Cara Gampang Install Ekstensi IDM di Browser Microsoft Edge Windows 10

Masalah yang muncul ketika kita install IDM (Internet Download Manager) adalah ekstensinya tidak mau terintegrasi secara otomatis di browser edge maupun internet explorer. Berbeda dengan google chrome atau mozilla firefox yang secara otomatis ketika kita buka browsernya akan muncul perintah untuk mengintegrasikan extensi IDMnya. Ternyata pada microsoft edge tidak seperti itu, jika beruntung biasanya akan muncul cara untuk mengaktifkannya tapi jika tidak, tentu kita akan bingung.

Biasanya notifikasi tentang langkah-langkah untuk mengaktifkan ekstensi IDM di microsoft edge hanya akan muncul ketika kita baru menginstall IDM untuk pertama kalinya. Namun jika kita telah menginstall IDM sebelumnya dan kita menghapusnya kemudian menginstall lagi versi yang lain maka notifikasi panduannya tidak akan muncul.

Apa tandanya jika Internet Download Manager (IDM) sudah terintegrasi dengan browser Microsoft Edge?

Untuk melihat apakah IDM sudah terintegrasi atau belum sangat mudah, yaitu dengan membuka situs youtube. Kemudian silahkan putar salah satu video dan lihat apakah di video tersebut IDMnya muncul? Jika muncul berarti ekstensi IDM sudah aktif (terintegrasi). Perhatikan gambar di bawah ini, jika IDM sudah terintegrasi dengan browser akan muncul IDMnya di sudut kanan videonya.

Contoh IDM yang sudah terintegrasi di browser microsoft edge
Contoh IDM yang sudah terintergasi dengan Microsoft Edge

Bagaimana cara install ekstensi IDM di browser Microsoft Edge?


Caranya sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah installnya berikut ini:

1. Silahkan kunjungi webnya di sini //www.internetdownloadmanager.com/register/new_faq/edge_extension.html

2. Setelah url di atas terbuka klik tulisan install seperti pada gambar yang saya tandai dengan panah merah di bawah ini.
Integrasikan IDM di browser microsoft edge

Selanjutnya kamu akan diarahkan otomatis ke windows store. Silahkan klik install kemudian IDM Integration Module akan terdownload dan menginstall secara otomatis. Setelah selesai menginstall akan muncul perintah Launch. Silahkan klik launch dan kamu akan di arahkan ke browser microsoft edge.

3. Setelah microsoft edge terbuka akan muncul notifikasi untuk mengaktifkan IDMnya. Silahkan centang pada Allow for inPrivate Browsing dan terakhir klik Turn it on.

4. Selesai. Sekarang IDM kamu sudah terintegrasi dengan microsoft edge.

Untuk mengecek apakah IDM sudah terintall atau terintegrasi bisa dilakukan dengan membuka video youtube. Jika IDMnya muncul berarti sudah aktif. Selain itu bisa juga dengan membuka browser microsoft edge kemudian tekan secara bersamaan tombol Alt+X, dan klik extensions.

Disqus comments