Aplikasi Pengolah Kata Terbaik

Aplikasi Pengolah Kata – Jika kamu seorang mahasiswa atau pelajar atau seorang profesional tentu akan butuh sebuah aplikasi pengolah kata, seperti yang paling populer adalah aplikasi pengolah kata Microsoft Word yang sudah dari zaman pertama komputer beredar di dunia, Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer.

Pengguna komputer tidak terlepas dari aplikasi pengolah kata ini, karena merupakan salah satu fungsi utama dari komputer yaitu membuat tulisan-tulisan atau pekerjaan yang tidak terlepas dari tulisan. Terutama bagi orang-orang yang bekerja di bidang tulisan seperti content writer.

Banyak dari kita yang mengenal aplikasi pengolah kata hanya Microsoft Word saja, tapi tahukah Anda bahwa banyak sekali aplikasi olah kata yang bisa digunakan selain Microsoft Word. Terutama pada zaman sekarang aplikasi tidak hanya hadir di PC ataupun laptop juga hadir di mobile seperti di Android ataupun di IOS.

Bagi Anda yang senang menggunakan smartphone untuk bekerja aplikasi olah kata dia HP atau di smartphone akan sangat membantu anda dalam pekerjaan. Namun kebanyakan orang yang bekerja hanya menggunakan PC ataupun laptop karena menggunakan PC dan laptop memiliki keleluasaan dalam bekerja selain dari layarnya lebih besar, dan juga penggunaannya lebih cepat dengan menggunakan mouse. Untuk itu berikut beberapa aplikasi pengolah kata yang bisa digunakan selain Microsoft Word.

aplikasi pengolahan kata

Aplikasi pengolah kata

Microsoft Word

Tidak lengkap membahas aplikasi pengolah kata ketika kita tidak membahas Microsoft Word, Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang sudah sangat populer dan sudah sangat mendunia. aplikasi pengolah kata ini juga saat ini tersedia di mobile seperti di Android sehingga Anda bisa menggunakan Microsoft Word secara mobile di HP anda.

Untuk aplikasi Microsoft Word yang ada di PC, anda bisa mendapatkannya secara gratis ketika Anda membeli laptop atau PC terbaru, karena beberapa perusahaan laptop juga membundling pembelian laptop atau PC tersebut dengan aplikasi Microsoft Office. Termasuk di dalamnya adalah Microsoft Word.

Untuk penggunaan di mobile anda bisa mendownloadnya secara gratis di Play Store, namun seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa menggunakan aplikasi pengolahan kata di mobile tentu akan sangat merepotkan dibandingkan dengan menggunakan aplikasi pengolahan kata yang ada di PC atau di laptop. Karena menggunakan aplikasi pengolahan kata di PC akan jauh lebih mudah, selain menggunakan Mouse untuk mengarahkan pointer dan juga keyboard yang lebih besar saat melakukan pengetikan berbeda dengan keyboard yang ada di HP atau smartphone. Selain itu layar laptop atau pc yang lebih besar akan lebih memudahkan bekerja menggunakan aplikasi pengolahan kata di PC atau di laptop dibandingkan di HP.

Google Docs

Saat ini anda memiliki pilihan lain untuk menggunakan aplikasi pengolahan data, selain dari menggunakan Microsoft Word seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Anda juga bisa menggunakan layanan Google yang satu ini. Google Docs adalah layanan dari Google untuk aplikasi pengolahan kata yang sama persis kegunaannya dengan Microsoft Word. Selain kegunaannya yang bisa dibilang sama persis, fitur-fitur yang diberikan juga mirip, tampilan yang diberikan Google Docs juga sangat mirip dengan Microsoft Word.

Sehingga tidak perlu kesulitan ketika anda sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word. Kelebihannya lagi Anda bisa menggunakan Google Docs ini secara gratis, tidak seperti Microsoft Word, yang mengharuskan Anda membeli lisensi asli dari Microsoft. Namun kekurangannya adalah anda hanya bisa menggunakan Google Docs ketika anda terkoneksi dengan internet, sehingga ketika anda ingin bekerja pastikan anda memiliki koneksi internet yang lancar agar tidak mengganggu proses bekerja Anda menggunakan aplikasi pengolahan kata Google Docs.

Open Office Writer

Seperti namanya Open Office Writer, aplikasi ini adalah aplikasi pengolahan kata yang gratis atau bisa digunakan secara terbuka, istilah Open banyak sekali digunakan dalam dunia software, dikenal dengan istilah open source atau sumber terbuka yang bisa diartikan secara mudah adalah aplikasi gratis.

Dengan Open Office Writer Anda bisa menggunakan fitur-fitur yang hampir mirip dengan Microsoft Word, tanpa harus mengeluarkan biaya untuk menggunakannya. Kemampuan untuk mengolah kata juga hampir sama dengan Microsoft Word dengan fitur-fitur yang fleksibel dalam melakukan pengolahan kata dan penyimpanan dokumen.

WPS Writer

WPS writer juga aplikasi pengolah kata yang bisa dibilang sudah sangat terkenal, yang menjadi salah satu pesaing dari Microsoft Word. Aplikasi ini menawarkan banyak sekali fitur-fitur pengolahan kata yang hampir mirip dengan Microsoft Word, dan paling banyak di gunakan oleh para pekerja sebelum menggunakan lisensi Microsoft original. Bahkan beberapa distributor laptop ataupun notebook juga memberikan WPS Writer ke dalam paket penjualan.

Saat ini WPS writer juga tersedia di aplikasi mobile yang bisa anda download di Play Store, sehingga jika anda terbiasa dengan WPS writer di PC anda bisa menggunakannya dengan mudah di versi mobile-nya.

Docs To Go

Aplikasi pengolahan kata berikutnya adalah docs to go, aplikasi ini juga populer dalam kalangan mahasiswa dan juga pekerja kantor, karena jika memiliki fitur-fitur yang seperti Google Docs ataupun juga Microsoft Word. Aplikasi ini juga dapat di-install di perangkat HP di Android Anda sehingga akan memudahkan bagi Anda yang ingin melakukan pengolahan kata yang di HP. Anda juga bisa melihat atau membuka file selain dari file doc, yaitu file PDF dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Selain itu fitur yang yang disukai adalah Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan gratis dan bisa menyimpan file dokumen Anda ke dalam beberapa format file lainnya.

Pages

Aplikasi pengolahan kata berikutnya adalah pages, aplikasi ini hanya tersedia di Apple yaitu Mac OS juga saat ini anda bisa coba cari di AppStore di IOS anda. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang hampir mirip dengan aplikasi Microsoft Word yaitu sangat memudahkan penggunanya untuk membuat kebutuhan-kebutuhan pengolahan kata seperti laporan harian, makalah atau kebutuhan laporan lainnya. Anda juga bisa membuat atau membuka file dalam beberapa format file, seperti docx, PDF, txt dan juga doc

Demikian aplikasi pengolahan kata yang bisa anda gunakan baik secara online maupun offline dan juga beberapa yang di antaranya di atas adalah aplikasi pengolah kata yang gratis. Setiap aplikasi tentunya memiliki desain yang cukup berbeda dan juga memiliki fitur-fitur biasanya yang memiliki keunggulan tersendiri.

Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan aplikasi pengolah kata, Anda harus mencoba satu-persatu yang mana yang paling cocok untuk anda. Tentu Microsoft Word sudah sangat familiar, dan paling banyak digunakan di seluruh dunia, tetapi tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi lain yang sudah dituliskan di atas, terlebih lagi jika penggunaan itu adalah penggunaan secara gratis seperti halnya Google Docs ataupun Open Office writer. Yang bisa anda akses dengan gratis tanpa batasan fitur dan juga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan membuat atau mengelola dokumen.

 

Tinggalkan komentar