3 Cara Mencari Driver yang Pasti Kompatibel

Mungkin kamu pernah mengalami pada saat install ulang laptop atau komputer tampilannya jadi jelek dan besar-besar. Hal ini terjadi karena belum ada driver yang terinstall di laptop agan. Driver merupakan sesuatu yang sangat penting dan wajib ada di laptop atau komputer. Banyak cara untuk mendapatkannya, salah satunya yaitu dengan CD laptop atau dengan mendownload di internet. Permasalahannya biasa yaitu tidak menemukan drver yang cocok alias kompatibel dengan laptop kita. lantas bagaimana caranya? apakah ada cara lain untuk mencari driver yang belum terinstall?

Baca juga: Cara mengatasi no device drivers were found


Tapi tenang saja, ada kok caranya. Agan gak usah khawatir, berikut saya akan uraikan cara mudah mencari driver yang sudah pasti kompatibel. langkah-langkahnya yaitu:

Cara mencari driver laptop yang pasti kompatibel (cocok)

1. Menggunakan situs http://www.devid.info/

#1 Buka Windows Explorer (Win+E) > klik kanan My Computer (This PC), pilih Device manager. akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini.

Tampilan device manager

#2 Pada gambar diatas apabila ada driver yang belum diinstal biasanya ditandai dengan tanda seru warna kuning. kemudian klik kanan pada driver tersebut, pilih properties. Selanjutnya pilih  tab detail, ubah property menjadi harward ids.

Contoh cara Mencari Driver yang Kompatibel

#3 Copy value yang paling atas dengan cara klik kanan kemudian copy (PCIVEN_8086&DEV_0A06&SUBSYS_07621025&REV_0B) dan selanjutnya paste ke situs http://www.devid.info/ apabila driver tidak ditemukan coba gunakan value yang lain.

Contoh Cara Mencari Driver yang Kompatibel

#4 Klik pada drivernya kemudian pilih pada Original file: devid-driver-207858.7z (110 Mb)

download driver laptop

Menggunakan cara ini dijamin drivernya pasti akan cocok dengan spesifikasi laptop. Jadi tidak perlu takut akan terjadi error dan sebagainya. Hanya saja kelemahan dari cara ini adalah kita perlu mencari drivernya secara manual satu persatu.

2. Mendownload langsung di alamat resmi merk laptop

Sebagai contoh merk laptop saya adalah ACER maka saya akan mengunjungi alamat resmi acer di http://www.acer.com/ac/en/US/content/drivers dan kemudian silahkan cari spesifikasi laptop kamu. sebagai contoh laptop saya acer aspire E1 432.

3. Menggunakan aplikasi pihak ke 3

Cara ke 3 ini saya tidak menjamin bahwa driver yang anda cari akan selalu kompatibel tapi ada beberapa aplikasi yang saya sarankan, berkenaan dengan kemampuan mendeteksi dan mencari driver sebuah komputer.

#1 3DP_CHIP : Ini yang saya rekomendasikan
#2 Driver pack solution

Silahkan download salah satu aplikasi pencari driver di atas, kemudian instal. Setelah selesai install, buka aplikasi tersebut dan otomatis aplikasi akan mendeteksi driver laptop yang belum terinstal.

Software tersebut merupakan opensource silahkan cari di google 🙂
Sekian 3 Cara Mencari Driver yang Kompatibel dan cocok buat komputer. semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar