Skip to main content

EaseUS Data Recovery Free: Solusi Ampuh untuk Mengembalikan File atau Data yang Hilang [Tested]

Saya yakin Anda tidak asing lagi dengan aplikasi ini. EaseUS data recovery adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengembalikan file atau data yang hilang. Baik itu hilang karena terhapus, terformat atau karena penyebab lainnya. Menurut saya secara kemampuan aplikasi ini sangat ampuh dalam mengatasi masalah file hilang, apalagi jika hanya terhapus permanen. Hal itu bisa dikembalikan dengan mudah hanya menggunakan beberapa langkah saja.

Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah data hilang masih menjadi momok bagi sebagian orang. Karena mereka beranggapan bahwa data yang hilang atau terhapus itu benar-benar sudah lenyap. Nyatanya tidak demikian, data yang sudah terhapus permanen sekalipun tidak benar-benar terhapus dan masih bisa dikembalikan seperti semula. Salah satu caranya yaitu menggunakan aplikasi EaseUS data recovery wizard free ini.

Sebenarnya tidak hanya versi free saja, aplikasi EaseUS data recovery mempunyai empat jenis license.
  1. Free license
  2. Pro
  3. Pro+WinPE
  4. Technician

Semua license di atas mempunyai kemampuan yang sama dalam mengembalikan file yang hilang. Hanya saja versi free hanya dapat mengembalikan data sebesar 500Mb. Namun Anda dapat mengupgrade kapasitas itu hingga 2GB dengan cara klik tombol share pada software, kemudian silahkan share melalui facebook atau twitter. Selain itu ada juga fitur khusus yang hanya ada pada versi pro+WinPE yaitu fitur mengembalikan OS yang crash.

Lantas apa saja fitur lengkap yang ada pada EasyUS Data Recovery Wizard ini?


Secara umum saya lihat mereka menawarkan banyak sekali fitur. Bahkan mereka mengklaim mampu mengembalikan data yang hilang dalam berbagai situasi. Baik itu karena terhapus permanen, kesalahan pemformatan, kehilangan partisi, OS yang crash, serangan virus dan kehilangan data akibat hal lainnya. Berikut daftar fitur lengkap yang ada di EaseUS Data Recovery Wizard free.
  1. Memulihkan file akibat terhapus secara tidak sengaja atau terhapus secara permanen.
  2. Memulihkan data akibat memformat memori penyimpanan.
  3. Memulihkan partisi yang hilang.
  4. Memulihkan data pada hard drive yang rusak.
  5. Memulihkan data akibat serangan virus.
  6. Memulihkan OS yang crash.
  7. Memulihkan partisi yang berubah menjadi RAW.

Selain fiturnya yang beragam, jenis file yang dapat di pulihkan dengan aplikasi ini juga cukup banyak. Hampir semua jenis file mereka klaim mampu diatasi dengan aplikasi ini. File seperti dokumen, video, email, gambar, audio dan file lainnya. Silahkan lihat pada gambar berikut untuk detail lengkap jenis filenya.
Jenis file yang support EaseUS Data Recovery
Jenis file yang didukung EaseUS Data Recovery Wizard Free

Seberapa hebat aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard dalam mengembalikan data yang hilang? Apakah benar aplikasi tersebut adalah aplikasi recovery data terbaik?


Aplikasi recovery data yang bagus adalah aplikasi yang dapat mengembalikan data secara aman dan mudah. Namun keandalan juga menjadi faktor penting dalam penentuan apakah aplikasi ini adalah yang terbaik.

Sebelumnya saya juga pernah menggunakan aplikasi EaseUS ini. Silahkan Anda lihat pada artikel saya sebelumnya tentang cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk atau flashdisk. Pada artikel itu saya hanya menggunakan sebagian fungsi EaseUS data recovery. Sedangkan pada artikel ini, saya akan coba buktikan seberapa tangguh aplikasi ini untuk mengatasi permasalahan data hilang yang katanya bisa mengembalikan data dalam berbagai kondisi dan juga jenis file. Jika Anda ingin menggunakan aplikasinya silahkan download EaseUS Data Recovery Wizard Free langsung pada website aslinya.

Untuk menguji kemampuannya saya menggunakan bahan berikut:
  1. Audio: File MP3.
  2. DOC: File Word, Excel, PDF, TXT, HTML.
  3. Graphic: File JPEG, PNG, BMP, dan CDR.
  4. Video: MP4 dan MKV.
  5. Other: File ISO dan Winrar.

Ada beberapa kondisi yang saya uji yaitu memulihkan file yang terhapus permanen, memulihkan file yang terformat dan memulihkan file pada memori yang rusak. Untuk pengujian fungsi lainnya tidak saya lakukan karena saya tidak mempunyai bahannya.

#1 Pengujian pertama yaitu mengembalikan data yang hilang karena terformat. 

Setelah pengujian menggunakan 5 tipe file di atas, berikut hasil yang saya dapatkan:
  • File Gambar: Bitmap
  • File Audio: MP3
  • File DOC: PDF, Excel, dan 2 Word
  • File Video: MP4

Hasilnya hanya ada beberapa file yang bisa saya kembalikan lagi. Menurut saya hal ini karena kebanyakan nama file akan berubah jika memori terformat. Sehingga kita harus mencarinya satu persatu file tersebut di antara banyak data. Jika Anda teliti mencarinya, pasti akan mendapatkan file tersebut.

#2 Pengujian kedua yaitu mengembalikan file yang terhapus permanen

Metode yang saya lakukan adalah menghapus 5 tipe file yang saya jadikan bahan di atas. Kemudian saya mencoba mengembalikannya lagi. Hasilnya setelah saya melakukan recovery data menggunakan EaseUS data recovery ternyata 100% file yang sebelumnya terhapus permanen, bisa kembali lagi secara utuh.

#3 Pengujian ke tiga (saya lupa memasukkannya ke video) yaitu mengembalikan file pada memori yang rusak.

Sebelumnya saya tidak tahu ada berapa file dalam memori yang saya gunakan. Jenis kerusakan pada memori yang saya gunakan adalah tidak bisa terbuka di windows (hanya terbaca saja tapi tidak bisa dibuka). Karena saya penasaran akhirnya saya iseng-iseng untuk mencoba mengembalikan datanya menggunakan EsaeUS ini. Berikut hasilnya:
Mengembalikan data yang hilang dengan esaeUS Data Recovery

Dapat Anda lihat pada gambar di atas, masih ada beberapa data yang bisa diselamatkan. Padahal memori tersebut sudah lama tidak digunakan karena error tidak bisa dibuka.

Jika Anda penasaran dengan cara saya melakukan tes silahkan tonton video berikut ini.
youtube image


Kesimpulan:


Harga Fitur Kemampuan Penggunaan
Lumayan Lengkap Sangat bagus Sangat mudah

Kekurangan: File yang diformat kebanyakan tidak bisa dikenali langsung dengan nama filenya. Selain itu kadang bercampur dengan file yang lain sehingga cukup susah dicari.
Kelebihan: File yang sudah lama terhapus di fd dan sudah teformat berkali-kali ada yang masih bisa dikembalikan.

Berdasarkan pengalaman saya mencoba aplikasi ini. Ini adalah salah satu aplikasi yang sangat saya rekomendasikan. Apapun penyebab data Anda yang hilang, coba terlebih dahulu atasi dengan aplikasi ini.

Warning:
Sebaiknya jika ingin recovery file yang terletak di sistem (disk C pada windows), ubah terlebih dahulu instalan booting windows ke partisi yang lain. Karena kalau tidak biasa windowsnya akan rusak (gagal boting).

Tips:
Tingkat keberhasilan dalam mengembalikan file yang hilang terkadang bisa berbeda. Hal ini tergantung juga pada kondisi memori dan file yang hilang tersebut. Jika file yang hilang sudah lama terhapus dan memorinya sudah digunakan untuk menulis data berkali-kali. Otomatis tingkat keberhasilannya akan semakin kecil. Jadi sekali lagi saya ulangi, jika data Anda hilang sebaiknya jangan gunakan terlebih dahulu disk penyimpanan data itu supaya tidak terjadi overwrite data.
Published by:
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar