Skip to main content

Waspada Modus Virus Mogranos Ransomware Melalui Tautan Email

Virus mogranos adalah jenis virus ransomeware yang menginfeksi hampir semua tipe file (kecuali txt). Virus ini tergolong jenis virus baru menurut saya. Karena saya coba cari ulasan tentang virus ini di internet, masih sedikit situs yang membahasnya. Bahkan beberapa situs menerbitkan artikel mereka sekitar 5 hari yang lalu sebelum artikel ini di publish.

Artikel ini saya tulis dengan tujuan untuk mengedukasi kita semua. Untuk mengenal bagaimana metode penyebaran virus ini, hingga ke bahaya yang diakibatkan. Karena virus ini akibatnya tidak main-main. Bisa menginfeksi semua file laptop atau bahkan semua komputer dalam jaringan yang sama.

Oleh karena itu dengan membaca artikel ini, mudah-mudahan Anda tidak akan terjebak dengan modus virus ini.

Apa itu Virus Mogranos?

Seperti yang saya katakan sebelumnya, virus ini termasuk dalam jenis ransomeware yang bisa menginfeksi hampir semua tipe file. Termasuk file musik, doc, video, photo dll (kecuali txt). Ciri-ciri jika terjangkit virus ini adalah semua file di laptop berubah menjadi ekstensi mogranos. Sehingga semua file terenkripsi oleh virus dan tidak bisa digunakan.

Selain semua ekstensi file berubah, Anda juga akan mendapatkan sebuah file txt seperti ini.

File readme virus mogranos

Biasanya isinya mengharuskan pemilik komputer yang terinfeksi, membayar biaya tebusan untuk bisa membuka file yang dienkripsi. Biaya tebusan ini biasanya dalam BitCoin, tetapi mungkin juga dalam bentuk cryptocurrency lainnya.

Berikut detail tentang virus mogranos ransomeware

Nama Virus Mogranos
Kategori Ransomware/Cryptovirus.
Cara Kerja Menginfeksi komputer dan kemudian mengenkripsi semua file yang ada di dalamnya.
Ciri-ciri File dienkripsi dengan ekstensi file khusus dan pengguna diminta untuk membayar uang tebusan agar datanya bisa kembali.

Bagaimana cara penyebarannya?

Banyak metode yang bisa digunakan untuk menyebarkan virus ini. Tergantung keahlian dari si operator penyebar virusnya. Namun secara umum virus mogranos menyebar melalui email spam yang memiliki pesan menipu.

Pesan tersebut terlihat seolah-olah dikirim oleh pihak tertentu yang terpercaya. Misalkan Paypal, Bank, Google, Linkedin dan lainnya. Dalam email biasanya berisi lampiran atau link palsu yang digunakan untuk menanam virusnya. Sehingga jika user membuka lampiran atau membuka link, maka secara otomatis virus ini akan aktif dan menginfeksi semua file.

Ketika Anda menerima email, pastikan untuk memeriksa siapa si pengirimnya (lihat alamat email pengirim, jangan percaya pada nama pengirim yang muncul di pesan). Periksa isi email apakah pengirim melampirkan tautan dalam email? Jika iya, dan Anda sama sekali tidak mengenali pengirim tersebut. Lebih baik abaikan emailnya!

Atau Anda dapat memeriksa link tersebut terlebih dahulu dengan url scanner.

Ingat, meskipun url scanner menyatakan link tersebut aman. Sebaiknya jangan mengklik tautan dari pesan yang tidak jelas asal usulnya. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan. Bisa saja link tersebut belum masuk di database url scanner sehingga tidak terdeteksi berbahaya.

Seberapa bahaya virus ini?

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa virus mogranos adalah salah satu jenis virus ransomeware, lebih tepatnya crypto ransomeware. Ransomeware sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu locker ransomeware dan crypto ransomeware. Locker ransomeware akan menyebabkan komputer lumpuh, tidak bisa digunakan sama sekali. Sedangkan jenis crypto ransomeware tidak membuat sebuah komputer lumpuh, namun akan mengunci semua data di komputer.

Ini lebih ngeri lagi. Jika komputer lumpuh kita hanya perlu menginstall ulang maka masalah akan langsung selesai. Sedangkan kalau semua data komputer terenkripsi, mustahil akan kembali seperti semula meskipun diinstall ulang.

Bagiamana caranya supaya tidak terkena virus tersebut?

Caranya sangat mudah. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjangkit virus mogranos:

  • Pastikan jangan membuka tautan, file gambar, tombol, dll yang berada dalam pesan email orang yang tidak jelas asal usulnya.
  • Gunakan antivirus yang mumpuni. Silahkan baca antivirus yang saya rekomendasikan.

Jika Anda terlanjur terkena virus ini silahkan baca cara mengatasi virus mogranos + cara mengembalikan datanya.

Cukup sekian artikel tentang virus mogranos. Semoga Anda terhindar dari virus yang mengerikan ini. Jika Anda pernah mengalami masalah ini, jangan sungkan untuk berbagi pengalaman melalui kolom komentar.

Published by:
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar