Cara Menerjemahkan Video yang Tidak Ada Subtitle di Youtube

Cara menerjemahkan video yang tidak ada subtitle di Youtube sebenarnya sangat mudah. Karena youtube sendiri sudah menyediakan fitur untuk itu. Namun fitur ini tidak bisa digunakan apabila si pembuat video tidak mengaktifkan fitur terjemahkan otomatis di channelnya.

Oleh karena itu pastikan channel kesayangan Anda mengaktifkan fitur ini. Caranya yaitu dengan masuk ke Youtube Studio > Subtitle > klik Tambahkan Bahasa (pilih bahasa video) > selanjutnya dibagian subtitle klik Tambahkan.

Setelah channel youtube tersebut mengaktifkan subtitle, selanjutnya barulah kita bisa menerjemahkan video tersebut ke berbagai bahasa, termasuk Indonesia.

Cara mentranslate video youtube

Cara untuk translate video youtube yaitu dengan memanfaatkan fitur auto translate yang disediakan oleh youtube. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Youtube melalui browser chrome. Apabila menggunakan HP, ubah browser ke mode dekstop terlebih dahulu dengan cara klik titik tiga di sudut kanan browser > pilih Situs desktop.
  • Cari video yang ingin Anda terjemahkan ke bahasa Indonesia.
  • Klik ikon Subtitel/CC (c).
    Mengaktifkan subtitle video youtube
  • Setelah itu klik Settings > Subtitle (CC).
    Subtitle CC youtube
  • Dibagian Subtitle pilih Terjemahkan Otomatis dan terakhir pilih bahasa Indonesia.
  • Selesai, sekarang video yang Anda tonton sudah menampilkan subtitle bahasa Indonesia.

Perlu diketahui bahwa cara ini hanya bisa dilakukan melalui browser. Jika menggunakan HP android pastikan Anda membuka youtube melalui browser, kemudian mengubahnya ke mode dekstop. Karena aplikasi youtube belum mendukung fitur translate video otomatis.

Apabila cara di atas tidak bisa, maka tidak ada cara lain. Kecuali Anda mendownload video tersebut kemudian gunakan cara translate video seperti artikel saya sebelumnya.

FAQ

Apakah ada aplikasi penerjemah video youtube ke bahasa indonesia?

Ada, hanya saja cara kerjanya sama dengan fitur auto translate youtube di atas. Aplikasi ini tidak bisa menerjemahkan video, apabila video tersebut tidak ada subtitlenya sama sekali. Jika ingin mencobanya silahkan download aplikasinya melalui playstore.

Bagaimana jika subtitle di YouTube tidak muncul?

Silahkan klik ikon Subtitle seperti langkah mentranslate video youtube di atas. Apabila tetap tidak muncul juga, itu berarti pemilik video tidak mengaktifkan pilihan auto translate pada videonya.

Bagaimana cara agar YouTube ada subtitle indonesianya?

Jika menggunakan aplikasi Youtube, silahkan buka videonya lalu tap ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas video > pilih Subtitel. Kemudian pada daftar subtitle pilih Indonesia.

Apabila tidak ada subtitlenya, gunakan cara terjemahkan otomatis melalui browser seperti langkah di atas.

Demikian cara menerjemahkan video youtube yang tidak ada subtitle indonesia, semoga bisa bermanfaat buat Anda yang ingin menonton youtube tapi terkendala dengan bahasa videonya.

Tinggalkan komentar