Skip to main content

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD (Memori Eksternal) di Ponsel Android

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD ini bermanfaat saat kondisi memori internal android kita sedang penuh. Memori yang penuh sudah pasti akan menyebabkan kinerja android menjadi lambat. Oleh karena itu cara untuk mengatasinya hanya ada dua pilihan yaitu aplikasinya dipindahkan atau dihapus. Jika ingin dipindahkan, cara untuk memindahkannya juga ada dua baik itu secara root maupun tanpa root. Berikut penjelasan lengkapnya!
cara memindahkan aplikasi ke kartu SD

Smartphone low-end sangat rentan terhadap masalah memory penuh. Padahal isi memori tersebut hanya instalan beberapa aplikasi saja, tidak termasuk file yang kita download dan lain-lain. Sebenarnya untuk mengatasi memori android penuh bisa dengan cara hapus penyimpanan atau chace aplikasi. Namun itu sangat tidak efisien, belum lagi setiap kita hapus data aplikasi pasti kita akan diminta login ulang. Sangat merepotkan bukan?

Ada tidak cara supaya aplikasi yang kita install itu bisa di pindah ke memori eksternal ?


Tentu ada, seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa kita bisa memindahkan aplikasi yang diinstal ke kartu SD dengan dua cara. Cara pertama tanpa root dan cara yang kedua harus melakukan root. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD tanpa Root


Cara tanpa root yang benar-benar berhasil adalah menggunakan tool bawaan smartphone. Beberapa jenis ponsel android biasanya menyediakan pilihan untuk memindahkan penyimpanan ke kartu SD. Smartphone yang menyediakan fitur ini contohnya adalah Sony. Berikut langkah-langkah jika Anda menggunakan ponsel Android Sony:
  1. Masuk ke setting
  2. Klik Aplikasi
  3. Kemudian akan muncul daftar aplikasi yang diinstal, silahkan pilih salah satu aplikasi yang ingin dipindah. Terakhir klik Pindahkan ke kartu SD.

Selain menggunakan tool bawaan smartphone, kita juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Silahkan download aplikasi AppMgr III di playstore
  2. Setelah terinstall buka aplikasinya, maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD, terlebih dahulu memori tersebut harus diformat sebagai memori internal. Pastikan tidak ada file penting dalam kartu memori tersebut. Silahkan ikuti panduannya pada video berikut ini.
youtube image


Namun jika cara itu juga tidak berhasil, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk mengatasi memori internal yang penuh.

1. Manfaatkan memori internal hanya khusus aplikasi.
2. Mematikan aplikasi yang tidak penting, sehingga penggunaan memorinya menjadi lebih rendah.
3. Menghapus data dan cache setiap aplikasi.
4. Sebaiknya jangan terlalu banyak menginstall aplikasi jika spesifikasi smartphone rendah.
5. Meskipun dengan memindahkan aplikasi ke SD card bisa menambah memori kosong, tetapi kinerja ponsel tidak akan bertambah (tetap lemot)  jika terintall banyak aplikasi. Karena memori RAM yang Anda miliki tidak cukup untuk menjalankan itu semua.

2. Memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan cara root Android


Cara ini adalah cara terakhir untuk memindahkan aplikasi supaya memori internal tidak penuh. Saya sarankan sebelum melakukan cara ini pertimbangkan secara matang. Karena proses root akan menghapus garansi ponsel Android kamu. Selain itu, hal ini bisa saja membuat ponsel justru tidak stabil. Silahkan lakukan riset secara mendalam sebelum memutuskan untuk melakukan root. :D

Namun jika ponsel android yang kamu miliki sudah di root, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Contohnya saja menggunakan aplikasi Link2SD. Silahkan install dan jalankan aplikasi ini, penggunaanya juga sangat mudah.

Perhatian: Cara ini mungkin justru bisa memindahkan aplikasi bawaan ke kartu SD. Namun perlu diketahui juga bahwa melakukan itu mungkin saja bisa mengakibatkan aplikasi tersebut mengalami masalah saat kamu menjalankannya.

Demikian artikel tentang cara memindahkan aplikasi ponsel android ke kartu SD. Jika kamu mempunyai pengalaman yang berbeda silahkan berbagi, dan juga juga jangan sungkan untuk berdiskusi di kolom komentar.
author photo Published by:
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TediEka.com

Tambahkan aplikasi TediEka di smartphone tanpa install, buka TediEka dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon titik tiga di browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TediEka dari layar utama smartphone Anda.