Type something and hit enter

author photo
By

"Saya pengen ganti ke windows 7 sepenuhnya dan saya ingin menghapus ubuntu agar saya bisa melakukan clean install pada notebook saya. Ada yang bisa bantuin nggak ? Posisi OS sekarang Ubuntu 14.04 LTS"

Kurang lebih seperti itulah pertanyaan salah satu pengguna ubuntu single boot yang ingin mengganti OSnya dengan windows. Mungkin ada yang beranggapan "Ya tinggal clean install saja? Pada saat proses instalasi format partisi ubuntu kemudian install windows." Selesai!

Tidak semudah itu ferguso, karena Anda tidak akan bisa masuk ke booting windows. Tapi malah masuk ke ubuntu terus menerus. Sekalipun pengaturan boot sudah benar, bootable fd di letakkan dipaling atas. Namun tetap saja akan gagal masuk ke instalasi windows dan selalu di arahkan ke ubuntu.

Kenapa seperti itu?

Karena ubuntu dan windows itu mempunyai tipe file system yang berbeda. Ubuntu atau linux file systemnya adalah ext4, sedangkan windows adalah NTFS. Sudah pasti windows tidak bisa membaca tipe tersebut. Solusinya yaitu dengan mengubah partisi ubuntu ke NTFS. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengubah tipe file system ubuntu ke NTFS.

1. Buat bootable ubuntu melalui FD dengan rufus.

2. Setelah selesai, silahkan Anda booting melalui Flashdisk tersebut. Kemudian pilih "Try Ubuntu".

3. Setelah masuk ke OS ubuntu, tekan start menu kemudian ketikkangparteddan buka aplikasi tersebut.

4. Perhatikan daftar partisi yang ada, lihat partisi yang formatnya ext4 dan format swap. Ubah dua jenis format ini ke NTFS dengan cara klik kanan kemudian pilih "format to" terakhir klik ntfs. Sedangkan untuk yang tipe swap jika formatnya tidak bisa langsung diubah Anda harus menghapus partisi tersebut terlebih dahulu, baru kemudian mengubah formatnya.

Untuk mengubah type ext4 ke ntfs, Anda juga bisa lakukan melalui menu partition seperti gambar berikut ini.

convert ext4 ke ntfs

5. Jika telah selesai jangan lupa untuk apply dengan cara mengklik tanda centang hijau di bawah menu.

6. Terakhir silahkan Install windows seperti biasa.

Dengan cara di atas, permasalah gagal install windows bisa di atasi. Cara ini juga bisa diterapkan untuk uninstall ubuntu single boot yang bandel. Semoga bermanfaat!