Skip to main content

Contoh Proposal Kegiatan Kampus untuk Mendapatkan Sponsorship

Bagi seorang mahasiswa pasti tidak bisa lepas dari yang namanya kegiatan. Baik itu kegiatan himpunan mahasiswa, ukm kampus, seminar, dll. Nah, setiap melakukan kegiatan tersebut pasti kita butuh yang namanya dana. Disinilah perannya sebuah proposal, dengan proposal kita bisa melakukan kerjasama dan permohonan dana kegiatan dengan mudah. Pada artikel ini saya akan berikan contoh buat kamu yang sibuk mencari referensi proposal kegiatan kampus. Agar proposal yang kamu buat bisa meyakinkan pihak sponsor.

Sponsor adalah pihak yang sangat penting untuk jalannya sebuah kegiatan mahasiswa. Karena kebanyakan kegiatan-kegitan yang diadakan adalah kegiatan yang dananya tidak sedikit. Pastinya susah jika tidak melibatkan sponsor.

Biasanya tertarik tidaknya pihak sponsor selain melihat dari segi bentuk kegiatan, juga tergantung dari proposal yang kamu tawarkan. Jadi pastikan proposal kegiatan yang kamu ajukan adalah yang terbaik.

Proposal yang terbaik bukan juga proposal yang serba wah. Cukup pastikan proposal yang kamu buat mengandung semua detail kegiatan secara lengkap. Kemudian buatlah proposal yang mudah dipahami. Pastikan setiap orang yang membaca proposal tersebut (baik itu pihak sponsor atau yang lainnya), yakin dengan kegiatan yang akan kamu lakukan.

Berikut saya berikan contoh proposal kegiatan kampus. Ini hanya sebagai referensi kamu dalam membuat proposal. Artinya kamu bisa mengambil bagian yang bagus dan menambahkan sisanya dengan kreativitasmu sendiri.

Contoh Proposal Kegiatan Kampus untuk sponsor (minta bantuan dana)

Judul Kegiatan:

"Physics Competition 2017"

Dasar Pemikiran:

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era globalisasi ini sangat kompleks, hal ini mengakibatkan tingkat kehidupan manusia yang mengikuti arus globalisasi tersebut akan semakin maju, sedangkan bagi mereka yang tidak mampu mengikuti arus globalisasi tersebut akan semakin tertinggal. Seiring dengan itu, hambatan dan tantangan kedepan akan semakin berat. Untuk menghadapi hal itu, maka diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, berkemampuan tinggi dan memiliki kinerja yang baik. Disiplin ilmu yang menjadi potensi dasar dikembangkan melalui beberapa aktivitas penunjang, pengembangan ilmu ini terutama yang ditentukan dalam kemampuan mengamati yang ditunjukan dalam penalaran. Hal ini memperluas cakrawala untuk menghasilkan manusia yang agresif dalam setiap aktifitasnya.

Budaya ilmiah dalam dunia Perguruan Tinggi Nasional telah banyak menghasilkan karya-karya ilmiah berkualitas yang memberikan sumbangsih bagi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Dalam dunia sosial kemasyarakatan karya-karya ilmiah diharapkan tidak hanya dituntut untuk berkulitas dari sisi akademis tetapi lebih dituntut sejauh mana karya–karya ilmiah memiliki orientasi pada manfaat dalam tatanan kehidupan masyarakat.

Oleh banyak pakar disebutkan bahwa sepuluh sampai dua puluh tahun kita tidak berbicara dan membahas tentang sistem pendidikan yang sedang dijalankan, namun yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana dalam menyiapkan sumber daya manusia yang dibekali dengan kemampuan (capability) dan keahlian (skill) dalam menunjang sebuah profesionalisme. Banyak hal yang harus kita kritisi ketika membicarakan sumber daya manusia (human resources), satu diantaranya sejauh mana peran pemerintah dalam memutuskan sebuah kebijakan tentang optimalisasi peran pendidikan, disini yang dimaksud adalah orientasi dan arah pendidikan yang membutuhkan konsentrasi yang khususdipenuhi dalam peningkatan sumber daya manusia. Namun pada hakekatnya tanggung jawab tentang dunia kependidikan bukan semata-mata tugas pemerintah melainkan tanggung jawab kita bersama sebagai suatu komunitas dalam sebuah negara.

Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat, kiranya menyiratkan amanah kepada dunia pendidikan dalam konteks Perguruan Tinggi untuk mampu menyatukan segala potensi yang dimiliki mahasiswa dan dosen serta segenap elemen civitas akademika dan diarahkan kepada prioritas berbuat untuk masyarakat. Berbuat yang dimaksud yaitu berupa upaya untuk meningkatkan kesejahteraan di tengah-tengah masyarakat Indonesia terutama generasi penerus bangsa Indonesia itu sendiri.

Dari dasar pemikiran diataslah, kami dari Himpunan Mahasiswa Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin bermaksud menyelenggarakan Physics Competition 2017 dan diharapkan dari kegiatan ini kita mampu membuka dan memperluas wawasan berfikir tentang dunia kefisikaan yang banyak memberikan kontribusi secara aktif dalam pemanfaatan dan pemberdayaan serta penggunaannya dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga konsep dari kerangka berpikir ilmiah pun terus dapat teraplikasi secara optimal dalam segala bidang kehidupan yang penuh tantangan dan konseptibilitas.

Tujuan Kegiatan:

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Menumbuhkan motivasi dan meningkatkan daya saing antar mahasiswa dan mahasiswi seIndonesia dalam bidang penulisan dan penelitian.
  2. Memunculkan ide-ide baru dari mahasiswa dan mahasiswi tentang energi terbarukan.
  3. Sebagai ajang latihan dan persiapan bagi siswa-siswi untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat.
  4. Meningkatkan pengetahuan siswa – siswi SMP dan SMA tentang pentingnya ilmu fisika dan aplikasinya dalam kehidupan sehari – hari.
  5. Sebagai sarana untuk memperkenalkan Jurusan Fisika FMIPA Unhas ke siswa – siswi SMP dan SMA seluruh Indonesia.
  6. Menambah wawasan tentang perkembangan ilmu fisika yang berhubungan dengan gejala alam.
  7. Sebagai ajang silaturrahmi untuk semua elemen yang terkait dalam kegiatan ini.

Output Kegiatan:

Adapun output kegiatan yang diharapkan adalah:

  1. Adanya ide baru dari mahasiswa dan mahasiswi Indonesia dalam pengembangan maupun penemuan energi terbarukan.
  2. Menghasilkan siswa – siswi SMP dan SMA yang dapat bersaing dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) terkhusus dalam bidang Fisika, Kebumian, dan Astronomi.
  3. Terbukanya pemikiran yang lebih luas tentang dunia kefisikaan dan dapat mengembangkannya kearah penciptaan karya – karya ilmiah.
  4. Adanya respon dari masyarakat ilmiah atau instansi terkait dalam kaitannya dengan pengembangan ilmu – ilmu sains.
  5. Mempererat hubungan emosional generasi pelajar Indonesia.

Program Kegiatan:

Adapun program acara yang kami rencanakan dari kegiatan ini adalah:

  1. Lomba Teori (Fisika, Astronomi, dan Kebumian) tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat se - Indonesia.
  2. Lomba Mading Sains tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat se - Indonesia.
  3. Paper Competition tingkat Mahasiswa Strata Satu se –Indonesia.
  4. Seminar Nasional.
  5. Sosialisasi Jurusan Fisika FMIPA Unhas

Peserta Kegiatan:

Adapun peserta dari kegiatan ini adalah:

  1. Siswa- siswi SMP/sederajat dan SMA/sederajat se - Indonesia.
  2. Mahasiswa dan mahasiswi se - Indonesia.
  3. Unsur - unsur Civitas Akademika se - Universitas Hasanuddin.
  4. Masyarakat Umum.

Waktu dan Tempat:

Adapun kegiatan ini Insya Allah akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Kamis – Minggu / 24 – 26 Maret 2017 Tempat : Kampus Universitas Hasanuddin Tamalanrea Makassar

Susunan Acara:

Terlampir (lampiran 1)

Anggaran Kegiatan:

Terlampir (lampiran 2)

Kepanitiaan:

Terlampir (lampiran 3)

Tim Juri:

Terlampir (lampiran 4)

Penutup:

Demikian proposal ini kami buat semoga mendapat perhatian dan dukungan dari berbagai pihak, selanjutnya dapat pula diselenggarakan dengan sebaik-baiknya, serta bermanfaat dan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan sumber daya manusia Indonesia guna menjawab tantangan dimasa depan. Atas segala perhatian dan kerjasama dari semua pihak. Dan diharapkan dari kegiatan ini dapat memberikan semangat baru kepada kita dalam mengembangkan dunia sains khususnya bidang fisika. Dan selanjutnya kami dari panitia pelaksana menghaturkan banyak terima kasih.
Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

Berikut ini adalah file proposal lengkapnya dalam bentuk pdf. File proposal ini masih ada hal yang perlu diperbaiki terutama dalam hal penyusunan. Silahkan kamu sesuaikan saja.

Download contoh proposal kegiatan kampus (pengajuan dana).
Download contoh proposal kegiatan kampus kuliah tamu (seminar).

Itulah contoh proposal kegiatan kampus yang bisa menjadi referensi kamu dalam membuat proposal kegiatan. Bagi kamu yang bingung bagaimana cara membuat proposal penelitian silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang contoh dan cara membuat proposal penelitian yang baik.

Published by:
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar