Pantai Tebing Apparalang yang Terkenal sebagai Miniatur Raja Ampat Versi Bulukumba

Wisata Pantai Tebing Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit saya karena pemandangan laut dan karangnya sangat menakjubkan. Bagi kamu yang tertarik dengan wisata pantai dan berada di Bulukumba silahkan baca 8 wisata pantai super keren di Bulukumba.

Pantai apparalang ini merupakan perpaduan antara objek pantai dan bukit karang, jadi jangan heran jika banyak orang menyebut tempat ini dengan sebutan tebing Apparalang. karena daerahnya memang bertebing. Apparalang sendiri katanya artinya adalah keputusasaan. Saya juga tidak paham kenapa tebing ini dinamakan Tebing Apparalang.
Wisata pantai apparalang bulukumba
Salah satu bagian dari pantai Apparalang

Namun selain namanya yang unik, keindahan ditempat ini juga sangat luar biasa keren. Bahkan ada beberapa orang yang mengatakan bahwa Apparalang adalah miniaturnya Raja Ampat versi Bulukumba. Mungkin karena daerah wisata ini identik dengan laut dan bukit karang yang indah makanya dikait-kaitkan dengan raja ampat.

Seperti Apa Keindahan Pantai dan Tebing yang ada di Apparalang?


Apparalang menyajikan keindahan alam yang memukau yaitu perpaduan antara gradasi warna air laut yang jernih, hijaunya pepohonan dan kokohnya tebing karang. Meskipun bentuknya tidak menyerupai raja Ampat, namun menurut saya wajarlah jika orang menyebutnya sebagai miniatur Raja Ampat versi Bulukumba. Karena pemandangannya memang luar biasa.
pantai apparalang di bulukumba
Gambar oleh: /4rifgunawan/

Begitu sampai ditempat ini kamu hanya akan melihat hamparan laut yang luas, namun setelah mendekat maka nampaklah pemandangan yang membuat kagum banyak orang. Pemandangan laut yang jernih dengan gradasi warna yang keren. Di tambah dengan adanya jembatan yang bisa menjadi jalan kita untuk turun lebih dekat ke permukaan air. Pastilah sangat menyenangkan.
Apparalang bulukumba miniatur raja ampat
Pemandangan Karang di Pantai Apparalang

Selain latar pantainya yang indah, tebing karang yang ada di pinggir pantai juga turut menambah kesan eksotis pantai ini. Apakah pantainya bagus untuk latar berphoto? Jangankan hanya photo selfie, prawed aja recommended. Kalau mau..:D 

Pokoknya jika kamu orang yang pengen photo dengan pemandangan yang indah maka apparalanglah tempatnya. Selain berphoto kamu juga dapat bersantai menikmati indah dan segarnya laut di jembatan maupun di dekat karang. 


Lokasi dan Akses Menuju Pantai Apparalang


Untuk akses ke tempat ini sudah sangat jelas, terdapat rambu-rambu penunjuk di setiap belokan. Pantai ini juga berada sejalur dengan pantai bira. Jadi jika kamu ingin kesini tinggal ikuti saja petunjuk yang ada di pinggir jalan atau petunjuk di google map. 

Namun untuk ke daerah pantai ini tidak ada kendaraan umum. jadi kamu harus membawa kendaraan pribadi atau sewa. Bawa sopirnya yang berpengalaman, karena perjalanan pulang dari pantai akan menanjak tinggi. Namun jika tidak ingin melewati tanjakan ketika pulang, kamu bisa memilih belok kanan dan mengikuti jalan kecil sampai ke jalan raya.

Untuk masuk ke wisata Apparalang saya juga sudah lupa dulu dikenakan tiket berapa. kalau tidak salah 10ribu, yang jelasnya tidak semahal tiket nonton bioskop kok. :D

Akomodasi dan Fasilitas di Sekitar Pantai Apparalang


Apparalang adalah wisata yang tergolong baru di daerah Bulukumba ini. Oleh karena itu untuk penginapan dan akomodasi umum belum tersedia di tempat ini. Hanya saja untuk makanan kamu tidak perlu khawatir. Karena ditempat ini sudah banyak penjual makanan bahkan penjual perlengkapan seperti topi juga ada.

Saran saya jika kamu ingin pergi ke tempat wisata ini lebih baik berangkat saat pagi hari. Karena jika pagi hari tidak terlalu ramai dan pemandangannya juga masih segar. Sehingga kamu bisa menikmati pemandangan dan berphoto sesuka hati.

Video Apparalang beach bulukumba:

Advertisement