Skip to main content

Mana yang Lebih Baik: Linux, MacOS atau Windows?

Era sekarang ini banyak jenis operating system (OS) yang ada. Kadang-kadang hal ini justru membuat kita sulit untuk memilih mana yang terbaik. Karena setiap OS pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semua pilihan tergantung kita menggunakannya untuk keperluan apa OS tersebut.

Setiap individu pasti mempunyai pilihan dan selera yang berbeda mengenai sitem operasi ini. Untuk memilih mana yang cocok digunakan, kita harus mempertimbangkan segala hal. Termasuk biaya, fitur yang akan didapatkan, kemudahan dalam mengoperasikannya dan dukungan.

Pada artikel ini saya akan mengulas secara lengkap tentang tiga OS yang populer yaitu Linux, MacOS, dan windows. Karena memang tiga OS ini yang sekarang banyak digunakan oleh pengguna laptop atau komputer. Dengan membaca artikel ini akan sangat membantu kamu untuk menentukan pilihan OS mana yang terbaik untuk kamu gunakan.

Ada banyak hal yang akan menjadi perbandingan dalam artikel ini. Baik dari segi biaya, fitur, kecepatan dan dukungan. Semua hal baik kelebihan dan kekurangan yang saya tahu dari ketiga OS tersebut akan saya uraikan disini. Langsung saja berikut penjelasan lengkapnya.

Mana yang lebih baik: Linux, MacOS, atau Windows


#1 Windows


  • Digunakan oleh banyak orang di dunia, sehingga mempunyai dukungan yang lebih luas.
  • OS-nya sangat mudah diinstall dan digunakan, namun tidak mengijinkan pengguna untuk memodifikasi fitur-fiturnya.
  • Karena digunakan oleh banyak orang, OS ini sangat rentan terhadap serangan malware maupun virus.
  • Dukungan aplikasi yang lebih luas.
  • Jika kamu penggemar game, windows adalah OS terbaik karena mendukung semua game keren dengan performa yang baik.
  • Selain itu, jika kamu pegawai kantoran pasti lebih memilih windows karena familiar dengan office.

#2 MacOS


  • Hanya dapat diinstall pada komputer/laptop merek Apple.
  • Menawarkan stabilitas ekosistem OS yang luar bisa sehingga OS ini tidak rentan terhadap crash atau kesalahan perangkat lunak karena hanya didesain khusus untuk perangkat apple.
  • Basis pengguna lebih rendah dari windows.
  • Perangkat lebih mahal dan tidak mendukung aplikasi yang luas layaknya windows.
  • Banyak orang yang mengatakan bahwa MacOS tidak memberikan pengalaman gaming yang lebih baik dari windows (kebanyakan game keren tersedia di windows).
  • Cenderung lebih aman dari serangan malware dan virus dibandingkan windows.

#3 OS berbasis Linux


  • Linux bersfiat gratis, kamu dapat menginstallnya tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun (kecuali kuota 😁).
  • OS ini menyediakan banyak aplikasi gratis yang bisa digunakan.
  • Tidak rentan terhadap serangan malware atau virus seperti windows karena masih jarang yang menggunakannya.
  • OS ini sangat stabil karena menggunakan daya pemrosesan yang lebih sedikit.
  • OS berbasis linux terdiri dari berbagai jenis (tergantung dari selera kamu).
  • Kurang cocok untuk gaming dibandingkan dengan windows dan Mac.
  • Krena bersifat open source dan gratis, kamu mempunyai kendali penuh terhadap OS. Kamu bisa modifikasi dan lakukan apapun sesuai keinginan.
  • Kebanyakan linux digunakan untuk sistem webserver, workstation, dll karena lebih stabil dan sifatnya yang open source.
  • Tidak semua orang bisa menggunakannya jika tidak terbiasa (meskipun sekarang sudah lebih interaktif).
  • Install aplikasi tidak semudah di windows (pengguna klik 2x).

Beberapa hal di atas adalah kelebihan dan kekurangan secara keseluruhan dari ketiga OS tersebut. Jika dibandingkan langsung antara Linux vs MacOS vs Windows dalam beberapa hal, maka berikut ini hasilnya:

Dari Segi Kecepatan dan Optimasi

Dalam hal kecepatan dan optimasi antara hardware dan software menurut saya MacOS adalah yang terbaik. Karena MacOS memang dikembangkan hanya untuk perangkat apple. Sudah pasti OS ini mempunyai stabilitas ekosistem yang bagus dibandingkan windows dan linux.

Dukungan Aplikasi

Meskipun widows adalah OS yang berbayar, namun banyak orang menggunakan OS ini. Sehingga sudah bisa dipastikan dukungan untuk aplikasinya akan lebih luas dibandingkan dengan MacOS dan Linux. Hampir semua aplikasi yang yang ingin kita gunakan tersedia di windows namun belum tentu sebaliknya di MacOS dan Linux.

Manajemen Jaringan

Linux memiliki keunggulan dalam bidang ini dibandingkan MacOS dan Windows. Karena linux tidak rentan terhadap malware atau virus. Selain itu linux juga bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan si penggunanya dan linux dapat hidup terus menerus sampai hardwarenya rusak tanpa mengalami masalah. Tidak heran jika banyak superkomputer menggunakan linux untuk workstation dll.

Keamanan

Dibidang keamanan MacOS dan Linux sama-sama bagus. Setidaknya mereka masih berada di atas windows. Namun jika ditanya mana yang terbaik, saya juga tidak bisa memutuskannya. Karena setahu saya MacOS sejauh ini juga sangat ketat keamanannya.

Biaya software

Banyak aplikasi yang tersedia di linux sifatnya gratis dan open source. Mulai dari game, aplikasi sehari-hari seperti office, desain dll. Jika menggunakan windows atau macos kita harus membayar mahal untuk bisa menggunakan aplikasi office dan desain grafis. Di linux semua itu bisa didapatkan gratis (meskipun fiturnya tidak selengkap di windows dan macos).

Hardware

Untuk dukungan hardware MacOS menjadi OS yang paling lemah dalam hal kompabilitas dengan berbagai jenis hardware. Hal ini disebabkan karena MacOS saat ini hanya bisa berjalan stabil di perangkat yang mereka keluarkan yaitu produk apple. Tidak seperti windows dan Linux yang bisa di intall dengan mudah di berbagai jenis hardware.

KESIMPULAN: Sampai saat ini windows adalah OS yang merajai pasar untuk komputer/laptop. Hal ini dikarenakan antar mukanya yang simpel dan memang sejak dulu kita dilatih menggunakan komputer windows. Sehingga semua orang bisa menggunakan OS ini dengan mudah.

Untuk pengembang dan programmer, linux adalah pilihan terbaik. Karena selain gratis linux memungkinkan kamu untuk memodifikasi OS tersebut sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk kamu yang ingin stabilitas performa hebat namun kurang fleksibel dalam hal aplikasi, MacOS adalah pilihan yang terbaik untuk kamu.

Intinya windows adalah OS terbaik untuk kamu yang baru belajar komputer (karena sangat mudah dioperasikan), MacOS bagus untuk kamu yang menginginkan kecepatan, dan Linux cocok untuk orang yang sudah ahli komputer.

Oiya kamu juga bisa menggunakan linux dan windows pada satu laptop dengan cara dual boot. Silahkan baca artikelnya di cara install duall boot windows dengan centos.

Published by:
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar