GeneratePress: Template WordPress Premium Terbaik Saat ini

Buat Anda yang peduli dengan performa dan kecepatan website, cobalah beralih ke template Generatepress. Karena Anda akan sadar betapa bagusnya susunan template ini. Bahkan bisa dibilang ini adalah template wordpress terbaik yang pernah ada.

Perlu diketahui setidaknya ada dua faktor utama yang mempengaruhi kecepatan website. Pertama adalah server hosting yang bagus, dan kedua adalah pemilihan template yang memang ringan. Sedangkan faktor lain hanyalah optimasi dari sisi pengguna saja.

Ketika dua faktor tersebut terpenuhi, maka akan mudah membuat webiste kita cepat. Bahkan untuk pengguna share hosting sekalipun, tidak mustahil untuk mendapatkan skor kecepatan pagespeed hampir sempurna.

Apa itu generatepress?

Generatepress adalah tema wordpress yang sangat ringan dengan mengutamakan kecepatan, stabilitas, dan aksesibilitas. Semua kode ditemplate ini sudah dioptimasi sedemikian rupa oleh pengembang. Bahkan dengan tema dasar hanya menggunakan css 5.2kb dan js 2.5kb, Anda sudah bisa membuat halaman website seperti ini:

Demo generatepress standar

Sangat luar biasa kan? Itulah kenapa tema ini sangat cocok digunakan sebagai pondasi dalam menangani proyek situs web apa pun. Terlebih lagi tema ini bisa dikustomisasi dengan flexible, ringan dan juga stabil.

Fitur GeneratePress

Tidak hanya cepat saja karena minimal fitur, generatepress juga sudah mempunyai banyak fitur yang bisa digunakan dan aktif ketika hanya dibutuhkan. Buat Anda yang baru berkenalan dengan GeneratePress berikut beberapa fiturnya:

  • Template serbaguna yang ringan.
  • Support Gutenberg.
  • Bisa cutom style sesuka hati.
  • Support Woocommerce.
  • Advanced Hook: Hook adalah cara yang bisa kita gunakan untuk menambahkan elemen apapun di template. Jadi bisa bebas menambahkan apapun tanpa harus menggunakan plugin eksternal lagi.
  • Support Second Navigation.
  • Infinite scrool.
  • Sticky navigasi.
  • Masonry grid.
  • Bisa buat desain layout sesuka hati dengan theme builder atau Generateblock.
  • Tersedia berbagai tema pilihan tinggal import dan modif.

GeneratePress Free vs Premium

Template GeneratePress juga tersedia versi gratisnya yang bisa Anda download di repository wordpress. Bedanya dengan versi premium adalah dari segi fiturnya. Versi premium mempunyai lebih banyak fitur terutama masalah kustomisasi.

Berikut beberapa perbedaan versi gratis dan premiunya:

FiturVersi FreeVersi Premium
HargaGratisUSD 59-249
Setting layoutTerbatasTak terbatas
Site LibraryХ
Unlimited ColorХ
TypographyХ
ElementХ
WoocommerceХ
Menu PlusХ
SpacingХ
BackgroundsХ
CopyrightХ
Disable ElementsХ

Gimana sudah jelas kan? Intinya GeneratePress premium menambahkan fitur yang lebih banyak untuk kustomisasi template versi freenya.

Apabila Anda ingin membuat blog dengan tampilan yang elegan atau woocommerce, saya sarankan untuk menggunakan versi premiumnya. Karena versi free tampilannya sangat standar.

Kenapa harus Generatepress?

Ada beberapa alasan saya memilih Generatepress dan menjadikannya sebagai template wordpress premium terbaik. Pertama karena faktor kecepatan sudah pasti terbaik, kemudian support dan dokumentasinya paling lengkap, dan terakhir fitur dan desainnya bisa flexibel (tidak kalah dengan tema premium lain).

Template serbaguna dengan performa terbaik

GeneratePress dikembangkan dengan mengusung jargon “lightweight WordPress theme“. Jadi tidak heran jika tema ini bisa sangat cepat. Berikut hasil kecepatan blog saya saat menggunakan Generatepress. Padahal saya hanya menggunakan share hosting dengan ram 1GB.

Hasil tes pagespeed template generatepress
Hasil tes pagespeed
skor performance audit Geekflare template generatepress
Hasil skor audit performance dari Geekflare

Masih ingatkan diawal artikel saya mengatakan bahwa faktor utama kecepatan web itu dipengaruhi oleh tema juga. Tema yang berat sebesar apapun usaha yang kita lakukan untuk optimasi akan tetap saja berat. Karena dasar temanya sudah berat!

Berbeda halnya jika tema yang digunakan dasarnya adalah ringan. Cukup dengan beberapa optimasi kecil saja, maka kecepatan situs web bisa meningkat secara drastis.

Terlebih lagi sekarang google sudah memasukkan kecepatan sebagai faktor ranking di pencarian. Ingin tetap disayang google? Pertimbangkan kecepatan dalam memilih tema blog.

Salah satu faktor yang membuat tema ini bisa sangat cepat adalah karena kita bisa menonaktifkan fitur element yang tidak dibutuhkan melalui premium module Disable Elements.

Dokumentasi paling lengkap

GeneratePress adalah salah satu template yang mempunyai dokumentasi paling lengkap (https://docs.generatepress.com/). Semua tutorial terkait pengaturan template, optimasi, kustomisasi sudah tersedia lengkap dan rapi. Jadi tidak perlu khawatir buat orang awam yang masih baru menggunakan template ini.

Halaman dokumentasi generatepress

Tidak hanya dokumentasi lengkap, GeneratePress juga mempunyai forum tanya jawab seputar masalah template. Kabar baiknya lagi forum tersebut dibuka ke publik, sehingga siapapun bisa mengakses dan mempelajarinya di google.

Tersedia Premium Modules

Premium module adalah fitur premium yang bisa digunakan untuk kustomisasi tema GeneratePress lebih kompleks. Mulai dari Site Library (kumpulan desain tema generatepress siap pakai), Elements (advanced hook, layout, menambahkan page hero dll), Woocommerce dan beberapa fitur kustomisasi lainnya.

Premium module generatepress

Hal yang paling saya sukai dari GeneratePress adalah adanya fitur hook. Dengan fitur ini kita bisa mengatur layout atau menyisipkan konten di area manapun sesuka hati. Caranya juga mudah, cukup masukkan konten/kodenya dan kemudian pilih ingin ditampilkan di area mana. Sangat simpel!

Desain konten sesuka hati dengan GenerateBlocks

GenerateBlocks dikembangkan oleh pengambang yang sama dengan GeneratePress. Tentunya dengan tetap mengusung tagline yang sama yaitu kecepatan dan kestabilan.

tampilan generateblocks

Dengan mengkombinasikan GeneratePress dan GenerateBlocks kita bisa membangun setiap bagian situs web secara visual tanpa menyentuh kode apapun. Bahkan bisa bebas membuat desain apa pun yang Anda butuhkan. Pilihannya tidak terbatas bro!

Berapa harganya?

Ada dua pilihan harga yang disediakan oleh Generatepress. Pertama sebesar USD 59 untuk update setahun dan pilihan kedua yaitu lifetime update dengan harga USD 249. Harga ini terbilang cukup bersaing mengingat performa dan fitur yang diberikan.

Nah buat Anda yang tertarik ingin mencoba template premium wordpress ini bisa melakukan pembelian langsung pada halaman websitenya. Namun jika merasa harga tersebut cukup mahal, bisa menggunakan jasa install dari kami. Harganya juga sangat murah, yaitu 80 ribu /domain (promo terbatas). Tentunya bisa otomatis update dashboard wordpress lifetime.

Kelebihan yang lain adalah:

  • Otomatis update dashboard wordpress berlaku lifetime (karena saya menggunakan versi lifetime).
  • Garansi selama domain masih sama.
  • Akan dibantu dengan senang hati apabila ada kendala teknis.
  • Bisa request custom desain (dengan biaya tambahan).
  • Apabila masih awam akan disettingkan templatenya hingga selesai.

Kesimpulan

Saya memilih GeneratePress sebagai template wordpress premium terbaik karena tema ini sangat ringan, stabil, dokumentasi lengkap, dan fiturnya juga powerful. Cocok buat tema web apa saja mulai dari blog pribadi, portofolio bisnis hingga woocommerce.

Tinggalkan komentar