Cara Terbaik untuk Membunuh Perasaan Malas Belajar yang Berlebihan

Cara terbaik untuk menerobos rasa malas adalah dengan motivasi dan ambisi yang kuat. Jika kamu merasa "saya hanya termotivasi dalam sesaat dan besok kembali lagi melakukan hal yang sama". Tenang, motivasi yang datang dan pergi itu adalah manusiawi. Bahkan orang-orang paling sukses sekalipun selalu mengalami hal ini. Begitu juga dalam belajar, terkadang orang-orang yang pinter juga pernah merasa malas.

Mungkin kamu pernah berpikir seperti ini:

Kenapa saya sangat malas belajar?
Kenapa saya mudah ngantuk jika belajar?
Tidak bisa fokus dll..

Semua perasaan di atas adalah manusiawi yang artinya semua orang merasakan. Jangan kira orang yang pintar, misal seorang atlet beladiri yang ahli mereka tidak malas dalam latihannya. Mereka juga merasa malas dalam latihan sekalipun itu hobi mereka. Hanya saja mereka punya kondisi yang membuat mereka mampu mengalahkan rasa malas itu. Kondisi itu adalah rasa tanggung jawab.

Cara terbaik untuk mengatasi perasaan malas belajar

Mereka dipaksa bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Contoh orang pintar yang biasa peringkat satu mereka akan cenderung rajin. Karena mereka merasa punya tanggung jawab yaitu harus mempertahankan peringkatnya.

Sebenarnya apa penyebab rasa malas?

Penyebabnya paling utama adalah karena tidak punya alasan untuk rajin (motivasi), tidak punya sesuatu yang harus dicapai maupun dipertahankan dan tidak merasa mempunyai tanggung jawab yang harus di pertanggung jawabkan.

Jika tidak merasa mempunyai hal yang harus dipertanggung jawabkan maka kamu akan cenderung menunda pekerjaan dan acuh. Namun jika sebaliknya, misal ada sebuah kegiatan dimana yang bertanggung jawab adalah kamu maka saat itu kamu dengan sendirinya akan menjadi rajin.

Kerugian akibat kebiasaan malas atau mager

Soal kerugian jangan ditanya lagi, sudah pasti sangat merugikan. Ingat hal kecil yang kita lakukan secara berulang itu akan menjadi kebiasaan, dan kebiasaan akan membentuk karakter, selanjutnya karakter akan menentukan nasib. Jadi sudah bisa dipastikan, jika kamu tidak keluar dari zona nyaman (selalu malas melakukan sesuatu) akan cenderung bernasib buruk.

Setelah tahu penyebab dan kerugiannya, maka kita perlu tahu bagaimana cara untuk mengatasi perasaan malas ini terutama dalam hal belajar. Berikut saya rangkum cara yang menurut saya cukup manjur untuk mengatasi rasa malas belajar yang pernah saya lakukan (meskipun saya sendiri tidak rajin amat :D).

Cara menghilangkan perasaan malas dan ngantuk dalam belajar


1. Pada saat bangun pagi mandi dengan air dingin

Saya masih ingat sekali dulu waktu SD saya selalu disuruh mandi jam setengah 6 pagi. Dimana jam segitu jika di desa airnya akan sangat dingin sekali. Tapi ternyata sekarang saya baru sadar bahwa itu bermanfaat juga. 😂

Pagi hari adalah saat-saat yang paling produktif. Namun tidak jarang bagi kita sekarang ini justru saat pagi bermalas-malasan dengan bermain gadget di kamar. Bahkan setelah mandi pun badan masih terasa capek dan mengantuk. Coba jangan gunakan air hangat untuk mandi pagi, saya jamin kamu tidak akan merasa capek atau mengantuk lagi saat beraktifitas pagi hari. Sehingga saat kamu pergi ke kampus atau sekolah badan akan terasa segar dan bersemangat.

2. Bersih dan rapikan tempat kamu belajar

Lingkungan yang bersih dan rapi akan membuat kita nyaman untuk beraktifitas. Terkadang jika meja kerja berantakan kita akan merasa berat untuk mulai mengerjakan sesuatu. Hal itu berlaku juga dalam hal baik/buruknya mood belajar. Karena jika berantakan otak kita tidak merasa nyaman dengan suasananya. Sehingga mood belajar akan hilang.

3. Jika belajar sendiri itu berat, dan kamu nggak kuat panggil teman kamu lakukan sesuatu secara bersama

Kondisi ini sangat bermanfaat jika kamu mempunyai tugas yang sulit. Karena yakin saja jika itu sulit kamu akan merasa berat dan malas untuk mengerjakannya. Tapi jika ada teman yang bisa diajak diskusi perasaan berat pasti akan hilang. Tanpa sadar kamu sudah mengalahkan perasaan malas tersebut.

4. Tanamkan prinsip "Saya tidak akan menunda nunda sesuatu lagi", saya akan mulai meski itu sedikit.

Saya sendiri yang pernah menjadi malas sadar betul akan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan ini (terutama tugas kuliah). Bahkan saya sangat sadar dengan kemampuan saya yang luarbiasa ini. Pikiran saya selalu berkata: ini terlalu susah saya pasti tidak akan bisa menyelesaikan ini, apa gunanya saya mengerjakannya atau ahh,, hal ini bisa dikerjakan nanti saja. Ingat tugas yang belum selesai itu akan selalu hidup dalam pikiran kita. Rasanya selalu bikin stres saja.

Cara terbaik mengatasi masalah ini adalah dengan mengerjakannya sedikit demi sedikit. Mulai kerjakan ketika ada waktu luang, begitu kamu bosan atau buntu tinggalkan dan selesaikan begitu kamu sudah bersemangat lagi. Jika diibaratkan dengan orang menulis, kita selalu membuat draft dan melanjutkan draft itu secara perlahan sampai selesai tanpa menghapusnya. Silahkan baca kenapa saya sering bosan?

5. Ingat perjuangan orang tua

Buat kamu yang sedang kuliah merantau di kota jauh. Jangan sampai terlena dengan kemalasan. Ingat bahwa dibalik santai-santai (enaknya) kamu, ada orang tua yang berkeringat banting tulang membiayai. Ada orang tua yang rela menderita demi melihat anaknya sukses. maka dari itu kalau sudah mulai dilanda malas, ayo ingat lagi beliau. Jika beliau bekerja keras menderita demi kita, maka rasanya tidak pantas jika kita harus mengeluh dan malas-malasan. Jadikan mereka alasan dan inspirasi bahwa kamu harus lebih giat supaya sukses.

6. Buat suasana belajarmu senyaman mungkin

Jika suasananya enak melakukan apapun pasti tidak akan terasa berat. Kamu bisa sesuaikan dengan kebiasaan misal jika suka tempat yang tenang mungkin belajar diperpustakaan akan membantu. Jika sedang dirumah mungkin belajar ditemani dengan secangkir teh atau kopi hangat dan jika sedang mengerjakan tugas ditemani dengan sebuah lagu pasti kamu akan merasa tidak bosan apalagi mengantuk.

Rasa malas dan bosan sebenarnya adalah sugesti pikiran. Jika kamu terbiasa mensugesti pikiran dengan pesimis maka seterusnya kita tidak akan pernah bisa optimis. Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memulai sesuatu adalah sugestikan bahwa "saya harus berubah". Kunci mengatasi rasa malas adalah action tak peduli seberapa kecil aksi itu. Bakar kemalasan kamu dengan api ambisi yang kuat. Ingat sukses adalah dari kemauan kita sendiri! Intinya do'a yang ekstrim, usaha yang ekstrim, dan sedekah yang ekstrim maka kamu akan sukses yang ekstrim juga (belva). Silahkan baca contoh jadwal harian mahasiswa sukses.

Apa yang menginspirasi kamu untuk belajar dengan giat? Jika kamu punya cara yang berbeda jangan lupa untuk berbagi di kolom komentar ya.

Advertisement