Channel Youtube yang Wajib diikuti oleh Mahasiswa Geologi dan Geofisika

Ilmu geologi adalah ilmu yang mengkaji tentang kebumian. Baik dari segi fisik, sejarah dan proses pembentukannya. Jika kamu seorang yang tertarik terhadap apa yang terjadi di bumi maka kamu pasti akan sering bergelut dengan bidang ini. Terkhusus lagi jika kamu seorang mahasiswa geologi dan geofisika.

Bagi seorang geologis dan geosaintis pemahaman dalam ilmu geologi adalah wajib hukumnya. Terkadang kita memang sudah diajarkan dalam perkuliahan tentang beberapa pengetahuan geologi seperti batuan, mineral, dan sebagainya. Namun hal itu masih sebagian kecil saja, kita perlu mencari sendiri sebagian besarnya.
Channel youtube untuk belajar geologi

Nah buat kamu yang ingin mendalami ilmu geologi, saya mempunyai rekomendasi tempat belajar yang bagus untuk kamu yaitu youtube. Saya yakin semua mahasiswa sering membuka situs youtube. Di youtube kalau kita ingin mencari ilmu apapun sebenarnya ada. Terkadang kita hanya memanfaatkannya untuk menonton hiburan. Padahal di youtube juga tersedia banyak sekali video edukasi yang sangat bagus khsususnya tentang geologi. Silahkan simak channelnya berikut ini!

Channel youtube yang wajib di ikuti oleh mahasiswa geologi dan geofisika


1. CV Shorey

Channel yang pertama adalah CV Shorey, dimana channel ini menyajikan konten geologi dari dasar sampai ke tingkat menengah secara terstruktur dalam episode. Sampai artikel ini di tulis sudah terdiri dari 100 episode dalam series Earth Exploration. Konten dari videonya berupa materi tentang perpetaan, batuan termasuk semua jenisnya, kemudian mineral, lingkungan pengendapan, penentuan umur batuan, tektonik lempeng dll.

Jika kamu mendapatkan kendala karena penjelasannya dalam bahasa inggris, kamu dapat mengaktifkan subtitle bahasa indonesia ketika menontonnya. Jika terkendala dengan kuota maka kamu bisa mendownloadnya ketika tersambung dengan wifi gratis beserta subtitle bahasa indonesianya. Intinya banyak cara yang bisa dilakukan untuk belajar.

Untuk mengakses channelnya silahkan ketikkan CVShorey di kotak pencarian youtube. Kemudian klik pada bagian playlist dan pilih bagian earth exploration.

2. StrucGeologi

Channel kedua ini juga merupakan channel video dalam bahasa inggris. Disini kamu bisa belajar mengenai banyak hal mulai dari geologi, geofisika hingga ke tahap interpretasi seismik. Selain itu, video pada channel ini kebanyakan juga berasal dari hasil perkuliahan. Sehingga kamu bisa belajar dari luar negeri sekaligus membandingkan sistem belajar termasuk muatan materinya.

Untuk melihat videonya langsung cari saja melalui pencarian youtube kemudian masuk ke playlist Structural Geology Lecture. Bahasa yang digunakan juga mudah dipahami kok. Dijamin pasti langsung paham ketika menonton videonya.

Selain dua channel yang saya rekomendasikan di atas, kamu juga dapat belajar dari channel GeoScience Videos dan Geology Concepts. Kekurangan dari channel ini adalah playlist videonya tidak selengkap dua channel di atas. Namun secara keseluruhan masih bagus untuk dijadikan referensi belajar geologi.

Mungkin ada yang bertanya, kak channelnya tidak ada yang bahasa indonesia ya?

Channel indonesia belum ada yang mengulas sedetail channel youtube di atas. Ada mungkin orang yang membuat video materi geologi dalam bahasa indonesia tapi hanya sebagian-sebagian saja.

Itulah beberapa channel youtube yang wajib di ikuti oleh mahasiswa geologi dan geofisika. Selain sangat bermanfaat ilmu di channel ini juga dibagikan secara gratis. Tidak banyak orang yang mau membagikan ilmunya secara publik seperti ini. Baca juga 5 channel youtube yang bakalan nambah pengetahuan kamu.

Advertisement

Load comments