Cara Cek Rekening Penipu dengan Mudah

Cara Cek Rekening Penipu – Penipuan online kerap kali masih terjadi di beberapa bulan atau tahun belakangan ini, meskipun semakin banyak informasi mengenai kehati-hatian dalam transaksi online, ataupun kehati-hatian ketika menerima apapun informasi mengenai undian berhadiah. Namun kerap kali kita dengar bahwa beberapa orang di Indonesia masih saja menjadi korban penipuan online. Penipuan online merupakan sebuah penipuan yang bisa dibilang cukup sulit untuk kita melacak siapa pelakunya apa lagi sampai menangkapnya.

Karena kebanyakan dari pelaku menggunakan data-data palsu atau cara-cara yang sangat sulit untuk kita cari tahu atau telusuri siapa pelakunya. Sebagai contoh misalnya penipuan menggunakan SMS, yang mana nomor yang biasa digunakan menggunakan nomor yang bukan milik pribadi, atau nomor HP yang biasanya digunakan untuk penipuan saja, dengan data pendaftaran mungkin juga dibuat palsu.

Penipuan online juga terkadang merupakan salah satu penipuan yang tidak semua orang sadar bahwa dia sedang tertipu, karena mungkin saja menggunakan beberapa teknik yang secara awam banyak yang tidak mengetahui bawa teknik-teknik mereka itu adalah teknik untuk menipu, bisa saja menggunakan cara untuk transfer menggunakan Mobile Banking, yang mungkin beberapa pengguna tidak begitu paham bagaimana cara menggunakan Mobile Banking, sehingga mereka secara tidak sadar melakukan transfer kepada rekening penipu.

Lalu Bagaimana cara kita untuk mengetahui atau melacak, atau bahkan melaporkan penipuan tersebut. Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah dengan mencari tahu pemilik rekening tersebut. Sehingga cara cek rekening penipu adalah cara yang harus kita pahami ketika terjadi sebuah penipuan online. Selanjutnya kita bisa bertindak sebagai pelapor, untuk melapor rekening penipu tersebut yang semoga saja pihak bank pemilik rekening tersebut bisa menindaklanjuti, secara proses hukum kepada pemilik rekening tersebut. Tentu saja kita berharap bahwa, penipu tersebut bisa segera tertangkap dan uang yang sudah terlanjur transfer bisa kita miliki lagi.

Dan bagaimanakah cara cek rekening penipu online? Kita akan bahas bagaimana cara cek rekening penipu online, yang semoga saja bisa membantu untuk mencegah terjadinya penipuan online ataupun, hal-hal yang tidak diinginkan seperti telah tertipu, bisa melakukan langkah-langkah upaya hukum dengan melaporkan pemilik rekening tersebut.

cara cek rekening penipu

Cara Cek Rekening Penipu

Sebelum kita mulai secara teknis Bagaimana cara cek rekening penipu, mungkin ada baiknya kita mau mengingat kembali bagaimana cara melakukan transaksi online dengan aman. Yang pertama pastikan transaksi online dilakukan kepada orang yang kita kenali secara jelas, dengan begitu kita tidak akan melakukan transfer kepada orang yang tidak bertanggung jawab. Namun jika terpaksa harus transaksi dengan orang yang kita tidak kenali, maka pastikan sudah banyak transaksi yang telah berhasil dan orang tersebut memang orang yang terpercaya. Akan jauh lebih aman jika kita bertransaksi jual beli di marketplace, karena di marketplace terdapat sistem yang lebih aman, seperti dana kita akan ditahan oleh pihak marketplace tersebut, sampai produk atau barang yang kita pesan benar telah kita miliki dengan sesuai.

Sehingga jika terjadinya kesalahan oleh penjual, maka bisa jadi dana yang kita transfer bisa kita dapatkan lagi dan barang yang sudah penjual kirim bisa kita kembalikan.

Lalu Bagaimana jika sudah terlanjur terjadi penipuan? Jika memang telah terjadi penipuan dan kita tidak lagi bisa mencari informasi mengenai penipu tersebut, mungkin karena nomor HP atau media yang digunakan telah dihapus, atau penipu tersebut berusaha menghilangkan jejak. Satu-satunya cara adalah kita mencari tahu cara cek rekening penipu, dengan harapan kita bisa melakukan pelaporan sehingga rekening penipu tersebut bisa diblokir, bahkan kita sangat berharap uang yang telah ter transfer bisa dikembalikan.

Untuk cara cek rekening penipu kita bisa menggunakan salah satu aplikasi, yang resmi disediakan oleh Kementerian komunikasi dan Informatika atau kominfo, untuk mengecek nomor rekening yang tidak dikenali. Kementerian komunikasi dan Informatika menyediakan sebuah situs yang bernama cekrekening.id, yang mana dengan situs ini kita bisa mengetahui nomor rekening yang tidak dikenal.

Ini merupakan sebuah solusi yang baik, bagi banyak masyarakat yang ingin bertransaksi secara online dan terhindar dari penipuan, cara cek rekening penipu sebelum melakukan transaksi. Siapa tahu saja rekening yang akan kita transfer, adalah rekening penipu yang sudah dirilis oleh aplikasi cek rekening dot id dari Kementerian komunikasi dan Informatika atau kominfo.

Untuk cara gunakan nya juga sangat mudah berikut langkah-langkah cara cek rekening penipu.

  • Buka situs cek rekening dot id, menggunakan browser anda Baik itu di desktop ataupun di mobile
  • Pada menu periksa rekening klik cek sekarang
  • Kemudian Anda bisa Pilih jenis akun bank atau iwallet
  • Isikan detail dari walet ataupun bank yang menjadi sasaran anda
  • Kemudian isikan nomor rekening dari walet ataupun bank tersebut
  • Kemudian pastikan anda berhasil centang di Saya bukan robot atau captcha nya.
  • Kemudian klik cek sekarang

Hanya dengan beberapa langkah mudah tersebut kita bisa mengetahui informasi nama pemilik rekening, status verifikasi dan apakah rekening tersebut terindikasi melakukan penipuan dan telah terlapor oleh pengguna lain, Anda juga bisa melihat jumlah laporan yang telah dilakukan untuk rekening tersebut. Dengan cara ini anda mengetahui persis bahwa sebuah rekening itu telah ditandai atau diindikasi sebagai penipu, karena beberapa orang sebelumnya sudah melakukan pelaporan terhadap nomor rekening tersebut.

Namun perlu diingat jika tidak adanya data atau indikasi dari nomor rekeningnya Anda masukan, itu tidak berarti bahwa rekening tersebut bukan rekening penipu. Sebuah kewajiban bagi anda untuk selalu memastikan keamanan, transaksi anda sendiri, pastikan anda melakukan transfer kepada orang yang terpercaya.

Lalu Bagaimana jika nomor rekening yang Anda masukkan itu benar adalah rekening penipu. Aplikasi cekrekening.id yang disediakan oleh Kementerian komunikasi dan Informatika memiliki sebuah fitur untuk melaporkan nomor rekening yang sudah terindikasi penipuan. Adapun caranya sebagai berikut:

Cara lapor rekening yang mencurigakan

  1. Masih tetap di aplikasi cek rekening dot id
  2. Klik laporkan sekarang di menu laporkan rekening
  3. Masukkan data rekening
  4. Lengkapi data terlapor dan pelapor
  5. Jelaskan kronologi dan upload bukti kronologi
  6. Setelah anda melakukan semua pengisian dengan lengkap data Anda akan diverifikasi untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya

Seperti itu cara untuk melapor rekening mencurigakan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mendaftarkan nomor rekening pemilik bisnis sehingga, pemilik bisnis tidak lagi dianggap sebagai rekening penipuan, atau pemilik bisnis bisa membuat nomor rekeningnya menjadi semakin tak percaya oleh para pelanggan.

Untuk melakukan pendaftarannya juga sama, masih menggunakan aplikasi cekrekening.id., ke menu daftar rekening. Isi data rekening dan pemilik bisnis kemudian upload seluruh data yang dibutuhkan. Demikian Cara cek rekening penipu di situs cek rekening id, semoga membantu. jangan lupa share artikel ini jika memang bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar