Skip to main content

Cara Mudah Translate Jurnal Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Beberapa mahasiswa ada yang masih bingung ketika ingin menerjemahkan sebuah jurnal internasional. Terkadang teman saya sendiri juga bertanya bagaimana cara translate sebuah jurnal bahasa inggris. Padahal caranya sudah banyak bertebaran di internet, salah satunya adalah artikel saya sebelumnya yang berjudul 3 cara translate file pdf bahasa inggris ke bahasa indonesia.

Karena masih banyak yang juga yang belum tahu. Pada kesempatan kali ini akan saya buatkan artikel khusus tentang menerjemahkan jurnal bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Sebenarnya banyak cara yang bisa digunakan seperti translate menggunakan google drive, langsung menggunakan google translate maupun menggunakan tools lain.

Dari semua cara yang ada, saya hanya akan menuliskan dua cara saja yang menurut saya efisien.

Kenapa saya katakan efisien?

Karena menurut saya untuk saat ini belum ada tools penerjemah file yang lebih baik dari dua opsi tersebut. Terlebih lagi cara tersebut adalah gratis! Berikut pembahasan lengkapnya:

1. Translate jurnal menggunakan google translate

Cara ini mungkin adalah cara yang paling populer di kalangan banyak orang. Jika Anda tidak tahu cara ini berarti sangat kebangetan. Untuk caranya silahkan pergi ke halaman Google Translate.

Jika Anda menggunakan smartphone, silahkan ikuti langkahnya pada artikel cara translate PDF bahasa Inggris di HP Android. Namun jika menggunakan laptop/PC silahkan ikuti langkahnya dibawah ini.

1. Setelah halaman google translate terbuka, silahkan pilih "Dokumen" dan pastikan bahasanya sudah benar yaitu "Inggris ke Indonesia".

2. Kemudian upload file jurnalnya dengan mengklik tulisan "Jelajahi Komputer".

Translate jurnal bahasa inggris via google translate

3. Terakhir klik "Terjemahkan", maka hasilnya akan tampak seperti gambar berikut ini.

Hasil translate jurnal via google translate

Kekurangan dari cara translate menggunakan google translate ini adalah layout file tidak sesuai aslinya. Namun teks masih rapi dan bisa terbaca dengan jelas.

2. Menggunakan onlinedoctranslator

Onlinedoctranslator adalah situs yang bisa menerjemahkan file dengan tetap mempertahankan layout aslinya. Sedangkan kualitas translatenya sama dengan google translate. Karena situs ini memang menggunakan google translate sebagai tool terjemahnya.

Buat Anda yang ingin menerjemahkan jurnal menggunakan onlinedoctranslator, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Jika jurnal dalam bentuk PDF, convert terlebih dahulu menggunakan situs https://www.pdfwordconvert.com/convertform. Silahkan upload filenya, kemudian pilih "Convert PDF to Word" dan download dokumen hasil convertnya.

*Jangan khawatir formatnya akan berantakan, karena hasil convert menggunakan situs ini sangat rapi asalkan file pdfnya bukan hasil scan. Jika hasil scan lebih baik Anda membaca artikel cara mengedit hasil scan pdf ke word.

2. Buka situs https://www.onlinedoctranslator.com/translationform. Upload file jurnal yang sudah dalam format word > ubah bahasa menjadi "English ke Indonesia" kemudian klik "Translate".

3. Tunggu hingga proses translate selesai (translating document 100%).

Proses translate jurnal via onlinedoctranslator

4. Klik tombol "Download your translated document!".

Berikut adalah perbandingan antara hasil convert yang sudah di translate (format word) dengan dokumen jurnal asli (format pdf).

Hasil translate jurnal dengan onlinedoctranslator

Meskipun tidak 100% mirip tapi setidaknya dengan cara ini, jurnal masih memiliki format yang mirip dengan aslinya. Sehingga tidak membuat kita pusing dalam membaca jurnal tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk translate jurnal bahasa inggris ke bahasa indonesia, jika kamu mempunyai pengalaman yang berbeda ataupun kendala dalam mengikuti artikel ini silahkan tinggalkan komentar di bawah.

author photo Published by:
Newest Post
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TediEka.com

Tambahkan aplikasi TediEka di smartphone tanpa install, buka TediEka dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon titik tiga di browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TediEka dari layar utama smartphone Anda.