Type something and hit enter

author photo
By

"Kalo flashdisk kebaca jadi 2 flashdisk yg berbeda gimana itu gan, yang 1 28gb (aslinya 32, kemakan systemkan) yang 1 cuma 500kb, jadi di laptop ane kaya ada 2 flashdisk yang nyolok padahal cuman 1." Itulah contoh kasus dari flashdisk yang berubah menjadi dua dan kasus ini juga sempat saya alami sendiri.


Seperti contoh kasus di atas, masalah ini biasanya timbul setelah kita membuat bootable dengan rufus atau bisa juga karena hal lain. Ciri-cirinya adalah flashdisk berubah menjadi dua partisi dengan satu partisi ukurannya hanya beberapa kb saja. Meskipun kita format tetap saja tidak bisa. Kemudian jika kita buka melalui disk management partisi ini juga tidak muncul.


Cara yang bisa digunakan untuk mengahapus partisi ini adalah dengan menggunakan CMD. Berikut langkah-langkah secara lengkapnya:

1. Buka CMD sebagai Admin kemudian ketikkan diskpart.


2. Pastikan fd Anda tercolok ke laptop. Kemudian cek daftar disk yang ada dengan mengetikkan perintah list disk.


3. Akan tampak semua disk yang tersambung dengan laptop. Lihat mana disk yang mempunyai ukuran sama dengan flashdisk Anda yang berubah menjadi dua partisi tersebut. Seperti pada contoh di bawah ini flashdisk saya terletak pada "disk 1", maka saya akan mengetikkan perintah select disk 1.

Cara menghapus partisi flashdisk dengan cmd

Silahkan sesauikan dengan letak flashdisk Anda.


4. Kemudian ketikkan lagi perintah perintah list part untuk memastikan bahwa memang disk itu yang mempunyai dua partisi.


5. Selanjutnya hapus partisi dengan mengetikkan perintah clean. Jika sukses maka akan ada keterangan "diskparat succeeded in cleaning the disk". Untuk memastikan bahwa tidak ada lagi partisi maka ketikkan perintah list part lagi.


6. Terakhir buat partisi baru dengan perintah create partition primary. Akan muncul perintah untuk format, maka klik OK.


Baca juga cara mengembalikan file yang terhapus permanen di flashdisk.

Selesai, sekarang flashdisk Anda sudah kembali menjadi satu partisi lagi.