Pentingnya Psikologi dalam Perawatan Kesehatan

Psikologi melibatkan studi tentang pikiran manusia dan umumnya berhubungan dengan aspek-aspek perilaku manusia. Dengan kata lain, kita dapat mengatakan bahwa psikologi adalah bidang ilmu dimana para profesional meneliti proses mental dan perilaku pasien. Hal ini sangat penting bagi seorang individu agar memiliki komunikasi yang baik dan keterampilan verbal. Pada artikel ini, Anda akan tahu tentang pentingnya psikologi dalam perawatan kesehatan.
Pentingnya ilmu pskologi dalam perawatan kesehatan
Picture: thecollegemonk.com
Perawat harus mampu melatih kasih sayang dan kesabaran untuk menyelesaikan tugasnya. Tetapi bagian yang penting adalah memahami kondisi psikologis pasien. Jika perawat tidak memiliki pengetahuan tentang psikologi maka bisa sangat sulit bagi mereka untuk menangani pasien dan memahami perilaku mereka. Karena tujuan utama para perawat adalah mendapatkan data yang memadai dari pasien untuk menyelamatkan hidup mereka.

Jika Anda tertarik dengan program ini, ada juga pilihan bagi sarjana psikologi untuk masuk program akselerasi. Pada tahap awal, Anda akan belajar tentang latar belakang dan tujuan studi. Anda juga bisa mendapatkan online nursing degree (gelar keperawatan online), dimana Anda dapat belajar dan meningkatkan pengetahuan Anda sama seperti kuliah biasa. Anda dapat menghubungi departemen penerimaan atau penasihat untuk memandu step by stepnya dalam proses pendaftaran dan perkuliahan.

Banyak program keperawatan menawarkan program studi baik di tingkat associate atau sarjana. Psikologi, seni liberal, ilmu perilaku dan sosial adalah beberapa subjek kecil yang termasuk dalam keperawatan. Akhir-akhir ini semua mahasiswa psikologi sering memilih program keperawatan karena itu, memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan gelar keperawatan (akselerasi). Jika Anda telah meraih gelar sarjana dalam bidang psikologi, maka itu juga tidak terlambat karena Anda akan memiliki berbagai pilihan yang tersedia. Anda bisa mendapatkan gelar master dalam kursus keperawatan. Anda dapat melihat situs web thecollegemonk untuk perguruan tinggi top di seluruh dunia untuk keperawatan.

Hal utama dari ilmu psikologi dan gelar keperawatan adalah terbukanya kesempatan kerja. Gaji lebih tinggi dari biasanya dan Anda akan mampu menangani pasien secara profesional. Pengetahuan dan keterampilan paling penting dalam bidang ini. Tanpa itu, maka tidak ada gunanya memiliki gelar tersebut. Sebuah gelar psikologi akan membantu dalam mengobati pasien dan mempersiapkan mental mereka.

Psikologi juga dapat berperan dalam memberikan pengarahan kepada pasien ketika pasien sakit dan memberikan motivasi agar pasien tidak patah semangat apalagi sampai frustasi dan depresi. Perawat kesehatan mental (psikologi) dapat bekerja di banyak tempat. Seperti penjara, rumah sakit psikologi, program rawat jalan, fasilitas perawatan gangguan makan dan banyak lagi.

Author : Sunny Tirkey

Advertisement