Cara Mengatasi Virus Kapersky "Secured by Kapersky Internet Security" di Flashdisk

Banyak orang yang kebingungan mengtasi file hilang dan muncul virus dengan nama secured by kapersky internet security. Virus kapersky ini sistem kerjanya hampir sama dengan virus shortcut yaitu menghidden file. Cirinya semua file di flashdisk hilang, hanya ada dua buah file yaitu file readmi.txt dan file berekstensi bat dengan nama secured by Kapersky internet security. Format nama file batnya adalah [Nama Flasdisk][Kapasitas Flasdisk][secured by Kapersky internet security 2017].

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa sistem kerja virus ini mirip dengan virus shortcut yaitu menghidden file. Menyembunyikan data asli ke system value information dimana folder ini hanya dapat dilihat ketika hidden file aktif dan tidak dapat di edit maupun dihapus.

Jadi sudah bisa dipastikan bahwa cara untuk melihat kembali file yang disembunyikan virus secured by kapersky ini sama dengan virus shortcut. Kamu hanya perlu mencentang hidden items pada menu view di windows explorer. Setelah hidden items tercentang maka akan muncul folder system value information pada flashdisk tersebut. Silahkan buka folder itu dan lihat file kamu akan berada di sana.

Namun jika virus tersebut menyembunyikan dengan fungsi super hidden, silahkan kamu baca postingan saya sebelumnya tentang cara mengatasi file flashdiks yang hilang.

Virus ini sebenarnya tidak berbahaya hanya saja menjengkelkan. Saya bilang menjengkelkan karena sifatnya menyembunyikan file dan kita harus mengaktifkan fungsi hidden item lagi untuk melihatnya. Biasanya virus ini berasal dari laptop yang memang sudah terinjeksi virus dan kita mencolokkan fd pada laptop tersebut. Misalnya saja di warnet, tukang print maupun photocopy.

Bagiamana cara menghilangkan virus kapersky internet security ini?

Solusi untuk menghilangkannya sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu melakukan scan secara menyeluruh saja dari perangkat yang terjangkit virus tersebut. Silahkan update antivirus yang kamu gunakan supaya virus ini bisa hilang.

Jika boleh saya sarankan antivirus yang bagus adalah eset internet security. namun kamu harus pastikan bahwa antivirus yang kamu gunakan up to date. Karena ada beberapa kondisi dimana virus kebal dengan antivirus versi jadul.

Kemudian ada tidak caranya supaya perangkat flasdisk yang kita gunakan tidak terjangkit virus ini lagi?

Ada, masalah apapun itu pasti ada saja solusinya. Beberapa solusi pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah:

1. Jangan mudah tergiur untuk membuka atau mendownload file tidak jelas dari internet.

Ingat semua penyebaran virus sangat leluasa di internet. Bahkan hanya dengan klik tidak sengaja sebuah virus bisa saja menginfeksi komputer kamu. Terlebih lagi jika tidak memiliki antivirus yang up to date. Contoh kecilnya saja yang sering kita jumpai adalah virus pop up atau selalu redirect di browser. Itu semua berawal dari ketidak sengajaan kita.

2. Melengkapi flasdisk dengan antivirus portable.

Ini adalah solusi yang paling mudah yaitu dengan memiliki antivirus portable. Dengan adanya antivirus portable di flasdisk, maka setiap setelah selesai mengcopy data atau menggunakan fd di komputer lain kita dapat langsung melakukan scan. Sehingga begitu flasdisk ditancapkan di laptop pribadi sudah terbebas dari virus. Untuk antivrusnya silahkan kamu browsing saja di google banyak kok.

3. Mengamankan flashdisk atau hardisk dengan cara membuatnya menjadi write protected.

Cara ini adalah cara yang membutuhkan beberapa langkah. Cara ini cocok sekali untuk melindungi data backup kamu yang ada di file hardisk maupun flasdisk. Jika kamu menggunakan cara ini maka kita tidak bisa lagi mengcopy, manghapus, memindahkan atau mengubah nama file di memory tersebut. Namun jika ingin melakukan itu semua silahkan nonaktifkan kembali fungsi write protectednya. Dengan mengaktifkan write protected maka fd kita akan kebal terhadap virus.

Untuk membuat flasdisk menjadi write protected silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut:
  • Buka CMD dengan Run as administrator.
  • Setelah terbuka ketikkan perintah DISKPART kemudian ketikkan lagi LIST DISK.
  • Perhatikan daftar disk yang ada. Fokus pada bagian "size' yang saya beri kotak merah pada gambar di bawah. Silahkan cari disk mana yang mempunyai ukuran sama dengan flashdisk kamu. Pada contoh ini saya menggunakan flasdisk 7 GB. Jadi disk yang akan saya buat write protected adalah DISK 1.
    Cara menghilangkan virus kapersky
  • Selanjutnya ketikkan SELECT DISK (NAMA DISK). Misal nama flasdisk saya di atas adalah DISK 1, maka saya ketikkan SELECT DISK 1.
  • Setelah itu beri proteksi read-only dengan mengetikkan perintah ATTRIBUTES DISK SET READONLY. Dengan begini semua file di disk tersebut dapat kamu akses, hanya saja tidak bisa di edit atau di write.
  • Untuk mengembalikannya, silahkan ikuti kembali langkah di atas. Hanya saja pada perintah ATTRIBUTES DISK SET READONLY ganti dengan ATTRIBUTES DISK CLEAR READONLY.

Oke, saya rasa cukup itu saja pengetahuan saya tentang cara untuk menghilangkan virus secured by kapersky di flashdisk ini. Semoga bermanfaat!

Sumber write protected: https://winpoin.com/cara-proteksi-flashdisk-agar-data-lebih-aman/

Advertisement

Load comments