Skip to main content

Yuk, Rekreasi Sehat ke 3 Tempat di Tuban Ini!

Tuban merupakan salah satu kabupaten yang berada di jalur pantura Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini memiliki sejarah yang cukup panjang terutama pada masa Kerajaan Majapahit, tetapi kini mulai dilupakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Padahal Tuban yang pernah menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam oleh para walisongo memiliki cukup banyak potensi wisata menarik. Sebagian besar memang masih berupa tempat yang cukup alami, tetapi menawarkan pemandangan dan suasana yang menenangkan dan menyenangkan. Asyiknya lagi, kamu juga bisa mendapat manfaat kesehatan saat mengunjunginya seperti di beberapa tempat ini.

Watu Ondo Tuban


Watu Ondo Tuban (sumber : google.com/maps)

Bila penginapan atau hotel di Tuban yang menjadi pilihanmu berada di pusat kota, maka kamu membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mencapai tempat wisata ini. Namun, Watu Ondo menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan dan sangat sayang untuk kamu lewatkan selagi berada di Kota Koes Ploes.

Watu Ondo Tuban sangat cocok buatmu yang menggemari olahraga outdoor seperti trekking dan hiking. Pasalnya untuk mencapai puncak bukit, kamu harus menaiki anak tangga vertikal yang dijamin membuatmu cukup ngos-ngosan. Selain membakar kalori dan melatih olahraga jantung serta paru-paru, berkunjung di sini juga dapat memberi manfaat bagi kesehatan mentalmu dengan adanya produksi dopamin.

Tempat wisata ini memang terbilang masih cukup alami. Namun paling tidak, kamu tidak akan sulit menemukan toilet, tempat istirahat, maupun warung jika dibutuhkan. Oh ya, tempat ini juga masih belum memberlakukan adanya tiket masuk sehingga kamu tidak perlu membayar.

Pemandian Air Panas Prataan Tuban


Pemandian  air panas Prataan (sumber : google.com/maps)

Objek wisata ini berada di Desa Prataan, Kelurahan Wukiharjo, Kecamatan Parengan. Pemandian Prataan yang berada di tengah hutan jati ini ditemukan oleh warga pada tahun 1966 dan baru mulai dioperasikan sebagai tempat rekreasi pada sekitar tahun 1990.

Aktivitas utama yang dapat kamu lakukan di sini tentunya adalah berendam air panas. Kandungan kadar belerangnya yang tinggu tentu memberi manfaat bagi kesehatanmu terutama untuk menjaga kesehatan kulit. Selain membunuh bakteri dan kuman yang membuat kulit jadi bermasalah, pori-pori juga akan ikut terbuka sehingga kotoran yang terperangkap pun akan keluar. Tak lupa, berendam air panas juga akan membuatmu merasa lebih tenang dan relaks, melancarkan peredaran darah, dan mampu mengatasi pegal, rematik, dan kelumpuhan.

Wisata Pemandian Air Panas Prataan Tuban tak hanya menyediakan kolam berendam saja. Di sini, kamu juga bisa menikmati serunya berbagai wahana outdoor asyik seperti flying fox, gardu pandang, dan lain-lain. Adapun biaya tiket masuk yang dikenakan setiap pengunjung adalah Rp10.000,00 untuk Senin-Jumat dan Rp12.500,00 untuk Sabtu-Minggu.

Pantai Boom

Kalau mau yang lebih santai, kamu bisa berkunjung ke Pantai Boom. Pantai ini sangat dekat dengan alun-alun kota. Selain itu, pengelolaannya juga terbilang sangat baik sehingga wajar banyak orang yang datang berkunjung ke sini.

Pantai Boom Tuban dulunya merupakan pelabuhan kuno di masa Kerajaan Majapahit. Kini, pantai telah dikelola dengan sentuhan hiburan kekinian. Selain gazebo teduh sebagai area bersantai, kamu juga akan menemukan berbagai wahana seperti bianglala dan sejenisnya. Bila ingin lebih sehat, kamu juga bisa renang atau joging di area rekreasi ini.

Harga tiket masuk yang ditawarkan cukup terjangkau. Pengunjung anak-anak dikenakan biaya sebesar Rp4.000,00, sedangkan pengunjung dewasa dikenakan biaya sebesar Rp6.000,00. Hemat, kan?

Agar lebih hemat, pastikan kamu juga memilih Airy saat berkunjung ke Tuban. Jaringan hotel bujet nomor satu di Indonesia ini menawarkan banyak pilihan penginapan berkualitas dengan biaya sewa hemat kantong. Masing-masing unit juga dilengkapi tujuh jaminan kenyamanan sehingga waktu beristirahatmu pun tak akan mengecewakan.

Kamu bisa melakukan pencarian dan booking hotel online melalui web maupun aplikasi Airy agar lebih praktis. Pilihan pembayarannya pun cukup beragam, mulai dari transfer ATM, credit card, hingga melalui beberapa merchant seperti Indomaret. Mudah, kan?

Published by:
Newest Post
Comment Policy: Silahkan berkomentar, kami pasti akan membalas komentar Anda. NO #linkaktif dan #promosi!.
Buka Komentar