Skip to main content

Sebelum Memilih Harga Jual AC, Ketahui Dulu Apa itu PK dan Rekomendasi-nya

Bagi mereka yang masih awam dengan istilah-istilah yang digunakan dalam pendingin ruangan alias AC (air conditioner), tentu bingung ketika ditanya oleh penjual AC apakah ingin AC 1 PK, 2 PK atau berapa PK. Padahal nilai PK sendiri bisa dikatakan nilai yang sangat penting Anda ketahui ketika ingin memilih produk pendingin ruangan ini.

Nilai PK akan mempengaruhi kemampuan AC dalam mendinginkan ruangan. Kemampuan ini juga akan sangat dipengaruhi oleh ukuran luas ruangan. Oleh sebab itu, pemilihan PK AC akan ditentukan oleh luas ruangan juga. Nilai PK yang semakin tinggi juga berdampak terhadap harga jual AC 1 PK yang jauh lebih mahal ketimbang PK di bawahnya.

Berikut pengertian lengkap mengenai PK AC dan daftar pilihannya.

Apa itu PK Pada AC dan Kenapa Nilai PK Penting?

PK berasal dari Bahasa Belanda yang disingkat dari kata Paard Kracht. Istilah ini sendiri adalah sebuah ukuran yang menunjukkan level pendinginan yang bisa dicapai oleh sebuah AC. Atau Bahasa mudahnya adalah nilai tenaga kuda yang dihasilkan AC. Oleh sebab itu, istilah PK dalam Indonesia juga umum dikenal dengan istilah HP atau Horse power.

Lantas, apa pengaruhnya pemilihan PK terhadap pendinginan ruangan?

Sebelum menjawab hal tersebut, ada baiknya Anda melihat daftar PK AC yang tersedia di pasaran berikut ini:

  • PK AC sebesar ½ ditujukan untuk ruangan yang memiliki ukuran 10 meter persegi. Jumlah panas yang bekerja sebesar 5000 BTU/h
  • PK AC sebesar 3/4 ditujukan untuk ruangan yang memiliki ukuran 14 meter persegi. Jumlah panas yang bekerja sebesar 7000 BTU/h
  • PK AC sebesar 1 ditujukan untuk ruangan yang memiliki ukuran 18 meter persegi. Jumlah panas yang bekerja sebesar 9000 BTU/h
  • PK AC sebesar 1 ½ ditujukan untuk ruangan yang memiliki ukuran 24 meter persegi. Jumlah panas yang bekerja sebesar 12000 BTU/h
  • PK AC sebesar 2 ditujukan untuk ruangan yang memiliki ukuran 36 meter persegi. Jumlah panas yang bekerja sebesar 18000 BTU/h

Nilai jumlah panas menunjukkan jumlah panas yang diperlukan oleh AC dalam menaikkan suhu maupun menaikkannya. Jumlah panas ini merupakan konversi energi dari listrik. Sehingga, semakin besar PK artinya semakin besar listrik yang dibutuhkan.

Daftar Pilihan AC dan Harga AC 1 PK

1. Panasonic CS-XN9SKJ

Harga jual AC 1 PK dari Panasonic ini dibanderol di kisaran harga Rp 6 jutaan. AC ini dibekali oleh fitur berupa ECONAVI yang sangat bermanfaat untuk menghemat listrik sehingga lebih ramah lingkungan. AC dengan ECONAVI bekerja menyesuaikan pendinginan udara dalam ruangan berdasarkan pergerakan dan keberadaan manusia serta jumlah paparan cahaya matahari masuk.

Selain itu, AC ini juga dibekali oleh fitur Nano G yang bermanfaat memurnikan udara dari kotoran, debu, partikulat, jamur hingga kuman. Hal ini membuat udara lebih bersih untuk dihirup.

2. Panasonic CS-YN9SKJ

Harga jual AC 1 PK dari Panasonic ini di banderol di kisaran harga Rp 3,5 jutaan. AC ini mengusung tipe Single Split yang berfungsi ganda. Single Split mampu menyejukkan ruangan sekaligus mendinginkan hingga ke seluruh sudutnya dengan cepat. Kebutuhan daya dalam menyalakan AC ini sendiri tergolong kecil. Anda hanya membutuhkan kurang lebih daya 800 Watt untuk menghidupkan AC.

AC dari Panasonic ini menggunakan bahan R32 Refrigeran agar lebih ramah lingkungan aman untuk manusia.

3. Sharp AH-XP10UHY

Untuk harga Sharp AH-XP10UHY di banderol di kisaran harga Rp 5 jutaan ke atas. AC ini sudah dilengkapi oleh berbagai fitur lengkap yang dapat mendinginkan ruangan dengan cepat sekaligus hemat energi. Misalnya, AC ini dibekali oleh teknologi Plasmacluster Generator serta W-Flex Louver yang dapat menyebarkan udara dingin 27% lebih luas secara vertikal dan 50% lebih luas secara horizontal.

Jika Anda ingin membeli produk AC, Anda dapat membelinya secara online melalui Bhinneka.com. Bhinneka.com merupakan toko online yang telah berdiri sejak tahun 1993 dan memasarkan beragam produk lengkap baik elektronik, gadget, laptop hingga peralatan tubuh. Bhinneka juga memiliki lima toko cabang di Jakarta yang bisa Anda datangi langsung. Bhinneka jual AC beragam merek, dari Panasonic, Daikin, Sharp, dan merek lainnya.

author photo Published by:
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TediEka.com

Tambahkan aplikasi TediEka di smartphone tanpa install, buka TediEka dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon titik tiga di browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TediEka dari layar utama smartphone Anda.