Skip to main content

Cara Nonaktifkan Layanan Aplikasi Tidak Berguna yang Membuat Komputer Lambat (Khusus Windows)

Banyak pengguna komputer atau laptop yang mengeluh tentang performanya yang sekarang menjadi lambat. Padahal menurutnya, dahulu laptop tersebut terasa lebih cepat dari yang sekarang. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Hal tersebut terjadi karena terlalu banyak layanan yang aktif namun tidak digunakan.

Pada kondisi masih baru diinstall, laptop terasa sangat ringan bahkan menjalankan program berat sekalipun. Hal itu karena tidak banyak layanan yang berjalan di sistem operasi windows yang digunakan. Kemudian setelah beberapa bulan digunakan perubahan performa itu sangat terasa. Bahkan saat dipakai untuk membuka browser untuk sekedar browsing saja selalu lambat atau bahkan not responding.

Kenapa layanan aplikasi tersebut harus dinonaktifkan? Bukannya jika kita tidak membukanya tidak masalah?

Ya, secara garis besarnya memang begitu. Namun ada pengecualian untuk beberapa program ketika sudah diinstall langsung otomatis aktif layanannya di latar belakang sejak start up windows. Padahal sebenarnya layanan tersebut tidak sedang digunakan. Hal ini lah yang akan membuat performa komputer menurun. Terlebih lagi jika spesifikasi laptop/komputer tersebut hanya standar. Sudah memori RAMnya kecil, kemampuan processor pas-pasan ditambah buka aplikasi yang lumayan berat plus semua layanan yang tidak berguna aktif, bisa bayangkan sendiri apa jadinya kan?

Saya tidak tahu komputer, saya takut kalau nanti terjadi error?

Jika kamu seorang pengguna laptop atau komputer, tidak ada alasan untuk tidak tahu masalah komputer. Sudah kewajiban untuk tahu minimal cara merawatnya. Sama saja dengan kasus seorang blogger. Jika kamu seorang blooger, mau tidak mau kamu harus tahu masalah template dan seubrek kodenya yang membingungkan. Minimal harus tahu apa kegunaan dari beberapa baris kode yang ada di template tersebut.

Apa saja layanan aplikasi tidak berguna yang bisa dinonaktifkan sehingga komputer saya menjadi lebih cepat?


1. Nonaktifkan layanan aplikasi di start up windows


Pernah mengalami booting windows yang lama? Itu adalah salah satu efek dari banyaknya layanan aplikasi yang aktif saat start up (windows baru dinyalakan). Saat kita menginstall aplikasi terkadang ada beberapa layanannya yang langsung berjalan saat windows dijalankan. Padahal sebenarnya biar dimatikan pun tidak ada masalah. Kecuali jika aplikasi itu memang penting seperti antivirus, IDM, grafis dll yang memang butuh aktif secara real time. Jika layanan tersebut tidak penting sebaiknya di nonaktifkan saja. Untuk cara menonaktifkannya silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut:
  1. Tekan tombol Win+R secara bersamaan.
  2. Kemudian ketikkan msconfig
  3. Akan terbuka kotak dialog baru, pilih Selective Startup.
  4. Kemudian klik menu Startup > dan klik lagi Open Task manager.
  5. Kemudian pilih program yang akan kamu nonaktifkan. Untuk nonaktifkan hanya perlu klik kanan dan pilih disable. Contohnya berikut beberapa program yang saya matikan saat startup.
Cara disable program saat start up windows
Intinya nonaktifkan semua layanan program yang tidak diperlukan aktif realtime begitu komputer dinyalakan. Jangan lupa setelah selesai klik OK untuk menyimpan perubahannya pada System configuraion.

2. Uninstal aplikasi yang tidak tidak jelas apa fungsinya


Apakah aplikasi yang terinstall dan tidak digunakan bisa memperlambat windows meskipun layanan di startup-nya sudah dimatikan?

Secara tidak langsung memang tidak berpengaruh, tapi hal itu juga hanya akan membuat memori local disk c kita penuh. Memori yang seharusnya bisa digunakan untuk menyimpan beberapa dokumen jadi terbuang sia-sia. Maka dari itu sebaiknya hapus saja aplikasi yang tidak pernah digunakan lagi. Misal seperti antivirus yang terinstall secara tidak sengaja, aplikasi lawas, aplikasi yang sudah rusak, aplikasi pencari driver, dan beberapa program tidak jelas lain yang teinstall secara tidak sengaja.

Jika ingin uninstall secara bersih, gunakan revo uninstaller. Pilih advance scan, hanya saja prosesnya mungkin agak lama.

3. Buang ekstensi browser yang tidak berguna


Hal lain yang perlu dinonaktifkan supaya kinerja windows ringan saat browsing adalah ekstensi browser. Hal ini jangan hanya dinonaktifkan, kalau perlu hapus saja jika tidak penting. Pernah saya lihat seorang teman mengeluh laptopnya selalu not responding saat membuka internet. Setelah saya lihat ternyata browsernya kotor (banyak ekstensi tidak penting terinstall).

Coba sekali kali nanti cek ekstensi browser yang sering digunakan. Jika ada ekstensi yang mencurigakan atau tidak diketahui fungsinya segera hapus.

Jika kamu melakukan ketiga hal di atas, saya yakin pasti laptop atau komputer kamu akan terasa lebih ringan dari biasanya.
author photo Published by:
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TediEka.com

Tambahkan aplikasi TediEka di smartphone tanpa install, buka TediEka dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon titik tiga di browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TediEka dari layar utama smartphone Anda.