Type something and hit enter

author photo
By
Masalah pdf tidak bisa di copy textnya sering dihadapi oleh mahasiswa dan memang sangat menyusahkan. Setiap mencari referensi dengan tujuan ingin mengutip pernyataan maupun data dari pdf tersebut kebanyakan pdfnya tidak bisa di copy paste ke word. Memang bisa ditulis manual, tapi itu membutuhkan waktu. Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara supaya file pdf yang terkunci tersebut bisa langsung di copy paste ke word.

Kenapa file pdf tersebut tidak bisa di copy paste textnya?

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa penyebabnya adalah karena file tersebut di kunci atau diberi pasword oleh si pembuatnya. Ya mungkin saja tujuan mereka memberikan pasword ke file tersebut adalah karena filenya berharga dan sifatnya privasi. Tapi ada juga yang membuat saya tidak habis pikir, yaitu file pdf yang dibagikan ke publik untuk di download. Namun masih juga di kunci alias diberikan pasword. Hmm..

Bagimana cara mengatasi file pdf yang tidak bisa di copy alias terkunci?


Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan. Mulai dari cara online, offline, menggunakan aplikasi, atau tanpa aplikasi. Semuanya memiliki fungsi dan kemampuan yang sama yaitu menghilangkan password file pdf.

1. Membuka pdf yang dipassword tanpa software


Caranya yaitu kita memanfaatkan tools online yang bisa unlock pdf. Ada banyak tool gratis yang bertebaran di internet, namun saya hanya memilih beberapa tool yang sudah terkenal sebagai berikut.

Cara menggunakannya cukup buka salah satu situs di atas. Kemudian upload dokumen pdf yang tidak bisa di copy paste. Terkahir klik "Unlock" untuk membuka kuncinya. Cara ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan password pdf di HP android.

Cara ini hanya bisa membuka pdf yang tidak bisa di copy paste atau tidak bisa diprint. Jika pdf di berikan password dan tidak bisa dibuka sebelum memasukkan kuncinya maka cara ini akan sia-sia.

2. Membuka pdf yang dipassword menggunakan aplikasi


Ada beberapa aplikasi yang mempunyai fungi untuk membuka pdf yang terkunci. Aplikasi yang paling sering saya gunakan adalah "PDF Password Remover". Silahkan Anda cari aplikasi ini di internet, sudah banyak bertebaran. Untuk cara penggunaanya juga sangat mudah, berikut langkah-langkahnya.
  1. Silahkan buka aplikasi tersebut.
  2. Klik "Open PDF(s)".
  3. Cari file pdfnya dan klik Open.
  4. Kemudian akan terbuka kotak dialog lagi, yang menanyakan tempat menyimpan file yang sudah dihilangkan passwordnya.
  5. Jika berhasil maka akan tampak tulisan "SUCCEED" seperti gambar berikut.

Cara mengatasi pdf yang tidak bisa di copy paste

Cara ini juga tidak bisa digunakan jika pdf terpassword seutuhnya (pdf tidak bisa dibuka jika tidak tahu password)

Jika file yang pdf yang Anda temui terpassword seutuhnya tidak ada cara lain selain meminta password tersebut ke orang yang membuatnya. Karena jika terpassword seutuhnya itu artinya file tersebut bersifat privasi dan Anda harus menghargai itu.

Baca juga: Cara membuat file pdf di Android.

Demikian tips tentang cara bagaimana mengatasi text pdf yang tidak bisa di copy paste ke word. Gunakan secara bijak dan semoga bermanfaat.