Type something and hit enter

author photo
By
Status seorang mahasiswa dalam sebuah perguruan tinggi bisa dilihat langsung oleh siapa saja. Apakah dia masih berstatus aktif sebagai mahasiswa, sudah alumni atau justru sudah DO (drop out). Hal ini sangat berguna bagi orang tua di kampung jika anaknya kuliah merantau jauh. Terlebih lagi jika sang anak jarang memberikan kabar, ada kabar ketika minta uang saja. Untuk menghindari hal yang tidak dinginkan, orang tua bisa mengawasi perkuliahannya dengan mengecek status mahasiswanya. Syaratnya juga mudah, hanya perlu tahu nama dan universitas tempat anak tersebut kuliah.

Cara cek status mahasiswa ini berlaku jika perguruan tinggi tempat kuliah terdaftar di DIKTI. Perlu digaris bawahi perguruan tinggi yang terdaftar di DIKTI tidak hanya universitas saja, tetapi juga semua perguruan tinggi. Baik itu Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, dan Akademi Komunitas yang diakui keberadaanya oleh Kemristekdikti.

Untuk mengecek status mahasiswa ini kita menggunakan PDDIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). PDDIKTI ini adalah semacam database online semua perguruan tinggi di Indonesia. Termasuk data akreditasi, dosen, mahasiswa, program studi, penelitian dll. Makanya bagi siswa lulusan SMA yang ingin masuk kuliah saya sarankan mencari informasi tentang perguruan tinggi melalui PDDIKTI langsung. Bukan melalui data abal-abal yang ada di website non resmi. Untuk caranya silahkan baca cara memilih kampus yang tepat dan menilai kualitas sebuah perguruan tinggi.

Cara cek status mahasiswa aktif, alumni atau sudah DO (drop out)

Meskipun data ini adalah data real, namun ada juga kelemahannya. Kelemahannya adalah ada beberapa data yang tidak up to date. Karena PDDIKTI ini tergantung pada pelaporan perguruan tinggi, maka jika perguruan tingginya males otomatis data terbaru belum terupdate di database dikti. Langsung saja berikut cara untuk mengetahui status mahasiswa di sebuah perguruan tinggi.

1. Silahkan masuk ke halaman forlap ristekdikti.
2. Setelah terbuka, ada tiga kolom isian yang harus diisi yaitu nama perguruan tinggi, program studi, kata kunci (nama mahasiswa) dan pengaman (captcha). Silahkan diisi sesuai dengan data yang ingin di cari. Berikut ini adalah contohnya:
Cara cek status mahasiswa

3. Setelah diklik cari akan tampil pencarian nama yang dicari. Untuk mengetahui detail mahasiswa tersebut silahkan klik nama mahasiswanya. Maka selanjutnya kamu akan melihat profil mahasiswanya. Mulai dari status masuk, status mahasiswa apakah masih aktif, alumni atau sudah DO, jumlah sks (sistem kredit semester) yang diambil tiap semester, dan riwayat studi.

Informasi yang sangat berguna untuk orang tua selain status mahasiswa adalah jumlah sks tiap semester yang diambil oleh mahasiswa tersebut. Biasanya tiap semester perguruan tinggi membatasi dalam pengambilan sks paling tinggi adalah 24. 

Misalnya berdasarkan data PDDIKTI mahasiswa sudah menjalani perkuliahan selama 3 semester. Kemudian pada semester satu sks yang diambil adalah 24, semester dua 20, dan semester tiga 10. Maka orang tua wajib curiga, kenapa pada semester tiga sks yang diambil sangat sedikit dibandingkan semester sebelumnya. Sehingga berdasarkan pantauan itu, orang tua dapat mengawasi dan menegur apabila si anak lalai dalam kuliahnya.

Terkadang si anak sering lupa akan niatnya untuk menuntut ilmu ketika sudah merantau jauh dari orang tua. Karena mereka merasa sudah bebas, melakukan apa saja tanpa ada yang melarangnya. Terlebih lagi jika salah pergaulan dengan orang-orang yang hedon, dan sejenisnya. Maka tida bisa dipungkiri bahwa pengawasan dan komunikasi orang tua sangat penting.

Demikian cara cek status mahasiswa yang bisa dilakukan oleh orang tua atau siapa saja untuk mengetahui apakah mahasiswa tersebut masih aktif, sudah alumni atau justru sudah di DO.