Cara Mengetahui Nomor Token Listrik PLN Prabayar yang Hilang

Apakah kamu pernah mengalami kejadian struk token listrik hilang sebelum dimasukkan ke meteran listrik? Jika iya, tenang saja kamu tidak sendirian. Saya sendiri juga pernah mengalami hal ini beberapa waktu yang lalu. Kejadian ini terjadi karena saya lupa untuk menyimpan screenshot riwayat pembelian token listrik di BRI mobile. Sehingga no token listriknya pun ikut hilang. Lantas bagaimana cara mengetahui nomor token listrik yang hilang ini?

Hilangnya no token listrik memang terkadang merupakan kejadian yang tak terduga. Hal ini bisa terjadi kapan saja ketika kita membeli pulsa listrik. Bisa karena struk pembelian listrik yang tidak keluar di ATM, lupa screenshot ataupun karena faktor yang tidak disengaja lainnya.

Biasanya pikiran sebagian orang jika struk token listriknya hilang, maka hilanglah sudah listrik yang mereka beli. Padahal sebenarnya tidak! Listrik yang kamu beli jika tidak digunakan tidak akan hilang ataupun hangus. Sekalipun orang lain menemukan token tersebut, tetap orang itu juga tidak dapat menggunakannya.

Menurut keterangan resmi dari PLN, Token stroom hanya dapat diisikan pada KWH meter sesuai dengan ID meter yang disebutkan pada saat pembelian. Sehingga tidak dapat digunakan di KWH meter lain.

Cara mengetahui nomor token listrik jika struk hilang

Caranya adalah dengan melihat riwayat transaksi pembelian token listrik. Dulu untuk cek riwayat token listrik bisa dilakukan dengan mengunjungi halaman info prepaid pln yang beralamatkan di https://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html. Namun sepertinya sekarang halaman tersebut sudah tidak bisa digunakan karena selalu muncul error tidak dapat akses server.

Solusi saat ini yang bisa digunakan untuk mendapatkan nomor token listrik yang hilang adalah menggunakan aplikasi PLN Mobile.

Menggunakan aplikasi PLN Mobile versi lama

  • Download dan install PLN mobile melalui playstore atau Appstore kamu (jika Anda baru ingin menginstalnya saat ini pada tahun 2021, silahkan lompat ke cara yang kedua).
  • Setelah terinstall silahkan buka aplikasinya. Kemudian klik menu “lainnya” untuk mendaftar.
  • Akan muncul formulir, silahkan isi semua mulai dari nama lengkap, IDEPL/No meter, lokasi alamat kamu, no HP, email, dan password. Setelah itu jangan lupa centang pada bagian “saya setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku” dan klik simpan.

Jika pendaftaran berhasil silahkan login. Untuk cek riwayat token listrik yang sidah dibeli, klik menu “Informasi” dibagian atas. Kemudian pilih “Informasi Tagihan dan Token Listrik” maka akan keluar semua riwayat transaksi token listrik termasuk nomor token listrik yang hilang.

Menggunakan aplikasi PLN Mobile versi baru

Baru-baru ini PLN memperbaharui aplikasi PLN Mobile. Hal yang paling mencolok adalah ikon aplikasi yang awalnya berwarna kuning menjadi warna biru. Selain itu beberapa langkah-langkah penggunaanya juga berbeda.

Buat kamu yang menginstal aplikasi PLN terbaru, berikut langkah-langkah untuk cek struk token listrik yang hilang.

  • Download dan install aplikasi PLN mobile melalui playstore atau Appstore kamu.
  • Setelah terinstall silahkan buka aplikasinya. Kemudian klik menu “Masuk dengan Google” untuk mendaftar. Jika ingin daftar dengan mengisi form manual Anda bisa memilih menu “Daftar Sekarang“. Saya memilih daftar menggunakan email supaya lebih mudah.
  • Akan ada permintaan untuk melengkapi profil, silahkan isi datanya. Kemudian klik Simpan.
    Daftar akun pln mobile
  • Setelah itu masukkan ID pelanggan/nomor meter dengan cara klik ikon Profil di sudut kanan atas > dibagian IDPel/Nomor Meter klik Tambah. Memasukkan nomer ID pelanggan
  • Akan muncul form untuk mengisi nomer meter. Silahkan input nomer listrik kamu, kemudian klik Periksa agar semua data otomatis terisi. Saya sarankan juga untuk mengaktifkan GPS di HP. Karena saat saya mengupdate artikel ini, fitur pencarian lokasi di aplikasi tidak bisa digunakan. Setelah semuanya terisi, klik Tambah Mengisi data ID pelanggan PLN
  • Setelah itu lakukan verifikasi akun. Masuk ke halaman profil di sudut kanan atas, klik Verifiy. Pada aplikasi PLN terbaru, kita diminta untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu agar bisa melihat riwayat pembelian token listrik. Silahkan klik Verifikasi, masukkan NIK KTP Anda dan klik Lanjutkan. Verifikasi NIK di PLN Mobile
  • Akan muncul perintah lagi untuk melengkapi data Anda, silahkan klik Mulai. Anda akan diminta untuk foto ktp dan foto selfie dengan ktp. Setelah selesai silahkan kirim dan tunggu proses validasi oleh PLN, biasanya tidak sampai sehari. Silahkan buka aplikasi PLN mobile secara berkala untuk mengecek notifikasi di ikon lonceng.
    Verifikasi identitas di aplikasi PLN berhasil
  • Terakhir cek daftar token listrik yang sudah dibeli dengan cara klik pada nomer ID pelanggan > Histori Pembelian Token. Kemudian klik pada salah satu riwayat pembelian untuk melihat nomer tokennya yang hilang. Cek riwayat pembelian token listrik
Pada aplikasi PLN terbaru ini, saya hanya bisa mengecek riwayat pembelian listrik 3 bulan terakhir saja. Tidak seperti aplikasi versi lamanya yang bisa memunculkan semua informasi transaksi token yang pernah dilakukan.

Baca juga: Cara melacak lokasi HP Android yang hilang

Catatan:

1. Jika riwayat token listrik terbaru belum muncul, silahkan tunggu selama satu atau dua hari setelah pembelian.

2. Kamu juga dapat mengecek no token listrik tanpa login, namun cara ini hanya bisa mengecek No token pada transaksi terkahir saja. Update terbaru: Hal ini sudah tidak bisa lagi. Anda bahkan harus melakukan verifikasi dulu untuk bisa cek histori pembelian token. Aplikasi PLN Mobile terbaru lumayan ribet!

Sekian cara untuk mengetahui nomor token listrik jika struk token listrik hilang semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk langsung berkomentar.

Tinggalkan komentar