Cara Mengatasi Error Load Driver Saat Install Ulang Windows [FIX]

Cara mengatasi masalah load driver a required cd/dvd drive device driver is missing ternyata tidak harus menghapus hardisk. Kebanyakan orang mengatasi gagal load driver ini dengan manghapus partisi windows melalui CMD. Namun cara itu tentu sangat tidak mungkin jika kita sudah menyimpan banyak data di hardisk. Karena otomatis data tersebut pasti akan hilang. Namun tenang saja, ternyata ada cara lain untuk mengatasi masalah load driver tersebut tanpa menghapus partisi.

Sebelum menulis artikel ini, malamnya saya menginstalkan laptop acer milik teman saya. Namun selalu gagal dengan error yang sama yaitu "Load Driver ... is missing". Alhasil laptop tidak bisa diinstall ulang karena boot windowsnya tidak terbaca. Saya cukup pusing juga dibuatnya, karena kebanyakan referensi yang saya baca solusi akhirnya selalu menghapus hardisk dan membuat partisi ulang melalui CMD. Namun akhirnya saya menemukan solusi lain tanpa menghapus hardisk. Silahkan simak artikel ini, mungkin saja cara saya mengatasi error load driver ini juga manjur untuk kamu yang lagi bingung mencari solusi dari masalah tersebut.

Apa penyebab error load driver a required cd/dvd drive device driver is missing?

Setelah saya membaca semua artikel tentang cara mengatasi error load driver is missing ini, saya menyimpulkan bahwa masalah ini terkait hardisk yang sudah tua atau sudah tidak bagus lagi. Namun ini hanya spekulasi saya saja. Karena saya menyimpulkan ini hanya berdasarkan pada solusi kebanyakan orang dengan menghapus dan membuat kembali partisi hardisk.

Setelah melakukan itu kebanyakan komputer atau laptop sudah bisa di install kembali dengan normal. Namun saya tidak mau melakukan ini, karena ini sangat beresiko.

Bagaimana cara mengatasi masalah load driver a required cd/dvd drive device is missing yang aman dan mudah?

Ada dua cara yang berhasil saya gunakan untuk mengatasi masalah ini. Silahkan gunakan mana cara yang paling mudah dan cocok untuk kamu. Berikut panduan lengkapnya:

1. Mengubah boot mode

Cara ini saya lakukan setelah saya mengganti colokan usb namun tetap saja mengalami error load driver. Jadi sebelum melakukan cara ini, pastikan dulu kamu sudah melalukan cara yang paling mudah yaitu dengan menukar-nukar colokan usb flashdisk bootablenya. Setelah melakukan itu dan ternyata tetap tidak bisa. Silahkan coba cara saya ini yaitu dengan mengubah boot modenya.

Caranya silahkan masuk menu booting, kemudian pada menu boot jika yang semula legacy ubah ke UEFI begitu juga sebaliknya (jika semula UEFI ubah ke legacy. Setelah itu silahkan save pengaturannya (pastikan usb/cd bootable kamu sudah berada di paling atas sejak awal).
cara mengatasi load driver dengan mengubah menu boot

Begitu laptop menyala lagi pasti akan gagal masuk booting. Namun jangan panik karena memang seperti itu. Setelah itu silahkan matikan dan masuk ke menu booting lagi dan kembalikan boot modenya seperti semula saat sebelum diubah. Terakhir save pengaturannya dan berdoa supaya berhasil.

Cara ini tujuannya untuk memancing laptop agar bisa membaca bootable yang kita masukkan. Menggunakan cara ini saya berhasil menginstall windows 10 di laptop teman saya.

2. Install windows manual

Biasanya kita menginstall ulang windows dengan masuk ke menu booting, namun sebenarnya windows juga bisa diinstal manual layaknya aplikasi. Saya mencoba cara ini karena jengkel selalu gagal dan muncul error load driver.

Cara installnya juga mudah cukup jalankan setup.exe nya dan biarkan windows berjalan. Pada awalnya windows akan mengecek atau membuat persiapan sebelum penginstalan. Jika ada notifikasi licence term terima saja. Jika ada pilihan install update silahkan pilih yang do not intall update. Kemudian ikuti petunjuknya sampai selesai. Hal yang paling penting adalah pastikan kamu memilih keep my file (supaya data kamu tidak hilang).

Cara ini memakan waktu yang lebih lama daripada instal yang biasanya. Jadi silahkan bersabar jika menggunakan cara ini. Meskipun agak lama tapi saya berhasil menggunakan cara kuno ini.

Sebenarnya saya melakukan cara kedua terlebih dahulu. Karena saya tidak puas dengan cara kedua akhirnya saya iseng mencoba dengan cara yang pertama ternyata berhasil juga. Silahkan kamu pilih mana yang mudah dan cocok untuk mengatasi masalah load driver tersebut.

Jika cara itu juga tidak berhasil, saya masih punya cara lain yang mungkin berhasil. Namun saya belum menggunakan cara ini sehingga saya tidak tahu itu akan berhasil atau tidak. Caranya yaitu dengan convert hardisk ke tipe lain. Contohnya begini jika hardisk laptop kamu tipenya MBR coba convert ke GPT begitu juga sebaliknya. Untuk panduan convertnya silahkan baca di artikel cara mengatasi tidak bisa intall windows the selected disk has an MBR lihat pada point ke empat.

Sekian cara mengatasi masalah load driver a required cd/dvd drive device driver is missing saat install ulang windows. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada hal yang kurang jelas silahkan tuliskan di kolom komentar.

Advertisement

Load comments