Skip to main content

Cara Mengaktifkan dan Menikmati Mode Gelap Google Chrome di Windows 10

Mode gelap akhir-akhir ini memang sering menjadi tren tampilan user interface aplikasi. Mode gelap pertama kali dikenalkan oleh linux, kemudian akhirnya sekarang windows juga menyediakan mode gelap. Sehingga mau tidak mau aplikasi browser juga ikut menyediakan mode ini. Mulai dari microsoft edge, mozilla firefox dan kini google chrome juga rumornya sedang mengembangkan mode gelap yang akan dirilis di versi chrome selanjutnya.

Banyaknya antusias pengguna yang menyukai dark mode ini adalah alasanya. Tidak bisa dipungkiri tampilan gelap memang sedikit nyaman di mata, meskipun itu tergantung lagi dari kombinasi warna selanjutnya. Seperti mode dark dalam windows 10, saya merasa kombinasi warna untuk tampilan folder di windows explorer sangat buruk. Terkesan kaku dan merusak mata. Namun ketika masuk ke menu pengaturan, disini baru terasa mode gelapnya sangat nyaman. Karena ada kombinasi shadow yang ciamik (fluent design).

Langkah-langkah untuk mengaktifkan mode gelap di google chrome


Meskipun ini hanyalah trik sederhana, namun ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang pengen merasakan pengalaman menggunakan dark mode di chrome. Untuk mencoba mode gelapnya silahkan ikuti langkahnya berikut.
  1. Silahkan download Google Chrome Canary.
  2. Kemudian install dan pastikan shorcutnya ada di dekstop.
  3. Klik kanan pada shorcut tersebut, dan pada bagian target tambahkan kode  -force-dark-mode.
  4. Klik apply dan ok untuk menyimpan perubahannya.

Hasil penampakannya mode gelapnya akan seperti gambar berikut:
cara mengaktifkan mode gelap google chrome

Jika kamu gagal meyimpan perubahannya pastikan untuk memberikan spasi pada kode target seperti ini ...chrome.exe" -force-dark-mode.

Sebenarnya untuk pengguna google chrome 71 atau yang lainnya juga bisa menggunakan mode gelap ini. Hanya saja caranya masih menggunakan bantuannya aplikasi ekstensi. Silahkan install ekstensinya ada dua yaitu morpheon dark dan dark night mode. Perlu diketahui jika menggunakan ekstensi dark night mode, semua halaman web yang dibuka akan tampil dark (hitam). Sedangkan morpheon dark hanya sebatas pada tampilan browser dan halaman pencariannya saja.

Sepertinya google juga akan mengimplementasikan mode gelap browser ini untuk platform lain termasuk windows 7 dan yang lebih lama. Semoga saja mode gelap yang ada di google chrome sama baiknya dengan yang ada di microsoft edge, kalau bisa mungkin lebih baik lagi.


Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TediEka.com

Tambahkan aplikasi TediEka di smartphone tanpa install, buka TediEka dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TediEka dari layar utama smartphone Anda.