Rekomendasi Antivirus yang Ringan dan Ampuh Untuk Windows 10

Antivirus terbaik dan ringan merupakan salah satu pertimbangan dalam memilih sebuah antivirus. Karena tentu kita tidak mau jika laptop yang kita gunakan menjadi lambat gara-gara antivirus yang berat. Untuk windows 10, sebenarnya sudah ada antivirus bawaan windows berupa windows defender. Namun kebanyakan orang berpikir bahwa antivirus ini bukan yang terbaik.

Saya sendiri dari pertama mempunyai laptop sangat sering ganti-ganti antivirus. Antivirus seperti Avira, Avast, AVG, Kapersky, Vipre, Eset Smart Security, Bitdefender, Panda, dan Smadav semuanya sudah pernah saya jajal. Namun yang paling lama saya gunakan sebagai antivirus utama adalah vipre, eset, dan bitdefender. Sedangkan yang lainnya hanya rasa penasaran karena ingin mencoba-coba saja.

Baca juga: Cara mengatasi virus kapersky "Secure by Kapersky Internet Security".

Antivirus yang ringan dan bagus digunakan untuk windows 10


Jika kamu galau seperti saya dulu, bingung pilih antivirus mana yang bagus digunakan dan tidak terlalu berat untuk laptop. Berikut saya berikan gambaran lengkap dengan data-datanya untuk mebantu kamu menentukan pilihan.

Pernah dengar nama AV-Comparative?

Nama tersebut adalah nama organisasi independen yang kerjaannya mengetes software antivirus. Hampir semua antivirus terkenal mereka tes dan hasilnya bisa kamu lihat secara langsung dengan mengakses webnya di Antivirus Comparative.

Ada beberapa kategori yang diuji pada web tersebut. Untuk tahu antivirus mana yang ringan dan terbaik, parameter yang saya pilih adalah performance dan false detection (malware protection test).
antivirus performance tes terhadap sistem

Grafik di atas adalah data tentang performance tes (system impact score) dari beberapa aplikasi antivirus. Semakin tinggi nilainya maka antivirus tersebut mempunyai dampak yang tinggi terhadap sistem. Sedangkan jika semakin rendah itu artinya antivirus tersebut tidak berdampak besar terhadap performanca system. Dengan kata lain antivirus tersebut sangat ringan.

Kemudian coba lihat lagi data berikut ini.
Antivirus false detection malware

Berdasarkan kedua data di atas dapat disimpulkan bahwa antivirus yang ringan dan terbaik adalah Eset, Avast dan AVG. Hal yang buat saya gagal paham disini adalah microsoft windows defender berada di posisi terakhir pada sytem impact score. Padahal kan itu adalah antivirus built in yang seharusnya paling stabil.

Meskipun data di atas tidak terjamin 100% keakuratannya, namun setidaknya bisa menjadi referensi untuk kamu yang masih awam dalam hal memilih antivirus.

Menurut saya antivirus yang paling ringan adalah antivirus bawaan yakni windows defender. Kenapa? Karena microsoft yang menciptakan ekosistem, sudah pasti mecrosoft yang paling tahu aplikasi yang seperti apa yang bisa berjalan sempurna di ekosistemnya. Ada alasan lain mengapa saya kekeh menggunakan antivirus bawaan saja. Alasannya karena:
  1. Antivirus ini adalah antivirus default, jadi saya tidak perlu repot-repot harus menginstall aplikasi antivirus lain yang tentunya akan memakan memori laptop.
  2. Antivirus windows 10 up to date, sehingga saya tidak perlu khawatir terhadap kemampuannya.
  3. Antivirus ini bersifat flexibel. Artinya tidak sesensitif kayak avira, AVG, maupun Avast. Dimana jika mendeteksi file tanpa kompromi, bahkan jika itu bukan virus langsung dilibas habis. 

Kemudian jika kamu masih ragu, bisa tambahkan antivirus lapis kedua misal smadav. Kok smadav? Jangan anggap remeh smadav, meskipun buatan anak bangsa antivirus ini menurut saya adalah antivirus terbaik dalam hal virus flashdisk.

Dengan menggunakan kombinasi dua antivirus tersebut saya yakin laptop kamu sudah kebal terhadap virus. Namun jika masih ngotot ingin mengganti antivirus utamanya dengan antivirus yang lain. Saya sarankan menggunakan eset saja. Kenapa? Selain ukuran filenya yang kecil dan ringan, antivirus ini masih memiliki nilai toleransi serta false detection yang kecil.

Gimana sekarang sudah jelas kan? Silahkan tentukan pilihan kamu. Buat kamu yang mempunyai pengalaman menggunakan antivirus lain jangan lupa untuk berbagi di kolom komentar.

Advertisement

Load comments