Biaya Modal Usaha Martabak Manis, Keuntungan, Dan Tips Suksesnya

Berapa sih biaya modal usaha martabak manis? Martabak manis merupakan penganan yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Makanan ini dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai kuliner memiliki citarasa lezat dan manis. Para pedagang martabak manis membuka usaha martabak manis dengan berbagai macam cara. Ada yang menjalankan usaha berjualan martabak manis secara keliling dan adapula yang mangkal.

Bagi pedagang martabak manis mangkal menggunakan gerobak biasanya mulai sibuk membuka gerai jualan martabak manisnya di tempat strategis saat sore hari. Beberapa pedagang martabak manis menjalankan usaha martabak manis sebagai usaha utama dan adapula yang menjadikan sebagai sampingan.

Terdapat berbagai macam jenis martabak manis yang sudah umum di pasaran berdasarkan bahan, toping maupun bentuknya. Dari segi bentuk ukuran terdapat 2 macam martabak manis yaitu ukuran standar serta ukuran mini. Harga yang dibanderol pun berbeda-beda.

  • Martabak manis ukuran standar biasa dijual dikisaran Rp 10 ribu sampai dengan Rp 20 ribu
  • Martabak ukuran mini dibanderol Rp 1000 sampai Rp 2000 perporsi. Harga tersebut berbeda-beda tergantung lokasi di setiap daerah.

Sedangkan berdasarkan bahan baku terdapat dua jenis martabak yakni martabak manis serta martabak telor. Kedua macam martabak tersebut bisa digabungkan menjadi satu usaha martabak atau dengan kata lain, ada sejumlah gerai usaha pedagang martabak yang menjual dua jenis martabak sekaligus dalam satu gerobak atau gerai yang sama yakni martabak manis dan martabak telor.

Martabak manis dan martabak telur enak sekali untuk disantap bersama keluarga atau teman tercinta. Namun yang lebih banyak penggemar dan paling populer adalah martabak manis memiliki beragam toping yang menarik seperti toping keju, meises, stroberi, susu coklat, pisang keju, ketan hitam, kacang hijau dan toping lainnya.

Umumnya martabak manis lebih enak dinikmati ketika sedang dalam kondisi hangat. Walaupun demikian dalam kondisi dingin pun martabak tetap nikmat. Martabak manis sangat cocok dijadikan makanan untuk menjamu tamu maupun cemilan pribadi. Penjualan martabak manis di Indonesia terbilang tinggi. Mengingat jumlah peminat martabak lumayan besar di masyarakat kota maupun desa di tanah air. Hal tersebut menjadikan bisnis martabak adalah sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan dan laris manis sepanjang masa.

Jika Anda sedang mencari peluang usaha terbaru untuk menambah pendapatan maka sangat perlu anda memperhitungkan untuk mengambil peluang usaha martabak manis. Akan tetapi semua itu memerlukan pertimbangan yang matang termasuk perencanaan rincian biaya modal usaha yang harus disiapkan.

Biaya Modal Usaha Martabak Manis

Tanpa adanya modal usaha yang memadai maka usaha martabak manis yang akan Anda jalankan tidak akan berhasil dengan baik. Persiapan modal usaha martabak manis ada dua macam yakni modal investasi dan modal operasional usaha.

Modal investasi adalah modal usaha martabak manis yang bersifat tetap dan bertahan lama. Sedangkan modal operasional adalah modal awal biaya sehari-hari agar usaha bisa berjalan.

Modal usaha martabak manis secara lengkap meliputi pembelian cetakan martabak manis, bahan baku, sewa lokasi usaha, pembelian gerobak atau booth, pembelian pemanggang atau kompor gas maupun gas elpiji ukuran 3 kg beserta isinya, spatula, kursi, meja, talenan, pisau, serbet, parutan keju dan peralatan usaha martabak lain-lain. Jika ditotalkan jumlah biaya modal usaha martabak manis maka modal awal yang harus dipersiapkan minimal sebesar Rp 4,5 juta.

Sedangkan untuk biaya modal operasional usaha martabak manis meliputi pembelian bahan baku. Seperti ragi, meises, keju, susu kental manis, mentega atau margarin, gula pasir, pisang, garam, tepung terigu, baking powder, air, telur, kemasan pembungkus, dan lain-lain. Modal biaya operasional disesuaikan dengan kebutuhan bisa mencapai dua juta rupiah sebagai awal usaha. Jika Anda membuka usaha martabak manis dan martabak telor secara sekaligus dalam satu gerai atau gerobak yang sama tentu modal usaha yang diperlukan lebih besar lagi.

Keuntungan Usaha Martabak Manis

Berbicara keuntungan usaha martabak manis tentu menjadi hal yang dinanti-nantikan. Besaran besar kecil keuntungan usaha martabak manis berdasarkan volume penjualan yang didapatkan. Keuntungan usaha martabak manis bervariasi tergantung lokasi dan ramainya pembeli. Kadang keuntungan lebih besar didapatkan saat hari libur nasional atau akhir pekan.

Sebagai perkiraan apabila dalam satu hari Anda mampu menjual martabak manis original sebanyak 20 buah dan martabak manis aneka toping sebanyak 20 buah. Dengan patokan Anda menjual martabak manis dengan rasa original sebesar Rp 14 ribu. Adapun harga martabak manis toping campuran sebesar Rp 15 ribu. Berarti pendapatan Anda perhari dari jualan martabak manis original sebesar Rp 14 ribu dikali 20 =Rp 280 ribu. Sedangkan pendapatan perhari dari jualan martabak manis toping campuran sebesar Rp 15 ribu dikali 20 = Rp 300 ribu.

Sehingga omset bisnis martabak manis perhari sebesar Rp 580 ribu. Dikalikan sebulan maka omset kotor usaha berjualan martabak manis sebulan sebesar Rp 17,4 juta. Dipotong biaya operasional usaha dan investasi maka keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 6 jutaan. Keuntungan tersebut dapat ditingkatkan dengan Anda membuka cabang-cabang baru dan mempekerjakan sejumlah karyawan.

Tips Sukses Usaha Martabak Manis Laris Manis

Martabak manis adalah kuliner yang banyak disukai oleh semua kalangan. Dari mulai anak-anak hingga orangtua. Sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam menjual dan membuka usaha martabak manis. Namun untuk bisa meningkatkan penjualan ada beberapa upaya yang bisa dilakukan. Berikut ini sejumlah tips sukses usaha martabak manis laris manis, antara lain :

1. Lokasi strategis

Anda bisa memilih usaha berjualan martabak manis di lokasi yang strategis. Seperti di dekat pusat keramaian orang. Seperti pasar, pusat perkantoran, pinggir jalan yang ramai lalu lintas orang dan lain sebagainya. Seiring dengan banyaknya pangsa pasar yang potensial di dekat gerai usaha martabak manis Anda maka peluang sukses akan lebih besar. Contoh lokasi strategis lainnya adalah pasar malam, depan minimarket, dll.

2. Memilih lokasi yang minim pesaing

Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu untuk melihat apakah di sekitar lokasi Anda terdapat pesaing. Seberapa tinggi tingkat persaingan? Jika dirasakan usaha martabak manis masih jarang pesaing padahal pangsa pasarnya besar maka itu peluang bagus bagi Anda untuk memulai buka usaha martabak manis. Untuk lebih menarik pembeli, Anda bisa mengadakan aneka macam toping yang menarik seperti toping keju, pisang, ketan hitam, kacang hijau, strawberry dan lain sebagainya.

3. Penjualan online

Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa memasarkan martabak secara online. Misalkan melalui media sosial facebook, twitter, Whatsapp, instagram dan lain-lain.

4. Kualitas rasa enak dan fresh

Hal yang turut mendukung kesuksesan usaha martabak manis adalah membekali diri dengan resep martabak manis yang lezat. Hal tersebut bisa Anda lakukan melalui percobaan sampai didapatkan resep martabak manis yang enak dan lezat serta pas untuk jualan.

5. Menjaga kebersihan serta ramah

Terakhir, tips sukses membuka bisnis martabak manis adalah melayani pembeli dengan baik seperti murah senyum, ramah dan menjaga kebersihan tempat dan martabak manis.

Demikianlah biaya modal usaha martabak manis, keuntungan dan tips sukses membukanya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Tinggalkan komentar