Skip to main content

Cara Mengatasi "no device drivers were found" Saat Install Windows 10, 8 dan 7

Error "No device drivers were found" ini muncul ketika saya melakukan istall ulang windows 10 di salah satu laptop teman saya. Saya sempat bingung juga ketika mendapatkan error tersebut. Berdasarkan referensi di internet, ternyata masalah ini tidak hanya muncul ketika instal windows 10 saja. Tapi terkadang juga mucul saat install windows 7 maupun windows 8.

Pesan error tersebut secara lengkapnya kurang lebih bertuliskan seperti ini "No device drivers were found. Make sure that the installation media contains the correct drivers, and then click OK". Atau bisa juga muncul pesan yang agak berbeda seperti errror load driver yang saya jelaskan pada artikel sebelumnya disini.

Error antara "no device drivers were found" dengan "load driver" kurang lebih adalah sama. Intinya file bootable yang berada di flashdisk tidak bisa terbaca oleh laptop.

Bagaimana cara mengatasi masalah error "no device drivers were found" ?

Berdasarkan beberapa artikel yang saya baca, cukup banyak solusinya. Namun tidak semua solusi yang ada pasti bisa mengatasi masalah tersebut. Terkadang ada beberapa cara yang berhasil di orang lain namun ketika saya praktekkan justru tidak bekerja sama sekali.

Oleh karena itu pada artikel ini saya akan berikan beberapa cara. Silahkan kamu coba satu persatu mana yang bisa berhasil mengatasi masalah "no device drivers were found".

1. Coba pindah colokan fd ke tempat yang lain

Terkadang masalah driver tersebut disebabkan oleh masalah yang simpel, misal seperti FD yang tidak mendukung USB 3.0. Jika fd yang kita pakai untuk bootable adalah tipe 2.0 sudah pasti jika dicolokkan di tipe usb 3.0 tidak akan terbaca. Oleh karena itu cara pertama yang paling mudah adalah dengan mengubah colokan usb ke yang lain.

2. Install driver hard drive

Silahkan kamu download drivernya di https://downloadcenter.intel.com/product/55005/Intel-Rapid-Storage-Technology-Intel-RST-. Silahkan sesuaikan sistem operasinya. Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

install driver hard drive

Kemudian klik pada bagian yang saya berikan kotak warna merah tersebut. Perhatikan pada bagian available download, download driver yang bernama f6flpy-x64.zip.

Setelah terdownload silahkan ekstrak ke fd yang digunakan sebagai bootable dan booting seperti biasa. Pada saat muncul error klik browse dan cari lokasi driver tersebut. Klik ok untuk menyimpan perubahannya.

Jangan lupa untuk uncentang pada pilihan "Hide drivers that aren't compatible with this computer...". Jika kurang jelas silahkan lihat video berikut pada menit ke enam.

youtube image


3. Buat bootable dengan rufus terbaru

Cara ini adalah cara yang saya lakukan dan berhasil untuk mengatasi masalah no device drivers were found saat install ulang laptop teman saya. Saya juga tidak tahu pastinya, hanya saja ketika saya membuat bootable menggunakan windows 7 dvd tool masalah ini selalu muncul. Namun setelah saya membuat bootbalenya menggunakan rufus masalah ini hilang dengan sendirinya.

Ini adalah pengaturan yang saya gunakan dalam membuat bootable di rufus.

Buat bootable dengan rufus

Silahkan kamu sesuaikan tipe hardisknya MBR atau GPT. Kalau masih belum tahu silahkan baca perbedaan hardisk GPT dan MBR.

4. Coba gunakan dvd

Sepengetahuan saya permasalahan ini sering terjadi jika kita mengintall laptop dengan menggunakan flashdisk. Oleh karena itu jika kamu mempunyai cd/dvd windows tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Jika permasalahan tersebut bisa di atasi dengan menggunakan cd/dvd tolong untuk beritahu saya pada kolom komentar di bawah.

Sekian cara mengatasi no device drivers were found pada windows 10, windows 7 maupun windows 8. Semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TediEka.com

Tambahkan aplikasi TediEka di smartphone tanpa install, buka TediEka dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TediEka dari layar utama smartphone Anda.