5 Keunggulan Rank Math Pro – Yakin gak mau coba?

Keunggulan Rank Math pro dibandingkan Rank Math versi free yang saya jelaskan di artikel ini hanya bagian pentingnya saja. Sebenarnya ada banyak perbedaannya namun saya tidak akan menuliskan semuanya. Jika kamu ingin melihat perbandingannya secara lengkap silahkan kunjungi halaman perbandingan Rank Math Pro, bisnis dan versi free di web official Rank Math.

Rank Math versi premium baru saja diluncurkan kemarin pada tanggal 9 November 2020. Versi premium sendiri ada dua jenis lesensi yaitu Rank Math pro dan Rank Math business.

Rank Math versi pro bisa digunakan unlimited pada situs pribadi. Artinya kamu sendiri yang mengelola situs tersebut. Sedangkan Rank Math versi bisnis bisa digunakan untuk situs lain (situs web client) dengan maksimal 200 web.

Mungkin saat ini banyak yang bertanya-tanya apa perbedaan antara Rank Math versi premium dengan versi free? Bukannya versi free sudah cukup powerfull?

Ya memang Rank Math versi free sudah mencukupi untuk kebutuhan SEO. Tapi buat kamu yang memang mengelola moneysite wajib coba menggunakan versi pronya. Menurut saya fiturnya cukup luar biasa, terlebih lagi ada fitur monitor posisi keyword. Sangat membantu sekali buat orang seperti saya yang males buka data google webmaster.

Keunggulan Rank Math Pro yang paling powerfull

Berikut beberapa keunggulan saya anggap paling penting dari Rank Math pro dibanding versi freenya.

1. Watermark pada gambar

Rank Math versi premium menyediakan fitur untuk menambahkan watermark secara otomatis pada gambar postingan saat kita share di sosial media. Jika kamu pernah lihat tampilan situs detik.com di facebook, pasti paham dengan fitur ini.

Buat orang yang terobsesi untuk menampilkan watermark pada gambar postingan, mungkin ini sangat membantu. Kita tidak perlu lagi plugin tambahan, cukup gunakan Rank Math versi pro.

Cara mengaktifkan fitur ini silahkan Rank Math > Titles & Meta > Global Meta. Kemudian pada bagian bawah kamu akan menemukan Custom Image Watermarks.

Upload gambar watermark, beri nama dan atur posisinya. Terakhir aktifkan watermak tersebut. Maka hasilnya akan seperti ini.

Tampilan watermark Rank Math Pro

2. Google Trend Data

Sekarang dengan Rank Math pro kita tidak perlu lagi keluar dari dashboard wordpress untuk sekedar melihat google trend. Namun kekurangannya adalah kita tidak bisa melihat keyword apa yang sedang trending.

Untuk melihat trendnya, kita harus memasukkan keywordnya terlebih dahulu. Kita bebas memasukkan keyword untuk melihat perbandingan trendnya.

Fitur ini terletak di bagian samping Fokus Keyword. Silahkan klik logo google trend tersebut, kemudian masukkan kata kunci untuk melihat hasilnya.

3. Google News, Local SEO dan video sitemap

Fitur penting selanjutnya adalah adanya google news sitemap, local seo dan video sitemap dalam satu plugin. Fitur ini tentu sangat membantu jika kamu mengelola situs berita. Jika menggunakan plugin yoast, kamu pasti harus menggunakan tiga plugin yaitu Yoast premium, News SEO, dan video SEO plugin. Rankmath menggabungkan fitur itu semua kedalam satu plugin.

Kita juga bebas menonaktifkan fungsi tersebut jika tidak dibutuhkan. Saya sendiri hanya mengaktifkan tambahan video sitemap saja.

Saya pernah menggunakan plugin yoast premium dan video seo pluginnya sekaligus. Itu rasanya hosting saya sudah menjerit, loading sekali saat membuka dashboard. Namun ketika mengaktifkan fitur ini di Rank Math pro, hal tersebut tidak terjadi.

Saya merasakan kalau memang benar-benar Rank Math sangat ringan. Padahal saya menggunakan share hosting untuk web ini.

4. Import schema dari website lain

Hal ini menurut saya juga sangat bermanfaat. Misalnya dalam kasus ada blog yang sering sekali page one. Kemudian kita penasaran ingin melihat schema apa yang dia gunakan. Kita cukup memanfaatkan fitur import schema ini.

Pada Rank Math versi gratis fitur ini tidak tersedia. Karena versi gratis hanya menyediakan schema yang sudah built-in.

Fitur schema ini terletak di samping social preview saat kita dalam mode edit postingan. Silahkan klik Schema Generator > Import > Masukkan URL > Klik Import. Berikut ini adalah contoh schema yang saya import dari salah satu web.

Import schema rank math

5. Advance SEO Analytic

Menurut saya ini adalah fitur paling pentingnya. Dengan menggunakan Rank Math pro kita bisa melihat postingan mana yang mengalami penurunan rangking atau mengecek ranking keyword tertentu. Sehingga kita bisa dengan mudah memperbaiki post mana saja yang butuh peningkatan.

Fitur ini sangat membantu agar keputusan yang kita ambil terhadap konten tidak salah. Jika tidak ingin melakukan kesalahan, kita biasanya akan membutuhkan tools tambahan untuk melakukan analisis itu.

Beberapa fitur advance seo analytic rank math pro adalah:

  • Track Top 5 Winning Keywords
  • Track Top 5 Losing Keywords
  • Track Top 5 Winning Posts
  • Track Top 5 Losing Posts
  • Rank Tracker
  • Rangking keyword and content

Di bagian Rank Math > Analytic > SEO Performance. Kita bisa melihat top 5 winning dan losing post. Selain itu juga ada performa dari keseluruhan konten. Bahkan jika kita membuka lebih jauh, ada keterangan tentang seo score, saran seonya, kecepatan halaman, trendnya di google, hingga semua keyword yang diketikkan pengunjung untuk post tersebut akan muncul. Analisis seonya sangat lengkap!

Kemudian di bagian Tab Keywords, kita disajikan dengan data top 5 winning dan losing keyword. Tersedia juga data lengkap tentang keyword yang ada di blog kita. Mulai dari posisinya, historinya, impresi, jumlah klik dll. Semua bisa kita analisis dengan mudah di Rank Math pro.

keunggulan rank math pro analisis keyword

Bahkan kita bisa juga melihat artikel mana yang masuk posisi 3, posisi 4-10 dan seterusnya lengkap dengan kwyword yang digunakan.

Terakhir dibagian Rank Tracker, kita bisa dengan mudah memantau kondisi konten pilar atau konten unggulan di pencarian. Cukup dengan memasukkan keywordnya maka kita bisa langsung melacak posisi artikel tersebut.

Itulah beberapa fitur Rank Math pro yang powerfull menurut saya. Terutama tools analisis keyword ini tidak akan kamu dapatkan jika tidak menggunakan Ahrefs yang harganya juga cukup mahal. Rank Math pro sepertinya tidak hanya plugin SEO yang paling ringan tapi juga All in One SEO.

Sebenarnya masih banyak fitur lainnya seperti Google data fecth frequency, Support schema dataset, fact check, corousel dll. Namun dari semua fitur yang ditawarkan oleh versi pronya, fitur di ataslah yang paling powerfull. Menurut saya untuk saat ini Rank Math pro mempunyai fitur yang bahkan lebih baik dari Yoast premium.

Bagaimana tertarik untuk mencoba keunggulan Rank Math?

Saya menyediakan jasa install Rank Math dengan tipe licensi Business. Jika Anda tertarik silahkan menghubingi saya melaui nomer yang ada pada menu contact blog ini. Untuk harga yang saya tawarkan juga sangat murah.

Khusus dua orang pembeli pertama harganya 50 ribu saja. Bayangkan dari harga resmi 59 dollar US jadi 50 ribu, kurang murah apa lagi coba? Setelah itu harga akan normal antara 120-150 ribu. Jadi silahkan buat kamu yang tertarik, mumpung masih ada kesempatan! Oiya saya juga menyediakan lisensi resmi plugin AMP for WP dan WP Rocket.

Sekian artikel tentang beberapa keunggulan Rank Math pro yang sudah saya coba selama ini. Semoga bisa membantu kamu yang masih bingung tetang fitur Rank Math versi premium ini.

Bagikan:

Leave a Comment