Type something and hit enter

author photo
By
Permasalahan IDM yang tidak muncul sering terjadi saat kita menggunakan google chrome. Penyebabnya bisa karena banyak faktor. Misal jika sebelumnya IDM tersebut normal, dan tiba-tiba saat memutar video tombol IDMnya tidak muncul. Hal itu bisa saja terjadi karena kesalahan konfigurasi atau IDMnya yang sudah kadaluarsa alias jadul. Selain itu bisa juga karena memang IDMnya yang error.
Tombol IDM tidak muncul otomatis saat memutar video

IDM adalah salah satu alat penting yang wajib ada jika Anda hobi mendownload film atau video tertentu. Karena alat ini mampu terintegrasi secara otomatis dan membuat kecepatan download menjadi sangat cepat. Selain itu, kita juga bisa menjeda sementara kemudian melanjutkan kembali file yang didownload dengan mudah.

Namun jika kondisi IDM tersebut tidak bisa muncul secara otomatis, tentu akan mempersulit kita ketika ingin mendownload sesuatu. Misalnya kita ingin mendownload video dari youtube menjadi tidak bisa karena tombol idmnya tidak mau muncul. Padahal sebelumnya hanya perlu klik tombol IDM maka video akan otomatis terdownload.

Biasanya penyebab umum IDM yang tidak mau muncul secara otomatis saat memutar video adalah karena laptop tidak di matikan alias hanya di sleep. Sehingga begitu digunakan extensi IDM tidak bisa terkonfigurasi dengan baik.

Solusi IDM tidak muncul secara otomatis saat memutar video


Jika Anda mengalami masalah seperti ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasinya:
  1. Pastikan IDM yang terinstall adalah yang terbaru (minimal ekstensinya bisa terintegrasi dengan baik pada browser google chrome, mozilla firefox dan microsoft edge). Karena IDM yang lawas biasanya tidak bisa terintegrasi dengan baik pada browser terbaru.
  2. Jika Anda sudah menggunakan IDM terbaru dan sebelumnya IDM bisa muncul secara otomatis ketika memutar video. Silahkan klik titik tiga pada google chrome > more tolls > extensions. Atau copy kemudian paste perintah berikut pada tab pencarian google chrome chrome://extensions/ kemudian tekan enter.
  3. Akan terbuka tab extensi, kemudian nonaktifkan sementara extensi IDM setelah itu aktifkan kembali. Hal ini bertujuan untuk memancing agar extensi IDM bisa muncul secara otomatis.
  4. Sekarang coba reload kembali video yang Anda putar. Seharusnya tombol IDMnya sudah muncul.

Itulah solusi untuk mengatasi tombol IDM yang tidak muncul ketika memutar video. Sedangkan jika kasusnya karena IDM yang error, silahkan download IDM terbaru kemudian uninstall secara full IDM yang lama (yang terinstall di komputer). Setelah berhasil uninstall, restart komputer Anda. Kemudian install kembali IDM yang terbaru.

Untuk install extensi idm pada browser silahkan ikuti langkah berikut:
  • Jika menggunakan google chrome: buka browsernya > akan ada pemberitahuan install extensi diujung kanan browser. Silahkan pilih install.
  • Jika menggunakan browser mozilla firefox: Caranya sama dengan google chrome.
  • Jika menggunakan browser microsoft edge: Silahkan ikuti panduannya cara instal ekstensi idm di microsoft edge.