Type something and hit enter

author photo
By
Menurut saya camtasia adalah salah satu aplikasi terbaik untuk membuat video tutorial. Karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur edit videonya yang super lengkap. Selain itu cara menggunakannya juga tidaklah susah. Meskipun Anda seorang pemula seklaipun, saya yakin membuat video yang keren bisa Anda lakukan dengan aplikasi ini.

Aplikasi Camtasia yang saya gunakan adalah Camtasia 8. Namun biasanya antara versi satu dengan yang lain tidak jauh berbeda baik dari segi fungsi dan tampilannya. Pada tutorial ini akan saya jelaskan dari awal sampai proses export menjadi video yang siap dipublish. Jadi saya asumsikan Anda sudah menginstall aplikasi ini.

Tampilan Awal Camtasia
Tampilan awal camtasia

Keterangan:
  1. Untuk merekam screen monitor laptop.
  2. Untuk import media baik itu video, musik dll.
  3. Daftar project video yang pernah di buat menggunakan aplikasi ini.
  4. Tutorial penggunaan camtasia.

Sebenarnya tutorial penggunaan camtasia ini sudah ada dan bisa dipelajari secara detail pada nomor 4 gambar di atas. Namun terkadang manusia itu malas mencari jarum di atas tumpukan jerami. Oleh karena itu saya membuatkan tutorial ini untuk merangkum semua fungsi penting yang sering saya gunakan ketika mengedit video dengan Camtasia. Langsung saja berikut tutorial camtasia secara lengkap.

Tutorial menggunakan Camtasia Lengkap A-Z


Cara untuk merekam layar monitor laptop dengan Camtasia


Camtasia adalah aplikasi yang digunakan untuk merekam layar monitor. Biasanya aplikasi ini banyak digunakan oleh orang yang membuat video tutorial. Selain itu camtasia tidak hanya menyediakan fitur untuk merekam layar saja. Fitur untuk mengedit videonya juga disediakan lengkap. Berikut cara menggunakan camtasia untuk merekam layar monitor.

1. Silahkan pilih nomor 1 pada gambar tampilan awal camtasia di atas, yang bertuliskan Record the Screen. Kemudian akan tampil seperti gambar berikut.
Cara merekan layar menggunakan camtasia

Keterangan:
  1. Pastikan dimensi area yang direkam sesuai dengan yang kamu inginkan. Biasanya camtasia akan secara otomatis mengaturnya sesuai dengan resolusi laptop.
  2. Webcam, jika ingin menggunakan camera laptop maka silahkan aktifkan dengan mengklik ikon yang terdapat tanda silang merahnya.
  3. Merekam Audio, sama halnya dengan webcam. Jika ingin mengaktifkannya silahkan klik langsung pada ikon audionya.
  4. Record, klik record jika ingin mulai merekam layar monitor.

2. Untuk berhenti silahkan klik Stop, dan jika ingin berhenti sejenak tekan pause serta delete untuk menghapus hasil rekaman.
Cara merekan layar menggunakan camtasia 2

3. Terakhir silahkan klik Save & Edit.


Cara mengedit video di Camtasia


Cara ini bertujuan untuk membuat video tutorial yang kita rekam sebelumnya menjadi lebih bagus. Aplikasi Camtasia sudah menyediakan semua tool yang mudah untuk membuat video Anda semakin menarik. Berikut tutorial lengkapnya.

Ini adalah salah satu contoh video tutorial yang saya buat dengan Camtasia.
youtube image


Berikut ini adalah cara membuat atau mengedit videonya:

Catatan:
Untuk memutar (play dan pause) videonya di aplikasi camtasia, gunakan tombol spasi.

Memotong video di Camtasia

Tentunya video hasil rekaman layar monitor tidak 100% kita tampilkan semua. Misalnya ketika komputer mengalami loading yang lama atau ada bagian yang harus dihilangkan. Kita bisa memotong dan kemudian membuangnya dengan mudah. Berikut caranya:
  • Klik video yang ingin di potong
  • Pindahkan penunjuk time ke bagian awal video yang ingin dipotong (misal saya ingin menghilangkan video dari menit 2 sampai 4). Maka saya menggesernya ke menit 2.
  • Pilih split.
  • Klik lagi pada bagian video yang ingin di potong.
  • Pindahkan penunjuk time video ke bagian akhir video yang ingin di potong (misal menit 4).
  • Klik split lagi.
  • Untuk menghapus video tersebut tekan delete.

Simak animasi berikut untuk lebih jelasnya.




Membuat judul video di Camtasia

Camtasia menyediakan banyak tema yang bisa digunakan untuk mempercantik video. Salah satunya yaitu tema yang bisa dipakai untuk membuat judul video, baik berupa tema animasi maupun hanya gambar dan teks. Semuanya sudah disediakan oleh Camtasia. Berikut cara menyisipkan judul video di Camtasia.
  1. Klik Library.
  2. Kemudian silahkan lihat ada banyak theme dan musik yang sudah disediakan. Silahkan pilih theme yang Anda inginkan. Sebagai contoh saya memilih Theme -Calling Lights : Animated tittle. Maka file Animated Tittle akan saya drag ke track 3 seperti gambar.
  3. Kemudian untuk mengedit tulisan judulnya. Klik 2x pada panah yang saya tunjukkan pada gambar.
  4. Terakhir silahkan sesuaikan durasinya.
Cara menyisipkan judul video di camtasia


Menyisipkan musik atau lagu di Camtasia

Pada video contoh di atas saya tidak memasukkan musik ke dalam video. Namun jika Anda ingin menggunakan musik supaya videonya tidak terkesan garing, silahkan ikuti panduannya berikut ini.

Ada dua cara untuk memasukkan musik di Camtasia yaitu menggunakan musik yang sudah disediakan oleh Camtasia atau menggunakan musik hasil download dari luar.

Jika menggunakan musik yang sudah disediakan oleh Camtasia, cara memasukkannya ke video sama halnya dengan cara membuat judul di atas. Sedangkan jika menggunakan musik dari luar silahkan ikuti caranya berikut.
  1. Klik Import media.
  2. Pilih lagu yang ingin dimasukkan, kemudian klik Open.
  3. Drag lagu ke track yang kosong.
  4. Silahkan sesuaikan durasinya.

Selain itu pada menu Audio Anda juga dapat menurunkan, menaikkan dan mengatur audio dengan mudah. Sehingga audio bisa disesuaikan dengan videonya. Silahkan Anda acak-acak sendiri.
Cara memasukkan lagu ke video di camtasia


Menyisipkan subtitle video di Camtasio

Subtitle berguna jika membuat video tutorial, namun Anda tidak ingin menjelaskannya menggunakan suara atau untuk sekedar memperjelas bagian tertentu.  Berikut caranya:
  1. Klik menu More dan pilih bagian Caption.
  2. Atur dimana subtitle tersebut akan ditampilkan dengan memindahkan penunjuk time videonya.
  3. Klik Add Caption Media
  4. Akan muncul kotak captionya, silahkan tuliskan subtitle yang ingin Anda masukkan.
  5. Ulangi langkah 3 sampai 4 untuk menambahkan subtilte lain.
  6. Atur warna, jenis font dll.
Cara menyisipkan subtitle di camtasia


Cara menambahkan efek di Camtasia

Efek yang saya maksud disini adalah efek transisi. Camtasia menyediakan lumayan banyak efek yang bisa membuat video terlihat lebih ciamik. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Berikut penjelasan lengkapnya.
  1. Klik menu Transitions, jika tidak ada maka klik menu more > transitions.
  2. Silahkan pilih jenis efek transisi yang Anda gunakan. Sebagai contoh disini saya memilih efek dissolve. Kemudian drag dan tarik efek tersebut ke bagian video yang ingin diberikan efek tersebut.
  3. lihat hasilnya dengan menekan tombol play (spasi).


Cara export video ke Mp4 agar siap di publish


Setelah selesai mengedit, selanjutnya kita mengekspor video tersebut ke format video yang siap di publish. Masalah yang sering terjadi saat expor video adalah ukurannya yang besar. Namun pada kali ini akan saya berikan tips supaya ukurannya tidak membengkak. Cara exportnya silahkan simak animasi gif berikut.



Parameter penting yang harus diperhatikan adalah pada video settings bagian quality ubah menjadi 75%. Kemudian pada bagian Options centang bagian caption. Ubah caption type menjadi under video caption (supaya subtitle muncul pada video hasil export).

Dengan memahami beberapa cara di atas, Anda (meskipun seorang pemula) pasti bisa membuat sebuah video yang keren dengan Camtasia.
Load Disqus CommentHide