Skip to main content

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Karena Antivirus

Ternyata file yang dihapus oleh antivirus tidak hanya file aplikasi saja. File dokumen biasa atau file lain yang dicurigai mengandung virus bakalan dihajar juga. Ironisnya ada yang sampai dihapus secara sepihak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Kenapa hal ini bisa terjadi?

File di flashdisk yang terhapus oleh antivirus terutama untuk file dokumen itu sebenarnya jarang terjadi. Hal yang paling sering terjadi adalah file dokumennya berubah menjadi file aplikasi yang bertipe exe. Dengan kata lain, virus mencoba untuk menyembunyikan file asli dengan menampilkan duplikat file yang hilang dengan ekstensi aplikasi.
Cara mengembalikan file flashdisk terhapus

Sehingga jika keadaanya seperti itu, maka sudah pasti jika discan menggunakan antivirus file tersebut akan terdeteksi sebagai virus. Lebih parahnya lagi beberapa antivirus akan menghapus langsung file ini. Antivirus yang melakukan ini biasanya adalah smadav, avira dll. Semua antivirus masih mungkin untuk mengalami false detection terhadap virus. Sehingga file yang dicurigai sebagai virus tersebut akan langsung dilibas tanpa pemberitahuan.

Jika kamu mengalami file yang hilang karena terhapus oleh antivirus silahkan lakukan cara berikut ini.

Cara mengembalikan file yang terhapus oleh antivirus


#1 Kondisi Pertama: File yang terhapus hanya file duplikat bukan file asli.


Jika file yang terhapus hanya file duplikatnya saja, cukup mudah untuk mengembalikan file aslinya. Cara yang paling mudah dan cepat adalah menggunakan CMD. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Klik pencarian windows, kemudian ketikkan CMD jika keluar hasilnya maka klik kanan dan pilih run as administrator.
  2. Masuk ke drive flashdisk yang hilang (simbol huruf yang menandakan letak memori). Misal letaknya berada di H. Maka ketikkan "H:" (tanpa tanda petik).
  3. Kemudian ketikkan lagi perintah attrib -s -h *.* /s /d dan enter.

Jika masih bingung silahkan baca cara mengembalikan file di flashdisk yang hilang. Perhatikan pada nomor 2 dari artikel tersebut. Biasanya penyebab file ini hilang dan terhapus oleh antivirus adalah virus shorcut. Silahkan baca cara menghapus virus shorcut di flashdisk secara permanen.

Kamu juga bisa menggunakan perintah lain untuk mengembalikan file tersebut. Setelah membuka CMD silahkan ketikkan attrib -s -r -h -a F:*.* /s /d. Ganti huruf F dengan lokasi drive flashdisk kamu.

#2 Kondisi Kedua: File benar-benar terhapus


Jika menggunakan cara pada kondisi pertama di atas tidak berhasil. Itu artinya file yang di flashdisk sudah benar-benar terhapus. Meskipun filenya tidak benar-benar terhapus, tetap saja cara mengembalikannya tidak semudah cara pertama. Selain itu tidak ada jaminan file tersebut bisa kembali normal.

Cara mengembalikannya sama halnya dengan cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen. Kita wajib menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa menggunakan aplikasi easeUS data recovery atau menggunakan Recuva. Silahkan baca cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk maupun flashdisk. Cara menggunakan kedua aplikasi tersebut sudah lengkap saya tulis di sana beserta videonya.

Sekian artikel singkat tentang cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk karena antivirus. Semoga bermanfaat!
author photo Published by:
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TediEka.com

Tambahkan aplikasi TediEka di smartphone tanpa install, buka TediEka dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon titik tiga di browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TediEka dari layar utama smartphone Anda.