Cara Menyembunyikan dan Memberi Password Folder di Windows 10 Paling Mudah

Menyembunyikan folder atau file dalam suatu perangkat komputer sudah menjadi tindakan yang harus dilakukan oleh kebanyakan orang saat ini. Penyebabnya tentu saja karena ada beberapa file yang bersifat privacy dan tidak boleh diakses oleh orang lain. Beberapa waktu lalu saya juga sudah membagikan cara untuk menyembunyikan folder paling ampuh di windows 10. Silahkan baca cara mengunci file atau folder di jamin aman. Jika pada artikel itu saya menggunakan bitlocker dan bantuan CMD, sekarang kita menggunakan aplikasi berekstensi bat dari notepad. Sangat simpel bukan?
cara menyembunyikan folder di windows 10 paling mudah

Sebenarnya menyembunyikan folder juga dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada suatu folder > propeties > kemudian centang bagian Hidden dan folder akan langsung tersembunyi. Namun cara ini kurang aman karena sangat mudah untuk dimunculkan kembali filenya oleh semua orang. Hanya perlu klik menu view > centang hidden items. Maka semua file yang disembunyikan tadi akan muncul kembali.

Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas cara lain yang lebih aman dan mudah dengan memanfaatkan software Notepad. Cara ini sangat saya rekomendasikan buat kamu yang tidak ingin ribet, atau masih awam dengan komputer. Silahkan simak berikut langkah-langkahnya.

1. Buka notepad, kamu bisa membukanya dengan menekan Win+R kemudian ketikkan "notepad" (tanpa tanda kutip) dan terakhir enter.

2. Setelah notepad terbuka, masukkan semua kode dibawah ini ke notepad.


cls
@ECHO OFF
title Folder Tersembunyi
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER

:CONFIRM
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder berhasil disembunyikan!
echo Buka file ini lagi untuk melihat folder.
echo ----------------------------------------
pause
goto End

:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
goto End

:UNLOCK
cls
echo UNLOCK PROCESS
echo Masukan Password untuk membuka folder
echo ----------------------------------------
set/p "pass= Password : 
if NOT %pass%==tedieka.com goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Ready
goto End

:FAIL
cls
echo .
echo Password Salah!
pause
goto unlock

:MDLOCKER
md Locker
echo Pengaturan selesai. 
echo Silahkan buka file ini lagi untuk menyembunyikan folder.
pause
goto End

:End

3. Perhatikan teks yang ditandai warna kuning, itu adalah teks password yang digunakan untuk memperlihatkan kembali folder yang disembunyikan. Kamu bisa memakai password apapun dengan kombinasi angka, simbol, tanda baca maupun huruf besar kecil (sensitif terhadap huruf besar dan kecil). Namun kamu tidak bisa menggunakan SPASI sebagai password.

4. Setelah mengubah password, silahkan save filenya menggunakan ekstensi .bat, disini sebagai contoh saya menamainya dengan kunci.bat. Kemudian ubah type filenya menjadi All Files (*.*), terakhir klik Save. Lihat gambar di bawah ini.
Cara mudah password folder di windows 10

5. Saat sudah selesai, buka file kunci.bat yang sudah kamu buat tadi dengan klik 2 kali pada file tersebut. Maka akan muncul popup dengan pesan bahwa pengaturan sudah selesai dan kemudian akan muncul folder baru dengan nama Locker.

6. Masukkan file atau folder apapun yang ingin kamu sembunyikan ke dalam folder Locker tersebut. Setelah itu buka file kunci.bat nya lagi untuk menyembunyikan folder Lockernya.

7. Untuk memunculkan kembali folder dan file yang disembunyikan tadi, kamu hanya perlu membuka file kunci.bat dan memasukan password yang sudah kamu tentukan di langkah ke-3 diatas.

Metode ini cukup ampuh karena folder yang disembunyikan tidak akan muncul ketika pengguna komputer mencentang show hidden items yang tersedia di toolbar File Explorer Windows 10.

Satu satunya kekurangan dari metode ini adalah orang lain bisa mengetahui password yang kita buat dengan mengedit file .BAT nya atau membukanya menggunakan notepad++. Namun menurut saya ini adalah cara yang mudah dan cukup aman untuk menyembunyikan folder dan memproteksinya menggunakan password.

Jika kamu ingin supaya file .bat-nya tidak bisa diedit atau dibuka, silahkan convert menjadi file exe. Banyak caranya bertebaran di internet silahkan di googling saja. Jika file exe terdeteksi virus, silahkan masukkan ke daftar pengecualian di antivirus kamu.

Sekian cara menyembunyikan dan memberi pasword folder di windows 10 paling mudah. Jangan sungkan untuk berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan.

Advertisement

Load comments