah, namun kamu harus memperhatikan juga pesan errornya. Karena ada berbagai macam jenis privacy error. Berikut beberapa masalah privacy error yang paling umum dan cara mengatasinya:

1. Privacy Error "NET::ERR_CERT_DATE_INVALID". 

Perhatikan pesan yang ada di privacy error tersebut, jika errornya karena "NET::ERR_CERT_DATE_INVALID". Itu berarti tanggal dan waktu di komputer atau laptop kamu tidak sesuai. Untuk mengatasinya silahkan sesuaikan.

2. Privacy Error dengan pesan "NET::ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID".

Jika errornya seperti ini, maka cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan klik tulisan Advanced atau Lanjutan yang ada di bagian bawah pesan error. Kamu akan menemukan link yang berfungsi untuk melanjutkan masuk ke situs tersebut. Klik tulisan "Processe to www.... (unsave)" atau "lanjutkan ke www.... (tidak aman)".

Silahkan kamu baca selengkapnya di halaman bantuan google.

Namun bagaimana jika cara tersebut tetap tidak berhasil?


Jika menggunakan semua cara di atas tetap tidak berhasil, biasanya error not securenya hanya terjadi di satu situs web saja. Seperti kasus yang saya alami, saya hanya tidak bisa mengakses situs youtube. Padahal selain youtube baik-baik saja tidak muncul error your connection not private.

Jika kamu mengalami hal seperti itu dan menggunakan wifi publik atau kantor, yakin saja hal itu karena kamu memang tidak dipebolehkan untuk membuka situs tersebut. Dengan kata lain kita diblok oleh server jaringan yang kita gunakan.

Berarti tidak ada solusi dong?

Solusi tetap ada! Jika kamu memang masih nekat ingin membuka situs tersebut. Silahkan gunakan extensi browser yang bisa memalsukan IP laptop. Contohnya jika di crome kamu bisa menggunakan extension hide my IP atau Anonymox untuk pengguna mozilla firefoxe.

Jika kamu menggunakan ekstensi ini masalah your connection not private memang berhasil di atasi, namun biasanya jaringan yang kita gunakan akan sedikit menjadi lambat.

Sekian tutorial cara mengatasi privacy error dengan pesan "your connection not private" di semua browser. Semoga bisa bermanfaat!

Advertisement