Skip to main content

Cara Mengetahui Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia Versi DIKTI

Mulai tahun 2015 ristekdikti sudah menerapkan sistem pemeringkatan untuk perguruan tinggi di Indonesia. Hal ini tentu kabar baik, karena dengan begini maka semua kampus di Indonesia akan bersaing untuk menjadi lebih baik. Selain itu, dengan adanya pemeringkatan juga akan mempermudah calon mahasiswa untuk menentukan dimana dia akan melanjutkan kuliahnya.

Sebuah universitas atau perguruan tinggi yang mempunyai peringkat baik, tentu akan memiliki kualitas yang bagus juga. Baik itu dari segi fasilitas, tenaga pengajar, sistem pembelajaran, alumni dan relasi. Hal ini tentu menjadi pertimbangan yang serius bagi yang ingin kuliah. Jangan sampai kamu kuliah di perguruan tinggi abal-abal yang tidak jelas akreditasinya. Silahkan baca cara memilih kampus yang tepat dan menilai sebuah perguruan tinggi.

Perlu kamu ketahui bahwa sistem pemeringkatan ini dilakukan setiap tahun. Oleh karena itu supaya data peringkat yang kamu cari update dan akurat, cara satu-satunya adalah dengan merujuk langsung ke data ristekdikti. Berikut cara melihat peringkat sebuah perguruan tinggi berdasarkan data versi dikti terbaru.

Cara mengetahui peringkat terbaru perguruan tinggi versi dikti

1. Silahkan masuk ke halaman forlap ristekdikti. Kemudian silahkan isi propinsi perguruan tinggi yang ingin dicari, jenis perguruan tinggi, status perguruan tinggi, namanya (jika tahu) dan terakhir isi captcha pengaman. Berikut contoh ketika saya ingin mencari perguruan tinggi berdasarkan wilayah:

cek kode perguruan tinggi

2. Jika berhasil maka akan tampak hasilnya beberapa nama perguruan tinggi seperti gambar di bawah ini.

kode perguruan tinggi dikti

Perhatikan bagian yang saya berikan tanda kotak warna merah pada gambar di atas, itu adalah kode masing-masing perguruan tinggi yang fungsinya untuk mengecek peringkatnya nanti.

3. Setelah dapat kode perguruan tinggi, selanjutnya tinggal cek peringkatnya dengan masuk ke halaman pemeringkatan ristekdikti. Perhatikan pada bagian tahun pemeringkatan, silahkan pilih tahun terbaru.

4. Setelah kamu pilih maka akan muncul halaman pencarian peringkat perguruan tinggi. Masukkan kode perguruan tinggi yang kamu cari peringkatnya pada kolom pencarian. Maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Contoh data hasil pencarian peringkat perguruan tinggi

Berdasarkan data di atas, perguruan tinggi yang saya cari adalah universitas hasanuddin dengan peringkat umum di indonesia adalah 8 dan masuk ke perguruan tinggi cluster 1.

Kluster 1 adalah perguruan tinggi yang mempunyai input dan output bagus. Input bagus artinya dosennya banyak yang profesor, rasio terhadap mahasiswanya kecil. Sedangkan output bagus artinya mahasiswanya banyak menerima penghargaan, kejuaraan dll.

Itulah cara untuk mengetahui data peringkat terbaru perguruan tinggi versi dikti. Jika kamu ingin kuliah jangan hanya lihat peringkat universitasnya tapi lihat juga akreditasi jurusan yang akan kamu pilih.

author photo Published by:
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TediEka.com

Tambahkan aplikasi TediEka di smartphone tanpa install, buka TediEka dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon titik tiga di browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TediEka dari layar utama smartphone Anda.