Type something and hit enter

author photo
By
Biasanya ketika kita print pdf lebih cenderung satu halaman untuk satu kertas. Padahal ini sebenarnya justru boros kertas, terlebih lagi jika dokumen atau pdf tersebut tujuannya hanya untuk bahan bacaan. Akan lebih baik jika kita printnya secara bolak balik seperti buku. Dengan cara print pdf bolak balik ini kita akan menghemat kertas minimal 50%. Kebanyakan orang menggunakan model ini untuk print brosur kegiatan dll.

Ada dua cara print bolak balik untuk dokumen pdf. Cara pertama yaitu print bolak balik seperti booklet. Yaitu print dimana satu kertas akan dibagi menjadi 4 halaman (2 halaman depan dan 2 halaman belakangnya). Kemudian yang kedua adalah print bolak balik biasa yaitu print bolak balik yang hanya terdiri dari dua halaman dalam satu kertas (1 halaman didepan dan 1 halaman pada bagian belakang).

Cara print bolak balik PDF secara otomatis


Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa cara print bolak balik ada dua jenis yaitu print dengan model seperti booklet dan yang kedua print seperti buku biasa.

A. Print bolak balik seperti booklet


Pastikan di laptop kamu terinstall adobe acrobat pro. Pada artikel ini saya menggunakan adobe acrobat pro dc. Jika sudah terinstall adobe acrobat pro dc silahkan ikuti langkah-langkah printnya dibawah ini:

1. Buka file pdf menggunakan Adobe Acrobat Pro DC. Pastikan halaman PDF yang akan kamu print halamannya kelipatan 4, jika bukan kelipatan 4 silahkan tambah halaman kosong sehingga menjadi kelipatan 4.

Kenapa kelipatan 4? Karena kita akan print pdf tersebut menjadi 4 bagian dalam satu kertas (Kayaknya sih tidak masalah meskipun bukan kelipatan 4, tapi saya belum mencobanya).

2. Jika sudah terbuka langsung saja tekan CTRL+P untuk memunculkan kotak dialog print. Silahkan atur ukuran kertasnya, kemudian sesuaikan pengaturannya seperti berikut.
Cara print bolak balik seperti buku
Keterangan:
  1. Klik pada bagian More Option, kemudian centang pilihan Reverse Page.
  2. Pilih booklet.
  3. Pada bagian Booklet Subset pilih Front Side Only (ini maksudnya kita mencetak bagian depan kertas terlebih dahulu).
  4. Terakhir klik PRINT.

3. Setelah print bagian depan selesai, selanjutnya yaitu print bagian belakang kertas supaya bolak balik. Terlebih dahulu balik kertas seperti gambar berikut:

Cara membalikkan kertas
Petunjuk membalikkan kertas

Perhatikan hal ini sebelum membalik kertas: Jika kertas yang terprint pertama (halaman 1) terletak di tumpukan paling bawah seperti gambar petunjuk membalikkan kertas di atas, maka pada langkah 4 aktifkan pilihan Reverse page (panah nomer 1 pada langkah 2). Namun jika kertas tersebut terletak di urutan paling atas pada langkah ke empat silahkan uncentang pilihan tersebut. Saran saya silahkan coba menggunakan dua lembar kertas terlebih dahulu untuk uji coba.

4. Kemudian lanjut print pada bagian belakang kertas dengan cara tekan CTRL+P lagi. Ubah pada booklet subset (lihat gambar pada langkah 2, panah nomer 3) yang sebelumnya Front side only menjadi Back side only. Terakhir klik PRINT.

Baca juga: Cara mengatur printer agar tidak berisik saat ngeprint.

2. Print bolak balik biasa


Print bolak balik biasa maksudnya adalah print bolak balik dimana dalam satu kertas hanya terdiri dari dua halaman saja. Cara print yang seperti ini terbilang lebih mudah dari yang sebelumnya. Jika kamu belum tahu silahkan ikuti caranya berikut.

1. Silahkan buka dokumen pdf kamu, kemudian atur ukuran kertasnya dan juga atur seperti gambar berikut:
Cara print bolak balik pdf seperti booklet

Keterangan:
  1. Pada more option pilih Odd pages only (untuk print bagian depan terlebih dahulu) dan pastikan bagian reverse pages tidak tercentang.
  2. Pada bagian Page Sizing & Handling pilih Size.
  3. Klik Print.

2. Setelah print bagian depan selesai, balik kertas seperti pada langkah 3 di atas.

3. Selanjutnya print bagian belakang, dengan mengubah Odd pages only menjadi Even pages only. Terkahir klik print.

Semua cara di atas sudah saya coba dan berhasil. Hanya saja untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan sebaiknya gunakan dua kertas terlebih dahulu untuk percobaan.

Demikian artikel tentang cara print bolak balik pdf supaya menjadi seperti buku dan booklet. Jika ada yang kurang jelas, jangan sungkan untuk berkomentar.