Type something and hit enter

author photo
By

Banyak orang yang bertanya bagaimana cara menjadi orang sukses tanpa sekolah atau kuliah? Apakah bisa sukses tanpa ijazah? Apakah orang yang tidak berpendidikan bisa sukses? Pertanyaan itu selalu dikeluhkan oleh orang yang merasa minder karena mereka tidak mengenyam pendidikan tinggi. Jika saya yang ditanya apakah bisa menjadi orang sukses tanpa sekolah atau kuliah tentu saya jawab BISA. Karena semua orang mempunyai kesempatan untuk sukses.

Saya adalah salah satu orang yang percaya bahwa untuk menjadi sukses itu tidak harus sekolah atau kuliah, tapi kita harus belajar. Sekolah atau kuliah merupakan salah satu cara untuk belajar. Oleh karena itu kenapa pada judul di atas saya katakan bahwa menjadi orang sukses tanpa sekolah itu bisa dan banyak caranya. Karena orang yang sukses adalah orang yang mau belajar.


Cara sukses tanpa sekolah

Hanya saja biasanya orang yang sekolah mempunyai tingkat kesuksesan lebih besar dibandingkaan yang tidak sekolah. Kenapa demikian? Karena jika kita sekolah, kita akan dibiasakan dan dipaksa untuk berpikir. Sehingga mau tidak mau kita akan belajar. Sedangkan jika tidak sekolah, kebanyakan kita akan beranggapan bahwa belajar itu tidak penting. Sebagian orang masih berpikir asal bisa kerja untuk makan maka tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk belajar. Itulah alasan kenapa sekolah tetaplah sesuatu yang sangat penting.

Apa yang berperan penting dalam mendorong seseorang untuk bisa sukses?

Yang paling berperan penting adalah berani dan yakin untuk bekerja keras. Saya yakin kamu sering membaca kisah sukses tokoh-tokoh tertentu seperti Bob Sadino, Jack Ma dll. Setelah membaca kisah perjalanan mereka apa yang dapat kamu petik sebagai kunci suksesnya? Kuncinya hanyalah berani dan yakin untuk bekerja keras.

Bob sadino karena ingin kerja mandiri dia berani keluar dari kerjaannya dan kembali ke Indonesia. Ia kemudian membuka jasa taksi namun mengalami kecelakaan dan mobilnya rusak parah. Akhirnya dia menjadi kuli atau tukang batu. Dia sangat depresi waktu itu karena penghasilannya tidak cukup untuk membiayai hidupnya. Kemudian setelah itu, ia jualan serabutan hingga akhirnya buka usaha ayam dan sukses hingga sekarang karena keyakinannya untuk tidak menyerah.

Sedangkan Jack Ma pemilik ali baba, dulunya ia tidak pernah membayangkan bahwa ali baba akan menjadi sebesar ini. Bahkan di tiga tahun pertama menjalankan usahanya, dia tidak mendapatkan uang sepeserpun. Namun ia tetap berani ambil resiko dan yakin bahwa suatu saat usaha yang digelutinya akan sukses. Terbukti sekarang dia menjadi salah satu orang terkaya di asia. Semua itu tidak terlepas dari keberanian dan keyakinan mereka yang kuat untuk maju.

Apakah orang yang tidak berpendidikan (tanpa ijazah) bisa sukses?

Ijazah atau tingkat Pendidikan hanya mengantarkan orang ke tahap interview saja. Itupun jika kamu ingin menjadi seorang pegawai atau karyawan. Jika kamu tidak ingin jadi pegawai maka itu tidak dibutuhkan. Kamu bisa mengembangkan ketertarikanmu terhadap suatu bidang. Misal berbisnis, seni, dan sebagainya untuk dijadikan lahan pekerjaan. Yakinlah bahwa kamu mampu menciptakan rute kesuksesanmu sendiri. Silahkan baca hobi yang bisa jadi pekerjaan bergengsi.

Berikut saya berikan contoh orang yang sukses tanpa sekolah

  1. Susi Pujiastuti (kabarnya tidak lulus SMA tapi bisa punya dua perusahaan sendiri dan sekarang jadi menteri kelautan)
  2. Bob Sadino (lulusan SMA bisa sukses berbisnis)
  3. Hendy Setiono - Kebab baba rafi
  4. Jack Ma (pendiri eccommerce Alibaba group tanpa pernah sekolah IT)
  5. Andre Wongso (sekolah Dasar tidak tamat tapi bisa menjadi motivator nomor satu di Indonesia)
  6. Ady Suryadi (pembuat template blogger yang terkenal tanpa pernah sekolah koding)

Pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh orang tidak sekolah yang memungkinkan sukses?

  1. Wirausahawan di bidang kerajinan (kayu, bambu, dll)
  2. Merintis bisnis sendiri/jualan layaknya Bob Sadino
  3. Penulis/sastra
  4. Produksi lagu (buat kamu yang hoby nyanyi)
  5. Jadi Vlog/Blogger (Banyak Vlog atau Blogger yang pendapatannya ratusan juta perbulan)
  6. Dll
Semua pekerjaan juga bisa dilakukan meskipun tanpa sekolah, asal mau belajar dan memiliki keberanian serta keyakinan yang kuat. Sukses tidak bisa didapat secara instan, jadi kalau kamu mengalami kegagalan itu wajar. Karena kegagalan juga bagian dari belajar.

Cara menjadi orang sukses meskipun tanpa sekolah

Manusia pada dasarnya adalah makhluk peniru. Mereka mengamati alam di sekitarnya untuk belajar. Oleh karena itu kamu harus melihat banyak referensi untuk benar-benar menjadi peniru kreatif bukannya penjiplak. Sama halnya dengan teknik menulis, dalam teknik menulis ada istilah KTP (kumpulkan, tingkatkan, kemudian promosikan). Sedangkan untuk membangun sebuah usaha supaya bisa sukses, ada beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan yaitu:

1. Tentukan apa yang kamu inginkan

Buat gambaran yang jelas seperti apa yang kamu inginkan? apa saja persiapannya?  Sampai ke bagaimana cara mendapatkannya.

2. Jangan malu untuk belajar ke orang lain karena hidup adalah proses pembelajaran

Tidak ada pengetahuan yang tak berguna. Setiap ada orang sukses yang kamu kenal cobalah bertanya ke mereka. Biasanya pengalaman mereka akan sangat membantu kamu dalam mengembangkan usaha nantinya. Lebih baik belajar langsung ke orang yang berpengalaman daripada belajar sendiri secara teori.

3. Jangan lupa membangun hubungan yang baik dengan siapapun

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita sebagai manusia tetap membutuhkan bantuan orang lain. Bersikap baik dengan siapapun agar orang lain juga baik dengan kita. Istilahnya banyak teman banyak rejeki.

4. Optimis/seyakin yakinnya dan jangan takut ambil resiko

Kunci kita dalam melakukan sesuatu adalah adalah keyakinan. Semakin kuat keyakinan maka akan semakin besar peluang kita akan berhasil. Jika kita ragu-ragu dan tidak berani ambil resiko maka kita akan selamanya tidak berkembang.

Kesimpulan

Berdasarkan semua cara untuk sukses di atas jika diringkas istilah kerennya adalah POTA (pilih, observasi, tiru, action). Pertama pilih apa yang kamu inginkan, apa yang akan kamu lakukan. Kemudian observasi dengan cara belajar ke orang lain (minta pengalaman orang tersebut). Setelah observasi, tiru (apapun yang bisa kamu tiru (bukan jiplak). Terakhir lakukan action dengan optimis seyakin-yakinnya.

Ingat orang sukses itu membuat lapangan pekerjaannya sendiri bukan numpang dengan orang lain. Khususnya buat kaum milenial, jangan selalu mengeluh dengan pekerjaan. Berpikir bahwa kamu tidak memiliki apa-apa, ingat kata Jack Ma "aset terbesar kita adalah bahwa kita masih muda".