Skip to main content

Situs Download Buku Pelajaran Gratis (BSE) untuk SD, SMP, SMA/SMK

Buku pelajaran era sekarang sudah banyak yang bentuknya elektronik atau biasa dikenal dengan nama buku sekolah elektronik (BSE). Program BSE adalah inisiatif dari Departemen Pendidikan Nasional Indonesia bertujuan untuk menyediakan buku elektronik yang bisa diakses oleh semua orang. Mulai dari buku pelajaran tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Semua buku elektronik tersebut tentunya bisa di download gratis.

Seperti yang kita tahu bahwa buku adalah salah satu permasalahan yang sering dialami oleh sekolah di pelosok daerah. Saya masih ingat betul ketika jamannya masih SD, buku pelajaran yang diajarkan hanyalah satu buku. Satu buku itu saja biasanya hanya guru yang memilikinya. Jika salah satu di antara siswa ada yang punya, maka sudah bisa dipastikan dia yang paling pintar.

Berawal dari permasalahan tersebut akhirnya kemdikbud membuat program BSE. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di seluruh daerah Indonesia. Semua buku teks pelajaran baik itu dari penulis/penerbit yang telah dibeli hak ciptanya oleh kemdikbud, bebas diunduh dan digunakan oleh semua orang.

Saya tidak tahu persis kapan pertama kali buku bse ini diprogramkan oleh kemdikbud. Salah satu artikel jpnn tahun 2008 membahas berita tentang pemerintah yang ngotot terapkan bse lewat Permendiknas No 2 Tahun 2008. Itu artinya mungkin buku elektronik pertama kali mulai diprogramkan adalah pada tahun tersebut.

Sampai saat ini tahun 2019, setidaknya ada tiga situs yang menyediakan buku elektronik gratis untuk di download. Dengan adanya bse ini, diharapkan kesenjangan pendidikan antara daerah dengan kota yang selama ini terjadi bisa di minimalisir.

Situs download buku elektronik (BSE) yang lengkap dan gratis


1. Download buku elektronik (BSE) gratis di "buku sekolah digital".

Buku Sekolah Digital (BSD) adalah platform penyedia buku pelajaran elektronik gratis yang disediakan oleh pendidikan.id. Pendidikan.id sendiri dirilis pada tahun 2016 oleh PT. Mahoni Edukasi Digital, yaitu sebuah platform yang mengembangkan produk dan layanan di bidang teknologi pendidikan.

Meskipun ini bukan resmi dari kemdikbud, situs ini adalah situs penyedia download bse yang lumayan lengkap. Situs ini memuat lebih dari 2000 buku pelajaran resmi dari berbagai mata pelajaran mulai SD, SMP, SMA dan SMK. Buku-buku BSD terdiri dari KTSP 2006 hingga kurikulum 2013 edisi tahun terbaru.

Hingga saat ini, BSD telah digunakan oleh ratusan ribu siswa, termasuk orang tua dan guru di Indonesia. Bahkan kalau menurut saya, situs ini lebih populer ketimbang situs milik kemdikbud.

Bagaimana cara download buku di buku sekolah digital (bsd)?

Caranya sangat mudah silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Silahkan buka situsnya di https://bukusekolahdigital.com/ atau di https://bsd.pendidikan.id/.

2. Kemudian klik pada menu "bsd.pendidikan.id", pilih "Download 2000 Buku Pelajaran", kemudian pilih jenjang pendidikan dan ktspnya 2006 atau 2013. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

situs download bse sd smp sma/smk gratis

3. Untuk mendownloadnya klik pada gambar buku yang ingin kamu unduh. maka otomatis buku tersebut akan terdownload.

Selain melalui situsnya langsung, kamu juga bisa mendownload buku elektronik melalui aplikasi "buku sekolah digital" baik itu android, ios maupun windows. Fitur yang ditawarkan tidak hanya buku pelajaran gratis, tapi juga ada fitur video pendidikan, tryout online, komik pendidikan dll.

2. Download buku elektronik (BSE) gratis di "kemendikbud".

Selanjutnya tempat download bse gratis adalah kemdikbud. Kemdikbud selaku pembeli hak cipta dari buku elektronik, seharusnya mereka yang paling lengkap koleksi bukunya. Untuk mendownload koleksi bukunya silahkan masuk ke halaman http://buku.kemdikbud.go.id.

Cari buku yang ingin kamu download, setelah ketemu klik tombol "download". Oiya kamu bisa mendownload bukunya meskipun tanpa registrasi terlebih dahulu. Karena dengan login maupun tanpa login, tidak ada bedanya fitur yang akan kamu dapatkan (sama-sama tetap bisa mengunduh bukunya).

Namun yang sangat saya sayangkan, sepertinya situs kemdikbud tersebut tidak update lagi. Terbukti website tersebut tidak terurus, dan masih banyak menu yang kosong alias tidak ada bukunya. Bahkan buku SMA kelas 12 saja tidak tersedia.

download buku elektronik gratis sd, smp, sma/smk kemdikbud

3. Download buku bse gratis di ANNIBIKU

Situs download buku elektronik gratis terakhir adalah annibiku. Total semua bse yang tersedia saat saya membuat artikel ini adalah 1683 buku. Situs ini juga menyediakan bse kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Untuk cara downloadnya kunjungi https://annibuku.com, klik bukunya, kemudian download PDF.

Baca juga: Cara download jurnal/dokumen legal gampang tanpa ribet.

demikian artikel tentang situs download buku elektronik gratis untuk SD, SMP, SMA dan SMK. Semoga semua orang bisa memanfaatkan buku tersebut dan kemdikbud lebih update lagi tentang buku bse-nya.

author photo Published by:
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TediEka.com

Tambahkan aplikasi TediEka di smartphone tanpa install, buka TediEka dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TediEka dari layar utama smartphone Anda.