Skip to main content

5 Alasan Mengapa Mengenal Lagu Daerah itu Penting

Alasan Kenapa Mengenal Lagu Daerah itu Penting - Indonesia adalah salah satu negara dengan kekayaan alam dan budaya yang sangat besar, serta memiliki sejarah yang panjang. Diantara keanekaragaman budaya yang ada, salah satunya adalah Lagu Daerah yang jumlahnya sangat banyak sekali.

Dari Sabang sampai Merauke yang tergabung dalam 34 Provinsi, semuanya memiliki Lagu Daerahnya masing-masing. Uniknya, setiap nyanyian mengusung perbedaan yang amat jelas, mulai dari bahasa yang digunakan, alat musik pengiring hingga makna yang terkandung didalamnya.

Namun, ditengah perkembangan teknologi dan hiruk-piruknya dunia digital saat ini, kita merasa berbagai kesenian tradisional dan budaya lokal kuno mulai terlupakan. Hal ini juga dipicu oleh kemajuan zaman (Modernisasi) yang kian pesat.

Selain itu, penyebab paling mencolok adalah Minat generasi terhadap kesenian daerah ysng semakin menipis. Untuk itu, Anda yang saat ini adalah generasi penerus, baiknya ketahui beberapa Alasan Kenapa Mengenal dan Melestarikan Lagu Daerah itu sangatlah penting. Berikut, beberapa alasan diantaranya :

1. Menjaga Khazanah Nenek Moyang

Sebagai salah satu negara penghasil budaya terbesar di dunia, Indonesia sepatutnya berbangga dengan apa yang mereka punya. Kendati demikian, menjaga dan melestarikan yang telah diamanahkan adalah tugas penting para generasi.

Dengan mengenal dan memperkenalkan lagu-lagu daerah, baik untuk diri sendiri maupun orang lain, artinya Anda telah berupaya dalam melindungi kekayaan bangsa ini. Dengan prinsip yang seperti ini, peluang lagu-lagu tradisional untuk bisa eksis kembali akan semakin terbuka lebar.

2. Memetik Makna Didalamnya

Lagu-lagu Daerah yang kita kenal sekarang, mayoritas memiliki pesan moral dan makna yang sangat berguna bagi kehidupan, bila diterapkan dengan sungguh-sungguh. Itulah mengapa, lagu tradisional itu diciptakan bukan hanya sebagai hiburan semata.

Meski arangement sebagian besar lagu daerah telah terkesan meng-alihfungsi-kan, bukan berarti melekangkan pesan moral didalamnya. Karena ketika sebuah nyanyian daerah dijadikan media dakwah, nasihat dan ajaran-ajaran kebaikan, ketika didengar atau dimainkan akan tetap terasa selalu.

3. Mendalami Bahasa Daerah

Salah satu Ciri ciri Lagu Daerah di Indonesia adalah, penggunaan bahasa yang khas dan khusus. Dalam artian, dimana sebuah lagu tumbuh dan berkembang, maka liriknya akan berbahasa sama dengan yang dipakai sehari-hari oleh daerah itu sendiri.

Poin ke-3 ini sejatinya cukup penting, karena kita bisa saksikan sendiri, bagaimana perkembangan zaman benar-benar telah merubah banyak hal dalam diri para generasi, terutama soal pemakaian bahasa. Kalau bukan mereka kita yang menjaganya, siapa lagi?

4. Mengenal Ragam Aliran Musik

Seperti yang kita tahu, varian lagu tradisional yang tersebar memiliki ciri khas tersendiri, salah satunya adalah aliran musik yang digunakan, yang umumnya menyesuaikan dengan daerah lagu tersebut berasal.

Sebagai contoh Lagu Tradisional Riau yang mengusung Aliran Melayu yang kental, begitu pula Lagu Gundhul Pacul asal Jawa Tengah yang memakai aliran Jawa. Keterikatan secara internal menciptakan kekayaan yang menjadi sangat beragam.

Tentu saja, dengan mengenal dan mengetahui aliran musik nasional di tanah air, pemahaman musikalitas Anda akan semakin meningkat, seiring minat yang kian membesar.

5. Meningkatkan Kecintaan terhadap Budaya

Alasan mengapa mengenal lagu daerah itu penting yang terakhir ialah, untuk Meningkatkan Kecintaan kita terhadap Budaya peninggalan nenek moyang ini. Tidak bisa dipungkiri, keberagaman yang ada telah jadi simbol multikultural negara ini.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya yakni dengan mengimplementasikan lagu-lagu daerah dalam kehidupan sehari-hari, baik ketika bermain alat musik, pentas seni, penampilan di panggung dan event terbuka lainnya.

Dengan begitu, secara tidak langsung-pun Anda telah mengirim sinyal dan pesan kepada para pendengar, untuk bisa menyerap makna, serta ajakan kepada mereka agar tergerak hatinya untuk ikut menyanyikan, dan melestarikannya pula.

Penutup

Lagu Daerah yang ada di Indonesia sebenarnya telah menjadi identitas daerah, bahkan negara ini yang sangat layak diacungi jempol. Tidak tanggung-tanggung, cukup banyak lagu tradisional Indonesia yang dinyanyikan oleh paduan suara, penyanyi hingga bidang pegelut seni musik lainnya.

Untuk itulah, sebagai generasi penerus bangsa, mari biasakan diri untuk senantiasa menjaga, melindungi dan melestarikan kekayaan budaya yang satu ini, agar kedepannya tidak hilang dan lenyap bagai ditelan bumi.

Nah, bagi Anda yang tertarik memperdalam wawasan mengenai dunia seni, sastra dan budaya, silakan berkunjung ke Senipedia.

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai 5 Alasan Kenapa mengenal Lagu Daerah itu penting. Semoga ulasan kali ini bisa menambah ilmu dan pengetahuan, serta bisa dijadikan referensi berbagai kebutuhan Anda. Terima kasih.

author photo Published by:
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TediEka.com

Tambahkan aplikasi TediEka di smartphone tanpa install, buka TediEka dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon titik tiga di browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TediEka dari layar utama smartphone Anda.