Pentingnya untuk Selalu Mencadangkan Kontak di Akun Gmail Setiap Menambahkan Nomor HP Baru

Membuat file cadangan merupakan hal yang sering di lupakan oleh kebanyakan orang, termasuk saya. Beranggapan bahwa membuat file cadangan itu adalah sesuatu yang mubazir. Istilahnya hanya membuat ribet saja. Apalagi yang dicadangkan hanya file kontak nomor telpon/HP.

Saya sendiri sudah merasakan kerugian akibat tidak melalkukan hal ini. Biasanya kalau setiap kita ingin menyimpan nomor telpon baru di android, akan muncul menu apakah kita akan mencadangkan file tersebut. Terdapat pilihan mencadangkan di akun Gmail, simpan kontak diperangkat saja atau simpan kontak di kartu SIM saja.

Karena saya orangnya tidak ingin repot, maka saya biasanya memlih untuk jangan cadangkan (simpan kontak diperangkat saja). Akhirnya beberapa hari yang lalu kejadian HP yang saya gunakan error, keyboardnya tiba-tiba hilang entah kemana. Google voicenya juga tidak berfungsi. Cukup lama saya berpikir akhirnya saya memutuskan untuk menginstall aplikasi keyboard yang saya download melalui laptop. 

Sialnya lagi ternyata saya tidak bisa memasang aplikasi tersebut, dikarenakan pemasangan paket di smartphone saya kunci juga. Solusi terakhir saya reset HP tersebut dan setelah nyala SEMUA KONTAK DI HP YANG TIDAK SAYA CADANGKAN HILANG!

Jika hanya berprofesi sebagai mahasiswa seperti saya mungkin ini tidak berefek besar. Namun jika kamu berprofesi sebagai pebisnis, hilang semua kontak? Maka bisa-bisa bisnis kamu sangat terhambat gara-gara hal tersebut.

Oleh karena itu mulai sekarang biasakan untuk mencadangkan sesuatu, terutama hal penting seperti kontak ini. Caranya juga sangat mudah seperti berikut:
  1. Tulis nomor telponnya seperti biasa saat kamu ingin menyimpan nomor HP.
  2. Pilih tambah kontak > Buat kontak baru (Silahkan kamu sesuaikan dengan menu HP masing-masing).
  3. Setelah itu biasanya akan muncul pilih akun cadangan yang terdapat tiga pilihan yaitu cadangan di akun google, jangan cadangkan (simpan kontak di perangkat saja), dan jangan cadangkan (simpan kontak di kartu SIM saja). Silahkan pilih akun Google.
pentingnya mencadangkan nomor hp di akun gmail

Setiap smartphone pasti dilengkapi dengan fitur ini. Silahkan sesuaikan dengan menu yang ada di HP kamu. Dengan melakukan cara di atas kita tidak perlu takut lagi jika hp kita reset atau flash ulang. Karena begitu kamu masukkan akun gmail ke hp tersebut maka secara otomatis kontak tersebut juga akan muncul kembali.

Advertisement

Load comments