7 Kebiasaan GILA yang Sering dilakukan Mahasiswa Kosan

Kebiasaan mahasiswa kosan adalah kebiasaan yang lucu sekaligus gila. Kenapa saya katakan gila? Karena menurut saya ini adalah kebiasaan buruk yang menjadi ciri khas dan sudah melekat erat di anak kosan tapi tetap saja dilakukan. Makanya saya lebih memilih untuk menyebutnya "gila". Saya yakin jika kamu pernah atau sedang berprofesi sebagai mahasiswa kosan, pasti pernah melakukan kebiasaan ini.

Kebiasaan gila mahasiswa kosan

Saya sendiri adalah mahasiswa kosan. Sebenarnya dari beberapa kebiasaan yang saya tuliskan disini pernah juga saya alami. Namun saya rajin kok (kadang-kadang). Tapi lebih banyak juga malasnya. haha 😄 Emang apa kebiasaan gilanya anak kosan? Silahkan baca beberapa kebiasaan yang sering dilakukan mahasiswa kosan berikut ini.

1. Bangun pagi adalah jam 10


Bangun selalu kesiangan adalah ciri klasik dari mahasiswa yang hidupnya ngekos. Terlebih lagi jika hari itu adalah hari libur. Rasanya begitu mubazir jika tidak dinikmati dengan bangun siang. Karena bagi mahasiswa terkadang hari libur adalah hari yang langka. Oleh karena itulah alasan sebagian orang memilih untuk menikmati liburnya dengan tidur sampai siang.

Kebiasaan ini jangan di tiru ya? Tidak Baik!

2. Masak kalau sudah perut keroncongan


Memasak adalah satu hal yang sangat beeerraatt untuk dikerjakan. Kalau Dilan bilang yang berat itu adalah rindu, ternyata masih ada lagi yang lebih berat yaitu memasak. Terutama bagi kaum laki-laki yang hidup ngekos. Laki-laki yang rajin masak meskipun dia ngekos adalah makhluk yang langka. Saya yakin kalaupun dia rajin masak, dia akan memasak jika perutnya sudah keroncongan. Kenapa tidak masak saat pagi hari? Sudah baca poin pertama kan? itu lah alasannya! Sekalipun bangun pagi, dia tidak akan memasak saat itu juga. Karena MAGER!

Untuk perempuan gimana? Apa males juga? Emm, saya juga kurang tahu. Seharusnya mereka pasti lebih rajin. Tapi sepertinya sama saja. hahah

3. Beli Makan dengan Mengutamakan Kuantitas dan Harga


Mahasiswa kos adalah makhluk yang super pintar. Dia akan memilih mana warung yang cocok dengannya. Warung yang cocok pastinya adalah warung yang murah dan mendapatkan porsi banyak. Tidak peduli apakah itu baik atau tidak yang jelas dirinya bisa kenyang.

Biasanya mahasiswa ini mempunyai warung andalannya untuk makan. Warung andalan ini biasanya rame. Karena mereka yakin jika warung tersebut rame dengan sekumpulan makhluk sebangsanya sudah pasti warung tersebut layak untuk menjadi spot makan selanjutnya.

4. Rajin Nyimpen Piring Kotor


Kebiasaan gila selanjutnya yang menurut saya paling gila adalah rajin menyimpan piring dan malas mencucinya. Mahasiswa kos adalah makhluk yang bebas. Dia mau ngapain saja terserah dirinya, tidak ada yang melarang. Termasuk menumpuk piring dan tidak mencucinya berhari-hari.

Tidak hanya piring saja, bahkan yang paling sering terjadi adalah lupa tidak membuang nasi di rice cooker. Alhasil nasi basi sampai berminggu-minggu. Hingga paling parah nasi dalam rice cooker lupa tidak dibuang dan ditinggal pulang kampung. You now lah bagaimana bentuk nasinya pas dibuka. :D

5. 90% Anak Kosan Pernah Tidak Mandi Ke Kampus


Pernah mengalami? Saya yakin yang ngaku anak kosan pasti pernah mengalami hal ini. Termasuk saya sendiri juga pernah..:D Loh kok bisa tidak mandi? Kenapa?

Banyak alasan yang menjadi penyebab hal gila ini terjadi. Bisa saja karena dia bangun kesiangan akibat begadang ngerjain tugas, dan takut telat masuk. Akhirnya memutuskan untuk tidak mandi. Kedua karena memang lagi tidak ada air alias habis. Ini juga salah satu derita anak kos jika menggunakan air PDAM. Kemudian selanjutnya karena tinggal di kampus dan ada kegiatan yang harus diselesaikan. Sehingga memaksanya untuk tidur saat menjelang subuh. Setelah bangun paginya sudah hampir telat jadi langsung masuk kelas tidak sempat mandi.

6. Masang Alarm 10x tapi Selalu dimatikan dan tidak Bangun


Ada yang masang alarmnya doble? atau bahkan triple? Saya yakin kamu juga pernah mengalami hal ini. Alarm yang seharusnya menjadi tanda untuk membangunkan tidur, seolah olah malah menjadi lagu penyambung tidur.

Pasang alarm tiga misalnya jam setengah 5, jam 5 dan jam 6. Percayalah bahwa jika kamu anak kos kamu akan bangun di alarm yang ketiga. Bahkan terkadang alarm yang terakhir pun masih dimatikan dan tidur lagi. Itulah kebiasaan yang paling susah untuk dihilangkan yaitu kebiasaan menunda dan mematikan alarm.


7. SKS adalah Cara Terbaik Kerja Tugas


Kebiasaan yang tidak kalah gila selanjutnya adalah sistem kerja tugas yaitu SKS (Sistem Kebut Semalam). Hal ini sebenarnya bukan menjadi kebiasaan anak kosan saja, tapi sepertinya sudah menjadi budaya wajib dikalangan mahasiswa. Meskipun dikasih waktu antara sebulan, seminggu dan satu hari. Hasilnya tetap sama saja. Karena mereka (termasuk saya) akan mengerjakan tugas tersebut jika sudah tiba masanya yaitu H-1.

Sebenarnya kita sudah tahu bahwa ini adalah kebiasaan buruk. Namun tetap saja budaya itu sulit untuk dihilangkan. Seakan akan sudah berakar tunggang di dalam diri masing-masing mahasiswa. Sehingga susah untuk dicabut!

Masih ada lagi?

Silahkan tambahkan sendiri dikolom komentar jika menurut kalian masih ada pengalaman dan kebiasaan gila yang biasa dilakukan saat menjadi anak kosan.

Advertisement