tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Cara Mencari Jurnal Internasional Secara Gratis untuk Skripsi

3 min read

Cara mencari jurnal internasional

Jurnal Internasional merupakan salah satu kebutuhan mahasiswa yang paling sering di cari. Terlebih lagi jika mendekati masa-masa penelitian (skripsi/thesis). Maka jurnal adalah sebuah makanan pokok yang harus di telan setiap hari. Banyak referensi yang harus dikumpulkan untuk menunjang penelitian yang akan di laksanakan. Semakin banyak referensi tentunya akan semakin bagus, terlebih lagi jika jurnal tersebut mempunyai reputasi yang baik. Oleh karena itu sebagai seorang mahasiswa, kamu harus tau bagaimana cara mencari jurnal internasional secara gratis.

Baca juga: Cara mudah translate jurnal bahasa inggris ke bahasa indonesia

Kebanyakan orang mencari jurnal internasional adalah dengan cara mengetikkan kata kuncinya di google. Padahal tidak semua jurnal internasional akan muncul paling atas ketika kamu mengetikkan kata kunci tersebut, sekalipun itu menggunakan kata kunci bahasa inggris.

Kenapa bisa?

Karena google akan lebih mengutamakan konten berdasarkan daerah meskipun kualitasnya lebih rendah. Kecuali jika memang tidak ada konten yang relevan baru google akan menyediakan konten luar. Contoh: Misalnya saya orang indonesia mencari jurnal internasional, google akan berusaha menyediakan konten dari negara indonesia terlebih dahulu, jika tidak ada yang relevan barulah google akan menampilkan konten luar. Seperti itulah kira-kira cara kerjanya mesin pencarian google. (Saat artikel ini di publish)

Meskipun kamu berhasil menemukan jurnal dalam pencarian google, namun rata-rata yang muncul di halaman pertama pencarian adalah jurnal berbayar. Lantas bagaimana cara mencari jurnal internasional yang gratis?

Cara mencari jurnal internasional secara gratis

Berikut ini saya berikan beberapa situs web yang bisa kamu gunakan untuk mencari jurnal internasional yang gratis lengkap dengan cara mencarinya.

1. Directory of Open Acces Journals: https://doaj.org/

Situs yang menyediakan jurnal gratis paling terkenal adalah DOAJ. Semua data dalam situs ini adalah gratis karena situs ini didanai oleh donasi baik dari sponsor maupun dari anggotanya. Cara mencarinya juga cukup ketikkan kata kuncinya kemudian enter. Akan keluar semua jurnal yang berhubungan dengan topik tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa jika kamu tidak menemukan tombol download full text seperti pada gambar di bawah ini, berarti yang kamu pilih itu bukan jurnal melainkan label. Silahkan scroll ke bawah, jurnalnya terletak di bagian bawah halaman.

download jurnal internasional gratis

2. Mendeley: https://www.mendeley.com

Situs Mendeley berbeda dengan DOAJ yang menyajikan semua data dalam bentuk open acces, untuk Mendeley hanya sebagian jurnal saja yang gratis. Namun kamu tidak perlu khawatir karena situs ini juga menyediakan banyak sekali jurnal gratis yang bisa kamu akses.

Jurnal yang bersifat gratis pada situs ini ditandai dengan tulisan Get Full Text at Journal seperti pada gambar dibawah ini.

jurnal internasional gratis mendeley

3. ScienceDirect: https://www.sciencedirect.com/

ScienceDirect adalah situs yang menyediakan jurnal tentang sains dan kesehatan dengan pengguna lebih dari 1 juta peneliti yang bergabung. Sama halnya dengan Mendeley, tidak semua jurnal di web ini bisa di akses secara gratis. Namun tersedia sekitar 250.000 jurnal gratis yang dapat kamu unduh di situs ini.

Cara mencari jurnalnya cukup ketikkan topik di kolom keyword kemudian klik cari. Maka akan keluar semua artikel yang berkaitan dengan topik yang kamu cari. Jurnal yang dapat kamu unduh gratis adalah yang open acces di tandai dengan tulisan download PDF seperti gambar berikut.

jurnal internasional gratis sciencedirect

Kamu juga dapat menggunakan filter pencarian yang ada pada bilah sebelah kiri untuk menampilkan hasil sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Oiya, jika kamu modalnya gratisan kamu juga bisa loh nyulik jurnal yang premium. Penasaran? Googling!

4. CiteSeerX: http://citeseer.ist.psu.edu

CiteSeerX fokus pada literature dengan topik komputer dan sains. Jika kamu seorang mahasiswa komputer atau sains, silahkan memanfaatkan situs ini untuk mencari jurnal internasional. Cukup ketikkan kata kuncinya langsung tekan enter, kemudian pilih jurnalnya. Untuk mendownload silahkan pilih salah satu link download pdfnya seperti pada gambar berikut.

jurnal internasional gratis CiteSeerx

5. Google Scholar/Cendekia: https://scholar.google.co.id

Situs ini saya rasa sudah sangat umum digunakan. Tidak perlu saya jelaskan panjang lebar. Buat yang masih bingung cara cari jurnal di google scholar silahkan simak langkahnya berikut ini:

  1. Silahkan buka halaman google scholar di url https://scholar.google.co.id.
  2. Ketikkan topik/judul jurnal yang ingin dicari, kemudian akan tampil hasilnya kurang lebih seperti berikut:download jurnal di google scholar
  3. Jika muncul keterangan PDF/DOC pada sebelah kanan (lihat gambar di atas) itu tandanya gratis bisa langsung di download. Untuk mendownloadnya silahkan klik saja pada tulisan PDF tersebut. Otomatis jurnal akan langsung terdownload.
  4. Jika tidak ada keterangan format file disebelah kanan itu berarti jurnal berbayar. Untuk cara dapatnya lihat bagian akhir artikel ini.

6. WorldWideScience: https://worldwidescience.org

Situs WorldWideScience adalah semacam mesin pencari raksasa yang menyediakan database dan pencarian real time tentang sains di seluruh dunia.

jurnal internasional gratis WorldWideScience

Perhatikan pada gambar di atas, gambar tersebut merupakan hasil pencarian jurnal dengan kata kunci seismogram. Pada situs ini sudah tersedia lengkap, mulai dari definisi kata yang dicari (lihat bagian gambar sebelah kanan kamu). Kemudian terdapat juga jumlah publikasi yang dapat di akses dengan topik serupa pada gambar di sebelah kiri. Menurut saya situs ini sudah sangat lengkap dalam menyajikan data hasil pencarian jurnal.

Bagaimana cara download jurnal internasional jika tidak gratis?

Silahkan gunakan sci-hub! Caranya yaitu buka halamannya di https://sci-hub.tw/. Kemudian pastekan URL, PMID atau DOI jurnal yang ingin diunduh. Setiap jurnal pasti mempunyai DOI (Digital Object Identifier) bentuknya seperti ini: https://doi.org/10.1190/1.1543206. Terakhir klik Open atau Enter.

Baca juga: Cara mengkritisi jurnal atau artikel ilmiah

Jika semua daftar situs yang saya sajikan di atas kamu rasa masih kurang, silahkan kamu baca pada link berikut Daftar mesin pencari database akademik yang berisi tentang beberapa webiste penyedia jurnal internasional gratis.

tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

One Reply to “Cara Mencari Jurnal Internasional Secara Gratis untuk Skripsi”

  1. Thank you for sharing your info. I really appreciate your efforts and I am waiting for your further post thanks once again.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *