Skip to main content

Cara Menggabungkan Dua Wajah Menjadi Satu di Photoshop

Menggabungkan dua buah photo wajah yang saya maksud disini bukanlah seperti blending face. Tapi menggabungkan setengah wajah dari dua buah photo menjadi satu bentuk muka. Misalnya setengah photo saya dan setengahnya lagi adalah photo orang lain. Supaya lebih jelas silahkan lihat gambar kedua di bawah ini.

Secara sekilas mungkin photo itu terlihat sebagai muka satu orang saja. Padahal photo tersebut saya gabung dari muka dua orang yang berbeda. Ini adalah muka dua orang tersebut.

Baca juga: Cara cepat mengganti warna latar pas photo di Photoshop.

Bahan tutorial menggabungkan dua wajah

Teknik ini sebenarnya bukanlah teknik yang rumit. Kita hanya memanfaatkan fitur masking yang ada di photoshop. Jika kamu pernah melihat photo wedding yang gambar pengantinnya berada di dalam gelas. Ini lah teknik yang digunakan oleh si photografer tersebut.

Tidak hanya itu, teknik ini juga bisa menjadi dasar dalam pembuatan photo WPAP (Wedha's Pop Art Potrait) yang tampil beda. Seperti kita ketahui biasanya photo WPAP hanya menampilkan wajah satu orang saja. Akan lebih bagus lagi jika photo tersebut dari paduan dua wajah yang berbeda. Misal photo Anda dan pasangan Anda. Bagi yang belum punya pasangan, silahkan cari pasangan atau gunakan photo orang lain saja. 😅

Oke langsung saja berikut tutorial lengkapnya.

Cara menggabungkan dua wajah yang berbeda menjadi satu di photoshop

1. Silahkan siapkan photo yang ingin Anda gabung wajahnya. Kemudian seperti biasa buat lembar kerja baru di photoshop.

2. Masukkan kedua photo tersebut dengan klik dan drag ke photoshop.

3. Selaraskan posisi wajah kedua photo tersebut (samakan bagian matanya). Supaya lebih mudah turunkan opacity photonya terlebih dahulu.

4. Jika sudah pas, klik kanan pada layer photo paling atas kemudian klik Rasterize Layer. Setelah itu klik Add layer mask.

5. Pastikan warna foregroundnya adalah hitam dan backgroundnya adalah putih. Untuk menukarnya tekan SHIFT+X.

6. Klik Brush Tool (B) dan silahkan usapkan ke area photonya untuk menghapus setengah bagian wajah. Silahkan lihat gambar dibawah ini yang menunjukkan langkah 4 sampai 6:

Tutorial menggabungkan dua wajah menjadi satu

7. Jika terjadi kesalahan, tukar warna foreground dan background menjadi putih paling atas. Kemudian usap ke photo wajah yang ingin dikembalikan lagi seperti semula.

Sebenarnya dengan langkah di atas kita sudah bisa menggabungkan dua wajah menjadi satu. Namun terkadang ada bagian wajah yang tidak bisa selaras. Oleh karena itu untuk mengatasi hal ini, silahkan ikuti langkahnya berikut ini.

  1. Klik layer photo paling atas (klik photonya bukan layer maskingnya), kemudian pilih filter dan klik Liquify.
  2. Sekarang akan muncul dialog liquify, silahkan drag dan seret untuk memperbaiki bagian wajah yang tidak cocok.

Saya juga sudah membuatkan video tutorialnya, silahkan di lihat jika Anda mengalami kendala supaya lebih jelas.

youtube image
Published by:
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar