Cara Mengetahui Nomor Token Listrik PLN Prabayar yang Hilang

Apakah kamu pernah mengalami kejadian no token listrik hilang sebelum dimasukkan ke meteran listrik? Jika iya, tenang saja kamu tidak sendirian. Saya sendiri juga pernah mengalami hal ini beberapa waktu yang lalu. Kejadian ini terjadi karena saya lupa untuk menyimpan screenshot nota pembelian dari internet banking BRI. Sehingga no token listriknya pun ikut hilang.

cara mengetahui no token listrik yang hilang

Hilangnya no token listrik memang terkadang merupakan kejadian yang tak terduga. Hal ini bisa terjadi kapan saja ketika kita membeli pulsa listrik. Bisa karena struk pembelian listrik yang tidak keluar di ATM, lupa screenshot ataupun karena faktor yang tidak disengaja lainnya.

Biasanya pikiran sebagian orang jika no token listriknya hilang maka hilanglah sudah listrik yang mereka beli. Padahal sebenarnya tidak! Listrik yang kamu beli jika tidak kamu gunakan tidak akan hilang ataupun hangus. Sekalipun orang lain menemukan token tersebut, tetap orang itu juga tidak dapat menggunakannya. Karena menurut keterangan resmi dari PLN Token stroom hanya dapat diisikan pada KWH meter sesuai dengan ID meter yang disebutkan pada saat pembelian, sehingga tidak dapat digunakan di KWH meter lain.

Lantas bagaimana cara kita mengetahui nomor token listrik yang hilang tersebut?

Caranya adalah dengan melihat riwayat transaksi pembelian token listrik. Dulu untuk cek riwayat token listrik bisa dilakukan dengan mengunjungi halaman info prepaid pln yang beralamatkan di https://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html. Namun sepertinya sekarang halaman tersebut sudah tidak bisa digunakan karena selalu muncul error tidak dapat akses server.

Solusi saat ini yang bisa digunakan untuk melihat nomor token listrik yang hilang adalah menggunakan aplikasi PLN Mobile.

1. Download dan install PLN mobile melalui playstore atau Appstore kamu.

2. Setelah terinstall silahkan buka aplikasinya. Kemudian klik menu "lainnya" untuk mendaftar.

3. Akan muncul formulir, silahkan isi semua mulai dari nama lengkap, IDEPL/No meter, lokasi alamat kamu, no HP, email, dan password. Setelah itu jangan lupa centang pada bagian "saya setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku" dan klik simpan.

Jika pendaftaran berhasil silahkan login. Untuk cek riwayat transaksi token, klik menu "informasi" dibagian atas. Kemudian pilih "Informasi Tagihan dan Token Listrik" maka akan keluar semua riwayat transaksi token listrik termasuk No token listrik yang hilang.

Catatan:
1. Jika riwayat token listrik terbaru belum muncul, silahkan tunggu selama satu atau dua hari setelah pembelian.
2. Kamu juga dapat mengecek no token tanpa login, hanya saja dengan cara ini hanya bisa mengecek No token pada transaksi terkahir saja.

Sekian cara mengetahui nomor token listrik yang hilang semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk langsung berkomentar.

Advertisement

Load comments