3 Cara Menggabungkan PowerPoint Menjadi 1 File

Cara menggabungkan power point diperlukan saat kita mempunyai banyak slide dari orang yang berbeda. Misalnya saat kerja kelompok atau bahkan file ppt project tertentu yang kita dapat dari orang lain. Kemudian kita ingin menyatukan ppt tersebut agar lebih mudah dipresentasikan.

Microsoft Powerpoint sendiri sebenarnya sudah menyediakan fitur untuk menggabungkan ppt. Bahkan Anda bisa lakukan itu hanya semudah copy paste.

Baca juga: Cara membuka powerpoint yang read only (tidak bisa diedit).

Pada tutorial kali kita akan membahas tentang bagaimana cara untuk menggabungkan slide powerpoint yang terpisah. Baik yang terdiri dari 2 ppt saja atau bahkan menggabungkan banyak file ppt sekaligus.

1. Menggunakan metode copy paste

Ini merupakan cara paling mudah untuk menggabungkan power point. Biasanya cara ini cocok digunakan apabila kita ingin mengambil bagian slide tertentu saja atau hanya ingin menggabungkan 2 power point menjadi 1.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggabungkan slide power point dengan cara copy paste:

  • Buka file ppt yang ingin digabung dengan cara copy slidenya.
  • Pilih slide mana saja yang ingin dicopy, kemudian tekan CTRL+C untuk mengcopy.
  • Tentukan dibagian mana ingin meletakkan silde tersebut. Kemudian klik di pembatas slidenya.
    Cara Menggabungkan slide dengan copy paste
  • Lakukan Paste dengan menekan CTRL+V. Anda juga bisa mempastenya dengan klik kanan kemudian pilih Keep Source Formatting atau Use Destination Theme.

    Bedanya, jika keep source formatting artinya style slide yang kita copy tidak berubah (tetap seperti aslinya tanpa mengubah warna background) sedangkan jika memilih use destination theme, slide yang kita copy style warnanya akan berubah mengikuti slide tujuan dimana kita akan mempastenya.
  • File ppt yang berhasil digabung akan tampak seperti ini:
    Hasil slide yang digabung
  • Terkahir klik Save untuk menyimpan filenya.

Cara ini merupakan cara manual yang paling praktis. Namun kekurangannya yaitu setiap Anda ingin menggabungkan dengan ppt yang lain, Anda harus membuka file ppt nya terlebih dahulu.

Apabila tidak ingin repot-repot membuka file pptnya, silahkan ikuti langkah kedua berikut.

2. Menggunakan fitur Reuse

Cara pertama di atas memang simpel, hanya perlu copy paste slide saja. Namun kekurangannya adalah kita harus membuka semua slide yang ingin digabung. Bagi sebagian orang mungkin ini terkesan memakan waktu.

Oleh karena itu pada cara ke dua kita menggunakan fitur Reuse yang ada di powerpoint. Untuk cara penggunaannya silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka file ppt utama yang ingin digabungkan dengan powerpoint lain.
  • Klik di slide keberapa Anda ingin menempatkan pptnya. Misal sebagai contoh saya ingin meletakkannya setelah slide ke dua. Maka saya klik slide kedua.
  • Kemudian pada tab Home klik New Slide > Pilih Reuse Slides.
    Menggabungkan ppt dengan Reuse slides
  • Klik Browse untuk mencari file ppt yang ingin digabung dan klik Open.
  • Akan tampil preview silde yang ada di ppt tersebut. Untuk memasukkan slidenya silahkan klik pada salah satu slide. Maka otomatis slide akan gabung dengan file ppt utama.
    Hasil reuse slides
  • Lakukan Save file.

Cara ini lebih efektif daripada cara pertama. Kita juga bisa bebas memilih slide mana saja yang ingin digabung. Apabila Anda mengklik kanan pada preview slide dikolom reuse, maka Anda akan melihat beberapa pilihan yaitu memasukkan semua slide, dan menerapkan tema slide.

3. Menggunakan Script Visual Basic

Cara menggabungkan ppt yang terakhir ini cocok jika Anda ingin menggabungkan puluhan slide sekaligus. Memang Anda masih bisa juga menggunakan cara pertama atau kedua, namun itu sangat tidak efektif jika file ppt yang ingin disatukan ada puluhan.

Cara paling cepat untuk melakukan hal itu adalah dengan menggunakan script Visual Basic for Aplication atau biasa disebut dengan script VBA. Script ini bisa melakukan join banyak file ppt sekaligus yang berada dalam satu folder.

Untuk menggabung banyak ppt sekaligus dengan script VBA, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buat folder baru di dekstop dengan nama “joiner” tanpa tanda petik.
  • Masukkan semua file ppt yang ingin digabung ke folder “joiner”, kecuali ppt utama yang ingin diletakkan paling atas.
  • Apabila hasilnya ingin sesuai urutan, maka ubah nama ppt nya sesuai dengan urutan file yang Anda inginkan. Karena urutan penggabungan sesuai dengan urutan nama file.
  • Buka ppt utama yang ingin diletakkan paling pertama (yang tidak dimasukkan di folder joiner).
  • Tekan tombol ALT+F11 untuk membuka VBA editor.
  • Klik Insert > Module.

    Copy dan paste kode berikut:

    Sub joiner()
    Dim sFileTyp As String
    Dim sFileName As String
    Dim otarget As Presentation
    Dim i As Integer
    On Error GoTo errhandler
    sFileTyp = "*.PPT*"
    sFileName = Dir$(Environ("USERPROFILE") & "\Desktop\joiner\" & sFileTyp)
    Set otarget = ActivePresentation
    Do While sFileName <> ""
    Call otarget.Slides.InsertFromFile(Environ("USERPROFILE") & "\Desktop\joiner\" & _
    sFileName, otarget.Slides.Count)
    sFileName = Dir()
    Loop
    Exit Sub
    errhandler:
    MsgBox "Sorry, there was an error"
    End Sub
  • Terakhir klik Run.
    cara menggabungkan ppt dengan script vba

Lihat pada ppt yang Anda buka tadi, otomatis akan tergabung dengan semua file ppt yang ada dalam satu folder. Sangat praktis bukan?

Sebenarnya ada lagi satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menggabungkan file powerpoint, yaitu menggunakan cara online. Namun menurut saya cara ini cukup merepotkan dan lama karena harus upload file terlebih dahulu.

Ya mungkin sebagai informasi aja buat Anda yang tertarik silahkan coba cara menggabungkan PPT jadi satu secara online menggunakan situs https://products.aspose.app/slides/merger/. Cara ini juga bisa menjadi alternatif buat Anda yang ingin menggabungkan powerpoint di HP.

Buat Anda yang ingin mengikuti tutorial versi videonya, silahkan lihat pada video berikut:

Sekian beberapa cara untuk menggabungkan Power point menjadi 1 file. Apabila ada kesulitan jangan sungkan untuk berkomentar.

Tinggalkan komentar