Cara Menambah Partisi C Windows 10 Tanpa Install Ulang

Cara menambah partisi c windows 10 bisa dilakukan melalui Disk Management. Namun cara ini memiliki kekurangan yaitu kita harus memformat datanya terlebih dahulu jika partisi tidak berdekatan. Oleh karena itu pada artikel ini saya akan menuliskan tutorial alternatif untuk menambah partisi c jika cara tersebut tidak berhasil.

Banyak kasus pengguna windows yang mengeluh partisi c nya penuh. Padahal saat ditanya install apa saja? jawabannya tidak instal apa-apa.

Begitu saya cek ternyata ukuran local disk c nya yang sedikit sekali. Bahkan ada yang saya temui cuma 50GB. Kalau ukurannya segitu pantas aja cepat penuh. Itu mah buat sistem windows aja mungkin sudah hampir setengahnya.

Seharusnya berapa ukuran memori local disk c?

Setidaknya alokasikan memori sebesar 100GB untuk partisi c. Kenapa? Karena ini untuk memberikan ruang kepada aplikasi yang Anda install. Sebagai cadangan juga buat nyimpan file sementara ataupun menyimpan file-file lainnya yang Anda download.

Cara menambah partisi C windows 10 tanpa instal ulang

Untuk menambah ukuran local disk c pada dasarnya ada dua cara yaitu menggunakan disk management tools bawaan windows dan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara menambah partisi c melalui Disk Management

Pada awal artikel saya bilang bahwa cara ini terkadang tidak berhasil. Karena harus memformat datanya terlebih dahulu. Namun ada kondisi dimana cara ini bisa digunakan dan lebih praktis. Kondisi tersebut yaitu partisi yang ingin dikurangi dan yang ingin ditambah harus bersampingan.

Contohnya seperti apa? Silahkan buka disk management ( Win+X, pilih disk management) kemudian bandingkan dengan gambar di bawah ini.

Disk management windows 10

Perhatikan gambar di atas. Jika kondisi seperti itu, langsung skip saja cara ini (ikuti cara ke dua). Itu tandanya kita hanya bisa menambah partisi c nya melalui partisi yang ukuran 100MB dan 800MB.

Hati-hati, jangan asal menghapus partisi! Terutama yang tidak muncul di file explorer. Karena bisa jadi itu partisi file sistem windows.

Jika ingin mengambil ruang kosong dari data D, maka partisi tersebut harus bersampingan dengan local disk c. Jadi sistemnya berurutan mulai dari parti C, D dan E.

Selain syarat partisi c harus bersampingan dengan partisi yang akan dikurangi memorinya, syarat kedua adalah tipe partisi harus NTFS bukan FAT32 atau yang lainnya.

Jika kedua syarat tersebut terpenuhi, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menambah partisi c nya.

  • Pada tampilan Disk Management, klik kanan partisi yang ingin dikurangi memorinya, pilih Shrink Volume.
  • Kemudian masukkan berapa ukuran yang akan di ambil. Ingat satuannya dalam MB, 1GB = 1024 MB. Jadi sisa kalikan saja ingin berapa GB. Setelah itu klik Shrink. Akan muncul partisi unlocated.
  • Selanjutnya klik kanan pada partisi c, pilih Extend volume. Akan muncul wizard setupnya, silahkan klik next hingga selesai.

Cara menambah partisi c dengan aplikasi Minitool Partition Wizard

Cara ini tidak memiliki syarat apapun. melalui aplikasi ini kita bisa menambah besar partisi c sesuka hati tanpa kehilangan data maupun harus instal windows. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Download aplikasi Minitool Partition Wizard.

Kemudian instal seperti biasa hingga selesai dan buka aplikasinya.

2. Resize partisi

Klik kanan pada partisi mana saja yang masih banyak ruang kosongnya (pada contoh ini saya menggunakan partisi E). Kemudian pilih Move/Resize.

Anda bebas menentukan partisi mana saja yang ingin di resize. Jangan resize partisi yang tidak muncul di file explorer, karena itu adalah partisi sistem. Pilih partisi yang mempunyai drive letter seperti D:, E: dll.

Gambar di bawah adalah tampilan dari Move/Resize Partition.

Resize partisi dengan minitool

Pada tutorial ini saya akan menambah partisi c nya sebesar 3GB. Jadi saya akan geser panah kanan ke arah kiri hingga pada bagian Unallocated space after berubah menjadi 3GB. Terakhir klik OK.

Akan muncul partisi unallocated seperti gambar ini.

partisi anallocated di windows 10

3. Menambah ukuran partisi c

Klik kanan pada partisi c nya, pilih Extend. Kemudian pada bagian Take free space from pilih partisi unallocated yang barusan dibuat. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

Menambah ukuran local disk c

Selanjutnya geser slider ke posisi paling kanan (untuk menggunakan semua memori unallocated tersebut).

Menambah ukuran partisi local disk c

Terakhir klik OK.

4. Simpan perubahan

Klik Apply untuk menerapkan perubahan pada partisi tersebut. Kemudian jika ada notif perintah untuk menutup aplikasi lain, silahkan tutup dulu aplikasi yang lain dan kemudian klik Yes. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kegagalan saat melakukan proses partisi.

apply proses partisi minitool

Selanjutnya akan muncul dialog proses partisi seperti berikut.

Proses menambah partisi c dengan minitool

Silahkan tunggu hingga prosesnya selesai. Biasanya agak lama, saya sendiri kurang lebih sekitar 10 menit. Tergantung dari banyaknya ukuran partisi yang akan di resize.

Apabila langkah di atas kurang jelas, silahkan lihat versi videonya berikut ini.

FAQ tentang cara menambah partisi C tanpa install ulang

Sebelum Anda menanyakan beberapa hal ke saya, berkut saya rangkum beberapa pertanyaan yang biasa ditanyakan mengenai masalah ini.

1. Apakah data laptop akan hilang?

Jawab: Tidak, tidak ada data apapun yang terhapus atau hilang jika mengikuti panduan ini dengan benar. Karena saya sudah mencobanya terlebih dahulu.

2. Apakah aplikasi minitool partition wizard bisa dihapus setelah melakukan partisi?

Jawab: Ya, aplikasi bisa dihapus begitu proses telah selesai. Tidak akan berdampak apapun pada partisi yang telah dibuat.

3. Apakah bisa menambah partisi C dari flashdisk atau dari hardisk eksternal?

Jawab: Menambahkan partisi hanya bisa dilakukan dalam satu hardisk yang sama. Tidak bisa dilakukan di fd maupun dua hardisk yang berbeda.

3. Apakah proses ini memerlukan restart laptop?

Jawab: Aplikasi minitool partition wizard pada versi 12 tidak memerlukan reboot. Kecuali jika Anda menggunakan aplikasi AOMEI Partition Assistant mungkin akan diperlukan restart.

4. Apakah cara ini bisa digunakan di semua versi windows?

Jawab: Ya, baik cara pertama maupun cara kedua bisa digunakan di versi windows 7, windows 8 maupun windows 10.

5. Kalau buat nambah dari partisi C ke D bisa gak?

Jawab: Bisa tinggal dibalik saja. Resize partisi C nya untuk membuat partisi unallocated, kemudian gabungkan unallocated dengan partisi D.

6. Apa bedanya Minitool Partition Wizard dengan AOMEI Partition Assistant?

Jawab: Secara fungsi sama. Hanya saja kebanyakan website menulis cara ini menggunakan AOMEI Partition Assistant. Padahal masih ada tools lain yang sama powerfullnya untuk melakukan hal tersebut.

Sekian tentang cara menambah partisi c windows 10 semoga bemanfaat dan jangan sungkan untuk berkomentar.

Bagikan:

Leave a Comment