Pengguna Windows 10 Wajib Install Aplikasi ini Untuk Preview File Lebih Cepat

Aplikasi yang wajib kamu install jika kamu pengguna windows 10 adalah quicklook. Sesuai dengan namanya aplikasi ini berfungsi untuk melihat file jenis apapun secara sekilas dan cepat. Jika Kamu pernah melihat atau menggunakan laptop produk apple tentu tahu tentang fungsi ini. Ya, fungsinya mirip dengan tampilan preview file di OS MAC yang dapat menampilkan preview file dengan cepat tanpa harus menampilkannya secara langsung.

Apa kelebihan aplikasi ini?
1. Bisa menampilkan preview file jenis apapun dengan cepat
2. Ukuran aplikasi tidak terlalu besar sehingga tidak membebani kinerja laptop
3. Menampilkan preview nyaris tanpa loading ketika sudah sering dijalankan

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Quicklook preview?

Cara menggunakannya sangat mudah yaitu kamu hanya perlu menekan tombol space setiap ingin menampilkan preview sebuah file. Aplikasi ini sudah saya coba dan support untuk semua file termasuk file gambar, HTML, video, dokumen word, excel, pdf maupun file musik.

Jadi jika kamu ingin melihat file tidak perlu lagi membuka langsung aplikasinya dan harus menunggu loading lama. Kamu bisa menampilkannya terlebih dahulu menggunakan quicklook preview, kemudian jika ingin mengeditnya bisa langsung di buka menggunakan aplikasi aslinya. Contoh: jika kamu mempreview file word di quicklook, kamu bisa langsung membuka dokumen tersebut di aplikasi office word dengan mengklik menu open with Word yang ada di aplikasi quicklook. Begitupun juga dengan file yang lainnya.
preview file dengan cepat di windows dengan quicklook
Penampakan Aplikasi Quicklook

Bagaimana cara menginstallnya?

Kamu hanya bisa menginstallnya melalui Microsoft store. Silahkan buka aplikasi store di windows 10 kamu, kemudian ketikkan “quicklook” di menu pencarian. Maka aplikasinya akan muncul kemudian silahkan klik download dan tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah proses instalasi selesai kamu baru bisa menggunakan aplikasi ini.

Sebagai catatan bahwa aplikasi ini tidak akan berjalan di windows 10 S. Jadi bagi pengguna windows 10 S sangat disayangkan kamu tidak bisa menikmati fitur ini. Namun tidak perlu khawatir untuk pengguna windows 10 tipe lain seperti windows 10 pro maupun enterprise, kamu dapat menikmati fitur ini dengan lancar. Saya sendiri telah menggunakan aplikasi ini selama beberapa minggu dan menikmatinya.

Jika kamu tidak bisa menginstall aplikasi ini padahal tipe OS bukan windows 10 S, silahkan update windows 10 kamu ke versi yang lebih baru.

Advertisement

Load comments